Pacar Pinjam Uang? Kasih Gak Ya?

Pacar Pinjam Uang? Kasih Gak Ya?

Posted by

Pacaran memang butuh modal dan kalau tidak pandai-pandai mengatur pengeluaran bisa-bisa bikin kantong jebol. Apalagi jika punya pikiran bahwa pacaran itu harus mewah dan banyak kejutan. Kalau begitu cara pandangnya, maka bisa-bisa utang menumpuk hanya buat modal pacaran.

Tapi meski pacar sendiri yang meminta, tetap tak boleh asal saling meminjam uang dengan mudah. Semuanya perlu aturan agar hubungan yang dijalin pun tetap langgeng dan adem ayem selalu. 

Seperti apa aturannya? Simak penjelasan singkatnya berikut ini. 

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Pacar Ingin Meminjam Uang 

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Pacar Ingin Meminjam Uang 
Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Pacar Ingin Meminjam Uang

1. Punya Alasan Jelas

Apa jadinya kalau Anda punya pacar suka pinjam uang cuma untuk beli tas atau gadget terbaru? Apa ikhlas uang yang didapat dengan susah payah dihambur-hamburkan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat? Jika untuk alasan lain yang lebih mendesak, seperti membiayai ibu yang sakit tentu akan lebih bisa diterima.

Itulah mengapa, harus ada alasan yang jelas ketika ingin meminjam uang pada pacar. Jangan pernah meminjam atau memberi pinjaman tanpa ada alasan yang jelas, apalagi jika alasannya hanya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Dengan alasan jelas yang bisa dipertanggungjawabkan, kegiatan pinjam meminjam uang dari pasangan bisa lebih nyaman dilakukan. Intinya, yang terpenting adalah alasan yang jelas tidak akan memicu perselisihan dan pertengkaran. 

2. Sepakati Bersama Aturan yang Sudah Dibuat

Kalau pacar suka meminjam uang tapi tidak pernah ingat untuk mengembalikannya, ini bisa jadi bumerang yang mungkin menghancurkan hubungan. Karena itu, sebuah aturan perihal kegiatan pinjam meminjam uang pun perlu dibuat atau didiskusikan sejak awal. 

Buat aturan sederhana yang wajib disepakati bersama sehingga tak perlu ada perasaan tidak enak setiap kali ingin menagih utang tersebut. Jangan lupa juga untuk sampaikan kondisi keuangan Anda supaya pacar tak lalai dalam membayar utangnya. Selain itu, tetap komunikasikan semua hal tersebut dengan baik dan sopan agar tidak ada salah satu pihak yang merasa direndahkan. 

3. Cari Alternatif Solusi

Sebelum memutuskan untuk meminjam atau meminjamkan uang kepada pacar, coba tenang dulu sejenak dan pikirkan kembali solusi apa yang bisa jadi alternatif lain. Mengapa harus begitu?

Sebab, jika tidak dipikirkan matang-matang ini bisa membuat hubungan yang sudah terjalin baik menjadi rusak. Mengingat, uang merupakan hal yang cukup sensitif.

Jika dana yang dibutuhkan cukup besar, tak ada salahnya untuk membantunya mendapatkan uang tambahan. Dengan begitu, tak akan ada alasan bertengkar hanya karena uang. 

4. Jangan Sering-Sering

Masalah pinjam meminjam antar pasangan mungkin terdengar sepele, apalagi jika nominalnya tidak seberapa. Tapi ada hal lain yang perlu diingat yaitu jangan terlalu sering melakukannya. Jika keseringan, ini bisa menjadi sebuah kebiasaan dan kebiasaan tersebut dapat menimbulkan efek yang negatif dalam hubungan.

Seperti, membuat pasangan merasa hanya diperalat saja demi uang semata atau munculnya rasa bersalah hingga membuat pasangan menghindar karena takut ditagih. Tentu tak mau hubungan yang telah lama dijalin berakhir karena hal seperti ini bukan? 

Jadi, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang berhubungan dengan pinjam meminjam uang pacar. Lalu solusinya bagaimana? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Heran Kenapa Uang Menjadi Masalah dalam Hubungan? Mungkin Ini Penyebabnya

Mencegah Pacar Pinjam Uang dengan Mengelola Keuangan

Mencegah Pacar Pinjam Uang dengan Mengelola Keuangan
Mencegah Pacar Pinjam Uang dengan Mengelola Keuangan

Melihat begitu banyak efek negatif dari kegiatan pinjam meminjam uang pacar, tentu hal ini membuat kamu berpikir keras bagaimana cara menghindarinya. Supaya tidak terlibat dalam situasi meminjam uang pacar, yuk awali dengan mengatur keuangan pribadi. Simak tips hemat saat berkencan berikut ini agar tak perlu lagi pinjam meminjam uang ke pacar. 

1. Maksimalkan Promo

Ketika happy hour atau akhir bulan, biasanya banyak restoran maupun cafe yang menawarkan promo-promo menarik. Mulai dari cashback, diskon, buy 1 get 1, dan masih banyak lagi. Cobalah untuk memanfaatkan promo-promo tersebut bersama pasangan.

2. Pilih Nonton di Hari Kerja

Beberapa bioskop biasanya banyak memberikan promo di hari-hari tertentu terutama hari kerja. Nah, supaya bisa menghemat pengeluaran, ada baiknya untuk memilih kegiatan menonton bioskop dengan pasangan di hari kerja. 

3. Buat Permainan Seru di Rumah atau Taman

Bosan dengan rutinitas pacaran yang begitu saja? Cobalah untuk kencan di rumah dan buatlah permainan seru. Kegiatan ini juga bisa dilakukan ramai-ramai dengan sahabat dekat kalian. Supaya tidak membosankan, buatlah juga acara BBQ. Sangat menarik bukan? 

4. Jalan-Jalan Bareng Binatang Peliharaan

Pergi kencan tak harus berdua saja lho! Supaya lebih rame dan seru, coba ajak hewan peliharaan jalan-jalan bareng saat pagi atau sore hari. 

Dengan cara ini, Anda pun bisa menghemat uang tetapi tetap bisa menghabiskan waktu bersama pasangan sekaligus mengajak binatang peliharaan bermain bersama. 

Baca Juga: 3 Gaya Berpacaran yang Harus Dihindari Para Milenial Agar Tidak Boros

Teliti Soal Uang Meski dengan Pacar Sendiri 

Masa pacaran merupakan masa yang indah. Jadi, jangan buat masa-masa ini penuh dengan keributan dan ketidaknyamanan, apalagi hanya soal uang.

Nah, ada baiknya dari sekarang persiapkan masa depan dan mulai belajar mengelola keuangan bersama-sama. Semoga bermanfaat!