Ingin Jalan-Jalan Ke Maldives tapi Budget Minim? Simak Tips Cerdas Ala Backpacker Berikut Ini

Ingin Jalan-Jalan Ke Maldives tapi Budget Minim? Simak Tips Cerdas Ala Backpacker Berikut Ini

Posted by

Tak salah memang jika Maldives digelari sebagai destinasi wisata pantai tropis paling menawan di dunia. Memiliki banyak pantai indah sejauh mata memandang serta laguna biru nan jernih, membuatnya begitu menarik untuk dikunjungi. 

Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang menganggap Maldives sebagai destinasi wisata eksklusif dan hanya kalangan tertentu saja yang mampu pergi dan menjelajahinya. Tapi nyatanya hal itu tak benar, lho

Maka dari itu, simak tips-tips cerdas berwisata ke Maldives dengan budget minim berikut ini.

10 Tips Liburan Ke Maldives

10 Tips Liburan Ke Maldives
10 Tips Liburan Ke Maldives

1. Pilih Resort Sesuai Budget

Sejak dibuka untuk semua kalangan di tahun 2009, Maldives tidak hanya jadi milik para turis berduit saja. Dengan kebijakan baru, banyak warga lokal yang membangun penginapan murah. 

Itulah sebabnya kini Maldives, memiliki paket-paket wisata yang ramah di kantong para wisatawan. Pilihan bagus untuk mendapatkan penginapan murah, salah satunya ada di Maafushi Island. Dari Male, ibukota Maldives, pulau ini memang cukup jauh namun Maafushi Island adalah tempat favorit berkumpulnya para backpackers.

Harga per malam di penginapan tersebut pun sangat bervariasi. Mulai dari 500 ribuan Rupiah, Anda sudah mendapatkan penginapan yang bersih dan juga nyaman. Agar tidak kehabisan, Anda pun bisa melakukan reservasi sebelum berangkat ke Maldives.

2. Cari Promo Tiket Penerbangan 

Sejak penginapan murah di Maldives mulai menjamur, kunjungan wisata pun semakin meningkat. Hingga membuat banyak maskapai penerbangan mulai membuka rute penerbangan ke Maldives. Bahkan, tak jarang pula maskapai-maskapai penerbangan memberikan tiket promo untuk menarik wisatawan.

Supaya liburan ke Maldives bisa lebih hemat, Anda harus memanfaatkan tiket promo agar bisa menekan budget. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengecek harga tiket promo di berbagai aplikasi traveling.

3. Jangan Pergi di Hari Jumat 

Sebagian besar penduduk Maldives adalah muslim dan hari jumat merupakan hari yang sakral untuk mereka. Bahkan, tak ada satupun kapal ferry yang beroperasi di hari tersebut. 

Nah, agar tidak terjebak di pulau itu sendirian, ada baiknya jika Anda tidak pergi ke Maldives pada hari Jumat.

4. Makan Hemat

Rata-rata setiap hotel baik yang murah maupun mahal pasti menyajikan sarapan. Supaya lebih hemat, sebaiknya manfaatkan paket sarapan yang disiapkan hotel. Agar rasa kenyang bertahan sampai makan siang, Anda bisa mulai sarapan pagi pada pukul 09.00-10.00.

5. Jangan Lupa Menukarkan Mata Uang 

Mata uang yang berlaku di Maldives adalah Rufiyaa. Sebelum mulai menjelajahi Maldives, jangan lupa untuk melakukan penukaran uang. Hal tersebut harus dipersiapkan karena tak semua pulau-pulau di Maldives menyediakan fasilitas mesin ATM. 

Bahkan beberapa resort dan restoran tidak dilengkapi dengan mesin EDC jika ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Oleh karena itu, tukarkan uang Anda (usahakan Dolar Amerika) dengan Rufiyaa sesaat setelah sampai di Maldives. 

