Jarang Memberikan Self Reward? Lakukan Ini Agar Kantong Tetap Aman dan Hati Bisa Senang

Jarang Memberikan Self Reward? Lakukan Ini Agar Kantong Tetap Aman dan Hati Bisa Senang

Posted by

Self reward merupakan bagian penting dari mencintai diri sendiri (self love). Dua istilah tersebut memang cukup populer belakangan ini. Hal tersebut sejalan dengan kesadaran masyarakat yang mulai mengerti akan pentingnya membangun kesehatan mental.

Ada banyak cara untuk memberikan self reward, salah satunya dengan membeli jasa atau barang yang diinginkan. Contohnya saja, setelah sepekan penuh bekerja keras hingga target tercapai, di akhir pekan Anda pun bisa memanjakan diri dengan nonton bioskop, belanja, atau pergi jalan-jalan.

Mengapresiasi kerja keras diri sendiri tentu bukanlah hal yang salah. Untuk meningkatkan semangat dan membahagiakan diri sendiri, self reward memang sangat dibutuhkan. Namun, ada hal yang harus diingat bahwa self reward bukan hanya sekadar menghambur-hamburkan uang hanya demi kepuasan sesaat yang berdampak negatif pada kondisi finansial.

Nah, agar tetap bisa mengapresiasi kerja keras tanpa membuat kondisi keuangan terganggu ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan. Simak penjelasan berikut ini agar lebih paham bagaimana melakukan self reward yang tetap on budget.

Baca Juga: Waspada, Ini Dia Penyebab Keuangan Selalu Berantakan

Cara Cerdik agar Self Reward Tetap On Budget

Cara Cerdik agar Self Reward Tetap On Budget
Cara Cerdik agar Self Reward Tetap On Budget

1. Buatkan Alokasi Khusus 

Memanjakan diri sendiri dengan memberikan self reward ketika mencapai sesuatu termasuk cara penting untuk memacu semangat bekerja ke depannya. Namun, jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan kondisi keuangan pun akan terganggu.

Nah, agar tidak membebani pengeluaran yang sudah dibuat anggarannya, maka cobalah untuk membuat alokasi khusus untuk self reward tersebut. Caranya bisa dengan memasukan alokasi ke dalam anggaran bulanan.

Dengan begitu, jatah untuk self reward demi membahagiakan diri sendiri setiap bulan akan selalu ada. Contohnya saja, dalam sebulan penghasilan yang didapat sebesar 9 juta Rupiah, maka sisihkan setidaknya 10% untuk jalan-jalan atau memberi barang yang diinginkan. 

Artinya, budget untuk self reward setiap bulannya yaitu 900 ribu Rupiah saja. Jadi, jika pengeluaran untuk self reward hampir melebihi budget yang telah disiapkan, maka Anda harus segera menahan diri.

2. Gunakan Promo

Jika pandai dan lebih cermat mencari, sebetulnya ada begitu banyak brand hingga layanan pembayaran yang kerap memberikan promo menarik pada pelanggannya. Mulai dari diskon belanja, promo makan, hingga paket jalan-jalan.

Karena itulah, jangan sampai malas dan telat mencari info seputar promo yang sedang tayang. Ada banyak akun yang juga kerap membagikan berbagai informasi promo ke para pengguna media sosial seperti Instagram. Nah, agar tidak ketinggalan, cobalah untuk mengikuti akun-akun tersebut.

Selain bisa memanjakan diri sendiri, memanfaatkan promo juga bisa menekan pengeluaran. Karena untuk bersenang-senang juga harus lebih pandai dan cermat, bukan?

3. Manfaatkan Layanan Cicilan untuk Barang yang Benar-Benar Penting

Setelah semua usaha dan kerja keras yang dilakukan, rasanya cukup worth it jika harus menghadiahi diri sendiri dengan membeli barang yang diinginkan. Namun, sebelumnya pastikan lebih dulu kondisi dompet agar keuangan tidak terganggu saat memutuskan untuk membelinya. Jika harganya jauh di atas budget, jangan buru-buru bersedih sebab ada layanan cicilan yang bisa dimanfaatkan.

Pilih cicilan yang menawarkan bunga rendah dan ada bonus tambahan.

4. Jangan Gunakan Self Reward Hanya Demi Gengsi

Sebelum berpikir soal self reward, ada satu hal penting yang perlu ditanyakan pada diri sendiri. Apakah self reward tersebut benar-benar untuk membahagiakan diri sendiri atau hanya ingin pamer dan terlihat bahagia di pandangan orang lain?

Sebab, sebagian orang banyak yang belum bisa membedakannya. Bahkan ada yang menjadikan kegiatan self reward  ini hanya demi mendapat pengakuan dan gengsi, alih-alih membahagiakan diri sendiri. Karenanya, pastikan bahwa Anda betul-betul paham jika self reward memang untuk memanjakan diri sendiri bukan yang lain.

Baca Juga: Keuangan Mendadak Bocor? Mungkin Kamu Lupa Perhitungkan 5 Hal Ini

Bahagikan Diri Sendiri Tapi Jangan Berlebihan

Bahagikan Diri Sendiri Tapi Jangan Berlebihan
Bahagikan Diri Sendiri Tapi Jangan Berlebihan

Self reward tak melulu soal materi karena hal tersebut juga dapat dilakukan dengan hal lain. Misalnya saja dengan istirahat yang cukup, makan makanan sehat, atau berolahraga agar tubuh semakin prima dan produktif saat bekerja.

Mencintai diri sendiri atau self love merupakan proses yang berkesinambungan artinya harus tetap dilakukan terus menerus dan tak cukup hanya dilakukan sekali saja. Namun, jangan sampai terlena dan tak memikirkan kondisi keuangan hingga akhirnya malah jadi merana. 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.