Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri Ala Backpacker

Dijamin Lebih Seru! Berikut Tips Liburan ke Luar Negeri Ala Backpacker

Posted by

Pergi berlibur ke luar negeri dengan budaya dan bahasa yang sangat berbeda tentu harus ada persiapan ekstra, terlebih jika memilih liburan ala backpacker. Biasanya para kerabat akan memberikan nasihat yang standar, seperti jangan lupa makan, jaga diri baik-baik, hingga jangan pergi ke tempat mencurigakan.

Meski baik, tapi nasihat tersebut belum cukup untuk membuat Anda jadi backpacker yang gesit dan pandai berhemat saat berlibur ke luar negeri. Nah, agar liburan ala backpacker semakin seru dan tetap aman, simak dahulu tips-tips berikut ini.

9 Tips Backpackeran ke Luar Negeri

 1. Buat Rencana Perjalanan

Buat Rencana Perjalanan
Buat Rencana Perjalanan

Membuat rencana perjalanan atau itinerary adalah hal yang wajib dilakukan. Mengapa? Karena dengan adanya list tempat-tempat yang ingin dikunjungi dan aktivitas menarik yang ingin dilakukan, liburan Anda akan lebih menyenangkan. 

Rencana perjalanan akan membuat waktu liburan Anda tidak ada yang terbuang sia-sia.

2. Pahami Budaya Negara Tujuan

Pahami Budaya Negara Tujuan
Pahami Budaya Negara Tujuan

Sebelum berlibur ke luar negeri, ada baiknya untuk melakukan observasi pada negara yang ingin dikunjungi. Setelah itu, mulailah mempelajari budaya dan tata krama yang diterapkan oleh negara tersebut. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa lebih mudah beradaptasi dan mencegah kemungkinan tersinggungnya orang lokal karena perilaku kita.

3. Referensi dari Penduduk Lokal

Referensi dari Penduduk Lokal
Referensi dari Penduduk Lokal

Tentu tak semua backpacker memiliki informasi yang memadai dan akurat tentang destinasi yang ingin dikunjungi. Nah, jika masih bingung apa saja yang harus dilakukan, tidak ada salahnya untuk meminta referensi tempat-tempat seru hingga tempat makan yang enak pada penduduk lokal.

Biasanya penduduk lokal jauh lebih paham perihal destinasi-destinasi favorit sehingga saran yang diberikan pun akan sangat bermanfaat. Karenanya menjaga tata krama sangat penting untuk dilakukan di suatu negara agar kedatangan Anda bisa diterima layaknya keluarga bukannya orang asing.

4. Perhatikan Kondisi Cuaca di Negara Tujuan

Perhatikan Kondisi Cuaca di Negara Tujuan
Perhatikan Kondisi Cuaca di Negara Tujuan

Sebelum pergi berlibur ke negara tujuan, satu hal penting yang harus diperhatikan ialah mengetahui kondisi cuaca dan musim di negara tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama dalam hal memilih kegiatan serta destinasi yang ingin dituju dan mempersiapkan outfit yang tepat.

Baca Juga: Mau Liburan Asyik Tapi Tetap Hemat? Intip Cara-Cara Jitu Ini Untuk Mengatur Budgetnya

5. Bawa Baju Secukupnya

Bawa Baju Secukupnya
Bawa Baju Secukupnya

Saat traveling, terlebih bagi seorang backpacker, setiap ruang dalam tas ransel tentu sangat berharga. Hal tersebut dikarenakan celah dalam tas dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan oleh-oleh. Maka dari itu, janganlah membawa pakaian terlalu banyak. 

Nah, agar ransel juga bisa menampung banyak barang dan pakaian pun tak nampak kusut, cobalah untuk melipat baju dengan cara digulung.

6. Siapkan Budget Liburan

Jangan Lupa Buat Budget Liburan
Siapkan Budget Liburan

Saat pergi berlibur tentu akan ada banyak dana yang diperlukan. Mulai dari biaya transportasi, makan, hingga untuk berbelanja. Karenanya buatlah rincian biaya yang dibutuhkan untuk liburan tersebut.

Meski harus berhemat, janganlah membuat rincian biaya yang terlalu pas-pasan. Harus ada dana lebih yang disisihkan. 

7. Gunakan WiFi Gratis yang Tersedia

Gunakan WiFi Gratis yang Tersedia
Gunakan WiFi Gratis yang Tersedia

Saat berlibur ke luar negeri, agar tetap terhubung dengan jaringan internet kebanyakan para backpacker dari Indonesia biasanya lebih suka menggunakan modem WiFi sewaan atau kartu SIM lokal.

Tetapi agar pengeluaran semakin hemat, Anda bisa menggunakan WiFi gratis yang biasanya tersedia di tempat-tempat umum. Misalnya saja seperti di bandara, tempat makan, dan hotel tempat menginap. Jika hal tersebut dilakukan, maka pengeluaran pun dapat ditekan. 

Nah, saat mendapatkan WiFi gratis, usahakan untuk mengunduh peta offline di Google Maps. Dengan bekal peta offline tersebut, Anda tak perlu lagi takut tersesat.

8. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Bawa Obat-Obatan Pribadi
Bawa Obat-Obatan Pribadi

Jangan lupa untuk memasukkan obat-obatan termasuk vitamin yang biasa digunakan di rumah ke dalam tas. Meskipun belum tentu dipakai, apa salahnya jika mempersiapkannya terlebih dahulu karena tidak ada yang menjamin kondisi kesehatan ketika berlibur.

9. Jangan Terlalu Mencolok

Jangan Terlalu Mencolok
Jangan Terlalu Mencolok

Ada banyak risiko terkena tindak kejahatan bagi seorang backpacker, terutama pada seorang perempuan. Sebab perempuan sangat rentan menjadi target orang-orang jahat, misalnya pencopetan, pencurian, hingga pelecehan seksual. 

Orang-orang tersebut bisa dengan mudah mengenali seorang turis bahkan dari jarak yang jauh. Karenanya berusahalah untuk berbaur dengan penduduk lokal, gunakan pakaian dan aksesoris yang tidak mencolok, serta hindari membawa tas terlalu besar agar tidak memancing niat jahat. Hindari pula pergi ke tempat-tempat sepi seorang diri. 

Baca Juga: Liburan Ke Luar Negeri Pakai Kartu Kredit? Ini Tips-Tips yang Bisa Kamu Terapkan

Hemat Saat Liburan Ke Luar Negeri, Siapa Takut?

Hemat Saat Liburan Ke Luar Negeri, Siapa Takut?
Hemat Saat Liburan Ke Luar Negeri, Siapa Takut?

Jalan-jalan ke luar negeri ala backpacker memang selalu memberikan pengalaman seru yang sulit terlupakan. Agar liburan juga semakin lancar, jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan dengan teliti dan benar. 

Demikianlah 9 tips bagi para backpacker yang ingin liburan ke luar negeri. Liburan tak hanya menyenangkan tapi kantong juga aman. Selamat mencoba dan selalu berhati-hati!