Baca Juga: Mau Liburan Asyik Tapi Tetap Hemat? Intip Cara-Cara Jitu Ini Untuk Mengatur Budgetnya

6. Pilih Kapal Ferry

Kapal laut atau ferry menjadi alat transportasi terpenting di negara kepulauan seperti Maldives. Di Maldives, selain kapal ferry lokal juga tersedia kapal ferry yang dioperasikan swasta untuk mengangkut wisatawan. Jika naik kapal ferry lokal, harga tiketnya lebih terjangkau hanya 3 ribu sampai 20 ribu Rupiah. Sedangkan, harga untuk kapal ferry swasta pasti lebih mahal karena fasilitas yang ditawarkan pun berbeda.

Selain kapal ferry, Anda juga bisa naik pesawat dari bandar udara Ibrahim Nasir di Male dan bisa langsung mendarat di pulau tempat resort-resort mewah berada. Namun, jika Anda memilih naik pesawat, sudah tentu ada harga lebih untuk membeli tiket pesawat tambahan.

Untuk itu jika budget Anda terbatas, ada baiknya pilihlah kapal ferry lokal saat liburan di Maldives. Asal pandai mengatur waktu dan mengetahui jadwal keberangkatan kapal ferry, liburan di Maldives pasti berjalan lancar.

7. Pilih Paket One Day Trip 

Berlibur ke Maldives jika tak merasakan menginap di resort mewah rasanya ada yang kurang lengkap. Jangan galau dulu, meski sedang liburan murah, Anda tetap bisa merasakan kenyamanan resort mewah di Maldives tanpa harus merogoh kocek hingga puluhan juta.

Caranya? Kini ada banyak paket liburan one day tour yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau yaitu mulai dari US$100. 

Masih mahal? Jika berbicara soal destinasi wisata seperti Maldives, harga tersebut masih terbilang cukup murah. Sebab rata-rata seluruh resort mewah menawarkan harga yang sama. 

Tidak hanya itu, masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan. Mulai dari berenang, snorkeling sambil menikmati keindahan bawah laut Maldives, night fishing, hingga menikmati eksotisme ikan-ikan cantik sambil melakukan spa. 

Tak perlu khawatir soal makan, harga sekian sudah termasuk menu seafood yang siap dinikmati. 

8. Hindari Musim Panas untuk Berlibur

Ketika musim panas tiba, banyak sekali wisatawan yang memilih Maldives sebagai tujuan liburan. Sebab, di saat itulah pulau-pulau di Maldives terlihat sangat cantik dan mempesona. 

Tetapi bila Anda sedang ingin berlibur ke Maldives dengan budget minim, sebaiknya jangan pergi pada saat musim panas. Karena pada saat musim panas, Maldives sedang dipadati wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Sehingga, penginapan murah akan semakin sulit didapatkan.

9. Tak Perlu Visa

Takut tidak bisa pergi ke Maldives karena belum punya Visa? Tak usah terlalu khawatir sebab Maldives membolehkan warga negara manapun untuk berkunjung ke negaranya tanpa perlu mengurus Visa terlebih dulu.

Setiap wisatawan yang datang berkesempatan untuk tinggal di Maldives tanpa Visa selama 30 hari. Tentu hal ini bisa membantu berhemat saat ingin liburan ke Maldives karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk visa. 

10. Buat Dana Khusus untuk Liburan 

Tips yang terakhir dan cukup penting adalah membuat rencana keuangan untuk liburan. Tentunya, Anda tak ingin liburan yang sudah dibuat jadi kacau karena dana yang tidak cukup kan? Untuk itu, dari sekarang, mulailah mempersiapkan dana untuk liburan. Supaya acara liburan jadi semakin menyenangkan dan lebih aman.

Baca Juga: Dijamin Lebih Seru! Berikut Tips Liburan ke Luar Negeri Ala Backpacker

Liburan ke Maldives Belum Tentu Mahal

Liburan ke Maldives Belum Tentu Mahal
Liburan ke Maldives Belum Tentu Mahal

Demikianlah tips cerdas berlibur ke Maldives dengan budget minim yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda. Berlibur memang bisa membuat pikiran lebih fresh, namun jangan sampai liburan tersebut membuat semua tabungan Anda terkuras habis. Rencanakan semuanya sejak awal agar liburan ke Maldives makin menyenangkan.