Ingin Mengajukan Kredit Tanpa Agunan? Pahami Dulu Hal Ini

Ingin Mengajukan Kredit Tanpa Agunan? Pahami Dulu Hal Ini

Posted by

Kredit Tanpa Agunan atau lebih dikenal sebagai KTA merupakan pinjaman yang cukup populer di tengah masyarakat. Bagi mereka yang sedang membutuhkan pinjaman tunai dalam waktu singkat, KTA bisa menjadi jawaban untuk menolong Anda. Namun, dibalik kemudahannya ada banyak hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?
Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Dari namanya, tentu sudah sangat jelas bahwa kredit tanpa agunan ini merupakan kredit yang bisa diperoleh debitur tanpa menggunakan agunan harta benda sebagai jaminan pinjaman. Hingga saat ini, ada banyak bank yang menerbitkan KTA sebagai salah satu produk pinjamannya. Mulai dari CIMB Niaga, DBS, Permata, OCBC NISP, dan masih banyak lagi.

Kredit tanpa agunan pun sebenarnya menawarkan berbagai keuntungan. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Kredit Online, Penolong di Kala Butuh Dana Cepat

Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh

1. Tidak Memerlukan Jaminan

Pertama, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dari Bank tanpa diharuskan memberikan agunan atau jaminan dalam bentuk apapun. Hal ini tentu memudahkan peminjam yang sedang membutuhkan dana dalam waktu singkat namun tak memiliki agunan untuk digunakan sebagai jaminan.

2. Proses yang Cepat

Kedua, proses pinjaman KTA mulai dari pengajuan hingga pencairan biasanya berlangsung cukup cepat dan mudah. Tak butuh waktu lama, dalam waktu tiga sampai lima hari sejak pinjaman diajukan, keputusan mengenai di-approve atau tidaknya pinjaman bisa segera diketahui.

3. Bisa Digunakan untuk Semua Keperluan

Ketiga, peminjam KTA dibebaskan untuk menggunakan dana pinjamannya untuk berbagai macam tujuan. Tidak seperti pinjaman jenis lain yang mengharuskan peminjam menjelaskan tujuannya.

4. Limit Besar dengan Tenor yang Panjang

Keempat, peminjam KTA bisa mendapatkan plafon pinjaman yang cukup besar hingga 300 juta Rupiah dan tenor pinjaman yang cukup panjang yaitu hingga 5 tahun. Persyaratan yang mudah tersebut membuat banyak orang tertarik dengan pinjaman ini.

5. Proses Pengajuan yang Semakin Mudah

Kelima, dengan hadirnya Fintech membuat siapapun dapat dengan mudah mengajukan KTA secara online. Tanpa perlu bertatap muka secara langsung, peminjam bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi online. Setelah pinjaman disetujui, dana yang diinginkan pun bisa langsung cair ke rekening. 

Suku Bunga pada KTA

Suku Bunga pada KTA
Suku Bunga pada KTA

Sebelum mulai mengajukan pinjaman KTA, hal pertama yang harus diketahui ialah suku bunga kredit yang diberikan. Kemudahan dalam proses pengajuan kredit yang bisa dikatakan cukup cepat dengan iming-iming tanpa agunan menjadikan risiko gagal bayar menjadi sangat tinggi. Maka kondisi tersebut perlu untuk dicover, salah satunya melalui bunga pinjaman yang harus dibebankan pada peminjam.

Pinjaman KTA biasanya menggunakan cara perhitungan suku bunga flat atau tetap. Di mana dalam penghitungannya, jumlah sisa pinjaman tidak diperhitungkan lagi. 

Selain itu ada metode penghitungan bunga efektif. Di mana bunga dihitung dari jumlah sisa pokok pinjaman yang setiap bulannya pasti menurun karena cicilan yang telah dibayarkan.

Pada intinya, suku bunga efektif didapat dari perhitungan total nilai pinjaman yang belum terbayarkan. Sedangkan, suku bunga flat didapat dari seluruh jumlah pinjaman.

Namun, tidak jarang pinjaman KTA yang tidak menggunakan perhitungan suku bunga efektif, sebab suku bunga jadi terlihat sangat tinggi. Itulah kedua jenis perhitungan suku bunga yang mungkin saja digunakan dalam KTA. Sehingga, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum mengajukan KTA.

Baca Juga: Bayar Utang ke Bank Tidak Lancar? Ini Prosedur Bank untuk Mengatasi Kredit Macet

Bisa Mendapatkan Penawaran Naik Limit

Biasanya jika Anda selalu bayar cicilan tepat waktu, tanpa Anda minta pun, pihak Bank atau P2P akan menaikan limit pinjaman dengan senang hati. Inilah yang dikenal sebagai Top Up Pinjaman. Bahkan sebelum pinjaman yang lama lunas, jika riwayat pembayaran Anda baik, pihak Bank justru akan datang menawarkan kenaikan limit pinjaman.

Selain itu, Top Up juga bisa dilakukan ketika pinjaman lama telah selesai. Anda tak perlu lagi memenuhi persyaratan atau dokumen pengajuan seperti awal karena pinjaman akan lebih mudah didapatkan menggunakan data yang ada. 

Pertimbangkan Semuanya Dengan Matang 

Jika dilihat sekilas pinjaman KTA memang menawarkan banyak kelebihan yang membuat sebagian orang tergoda. Meskipun mengajukan pinjaman KTA memang hak pribadi setiap orang, namun banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukannya. Jangan terburu-buru.

Oleh karena itu, sebagai calon peminjam, ada baiknya jika Anda mempelajari syarat dan ketentuan dalam pinjaman KTA agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Semoga bermanfaat!