Apakah Benar Perjanjian Pra-nikah Berdampak pada Keuangan Setelah Menikah? Inilah Faktanya

Apakah Benar Perjanjian Pra-Nikah Berdampak pada Keuangan Setelah Menikah? Inilah Faktanya

Posted by

Ingin menikah dalam waktu dekat? Namun, sudahkah Anda mempersiapkan semua kebutuhannya dari sekarang? 

Pada dasarnya, pernikahan merupakan satu momen penting yang sangat ditunggu-tunggu dalam hidup. Sebelum memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan, setiap pasangan harus memahami betul tentang tujuan pernikahan tersebut. 

Karena dalam praktiknya, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan sebelum menikah. Salah satunya adalah perjanjian pra-nikah. Bagaimana arti dari perjanjian pra-nikah sebenarnya? Berikut ulasannya.

Pemahaman Mengenai Perjanjian Pra-Nikah

Pemahaman Mengenai Perjanjian Pra-Nikah
Pemahaman Mengenai Perjanjian Pra-Nikah

Perjanjian pra-nikah adalah sebuah kesepakatan yang sebelumnya telah disetujui oleh kedua calon sebelum upacara pernikahan berlangsung. Biasanya perjanjian tersebut berisi hal-hal tentang harta kekayaan masing-masing pribadi. 

Bersifat mengikat, perjanjian tersebut umumnya digunakan apabila terjadi perceraian atau salah satu pasangan meninggal dunia. Maka, harta dari masing-masing individu tersebut bisa dibedakan. Sebagian orang mungkin beranggapan jika perjanjian ini hanya dibuat untuk pasangan yang tidak saling percaya.

Meskipun demikian, tak ada sesuatu yang bisa memastikan dengan tepat apa yang akan menimpa pasangan menikah tersebut di masa yang akan datang. Jadi, meski terkesan materialistis dan mementingkan harta pribadi, perjanjian pra-nikah justru bertujuan untuk melindungi harta pribadi dari hal buruk yang mungkin menimpa pernikahan tersebut.

Tentu tak ada satu orang pun yang ingin pernikahannya bermasalah, namun dengan perjanjian tersebut harta dan hak-hak masing-masing pihak akan semakin terlindungi.

Baca Juga: Mau Nikah dengan Biaya Sendiri? Ikuti Tips Ini, Dijamin Uang Cepat Terkumpul!

Tips Penting Menjelang Pernikahan 

Berikut adalah tips-tips mempersiapkan pernikahan agar semakin siap membangun bahtera kehidupan berkeluarga.

1. Mengembangkan Spiritual Diri

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun kesiapan spiritual adalah dengan memperbanyak ibadah demi kelancaran pernikahan. Jangan lupa untuk membaca kitab suci sesuai keyakinan masing-masing agar semakin dekat dengan Tuhan yang Maha Esa.

2. Kesiapan Konsepsional

Tips selanjutnya agar lebih tenang menjelang pernikahan adalah kesiapan konsepsional. Persiapan tersebut dilakukan kedua belah pihak agar kehidupan pernikahan lebih terarah. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memupuk kesiapan tersebut. Salah satunya, dengan membaca buku-buku bertema pernikahan dan keluarga. 

3. Fisik yang Siap

Setelah spiritual dan konsepsional telah disiapkan dengan baik dan matang, kini giliran mempersiapkan fisik menjelang pernikahan. Salah satu permasalahan yang kerap timbul dalam pernikahan adalah masalah reproduksi.

Masalah tersebut jika diabaikan bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Maka dari itu, sangat disarankan agar kedua calon pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi lebih dini. Supaya jika terjadi suatu hal bisa diketahui dan diatasi segera.

4. Siap Secara Materi

Dalam sebuah rumah tangga, biasanya suamilah yang akan menjadi tulang punggung keluarga. Tetapi, hal tersebut tidak menandakan bahwa perempuan boleh lepas tangan begitu saja. Menjelang pernikahan, akan sangat baik jika wanita juga turut serta mempersiapkan tabungan masa depan. 

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana lainnya seperti dana pesta pernikahan, mobil, dan lain-lain.

5. Dekatkan Diri dengan Keluarga Pasangan

Sebelum pernikahan berlangsung, akan sangat baik buat seorang perempuan atau laki-laki untuk bersosialisasi dan mengenal keluarga calon pasangan. Sebab, ketika sudah menikah, keluarga calon pasangan juga akan menjadi keluarga kita sendiri. Jadi, mulai sekarang jangan pernah menjaga jarak dengan keluarga calon suami/istri. 

Baca Juga: Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan untuk Kamu dan Pasangan di Masa Depan

Adakah Kaitan Antara Perjanjian Pra-Nikah dengan Kondisi Keuangan Setelah Menikah?

Satu hal yang sering menjadi pertanyaan sebagian besar orang saat ini ialah apakah benar perjanjian pra-nikah memiliki pengaruh terhadap kondisi keuangan setelah menikah? Adakah kaitannya?

Satu hal yang pasti, dengan adanya perjanjian pra-nikah akan membuat setiap pasangan menikah dapat saling mengetahui kondisi keuangan pribadi masing-masing. Salah satu penyebab banyaknya pasangan menikah bercerai ialah masalah keuangan yang kurang terbuka.

Selain agar lebih terbuka, dengan perjanjian pra-nikah setiap pasangan akan mampu mengelola keuangannya dengan lebih baik. Sebab di dalam perjanjian terdapat poin yang membagi antara hak dan juga kewajiban setiap pasangan secara finansial. Baik dari hal-hal kecil maupun hal-hal yang lebih penting.

Misalnya saja seperti biaya hidup harian, pendidikan untuk anak, pembayaran utang, hingga perihal aset keluarga. 

Hindari Masalah dengan Perjanjian Pra-Nikah

Hindari Masalah dengan Perjanjian Pra-Nikah
Hindari Masalah dengan Perjanjian Pra-Nikah

Demikianlah hubungan antara perjanjian pra-nikah dengan kondisi keuangan setelah menikah yang ternyata sangat berkaitan erat. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa perjanjian pra-nikah adalah salah satu hal penting yang wajib disiapkan setiap pasangan menjelang pernikahan. 

Namun, jika Anda belum mempersiapkan secara matang, segera buat rencananya dari sekarang. Jangan lupa untuk membuat perjanjian pra-nikah demi kebaikan bersama. Semoga bermanfaat.