Ingin Punya Rumah dengan Harga Murah? Ini Rahasianya

Ingin Punya Rumah dengan Harga Murah? Ini Rahasianya

Posted by

Mendapatkan rumah nyaman dengan harga yang murah, tentunya bukanlah perkara yang mudah. Ditambah lagi dengan permintaannya yang terus bertambah. 

Melihat kenyataan tersebut, banyak developer memberikan penawaran, hadiah, hingga membuat pameran untuk menarik minat masyarakat. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Anda langsung tergoda karena belum tentu hunian tersebut yang benar-benar diinginkan.

Maka dari itu, ketahui tips-tips cerdas agar lebih mudah mendapatkan rumah yang sesuai keinginan di pameran properti. Berikut penjelasannya.

5 Cara Mendapatkan Rumah Murah dan Sesuai dengan Keinginan

5 Cara Mendapatkan Rumah Murah dan Sesuai dengan Keinginan
5 Cara Mendapatkan Rumah Murah dan Sesuai dengan Keinginan

1. Tentukan Lokasi Impian Lebih Dulu 

Di sebuah pameran properti yang besar, tentunya akan ada banyak developer dari berbagai penjuru yang akan ikut berpartisipasi di dalamnya.

Nah, sebelum menghadirinya, pastikan Anda sudah punya tujuan atau lokasi rumah yang ingin dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus mendapatkan rumah impian. 

Jika tidak, bisa jadi Anda akan tergoda dengan promosi atau penawaran yang ada dan akhirnya membeli hunian yang tidak sesuai dengan keinginan. Hal ini tentu akan membuat energi dan waktu pun terbuang sia-sia.

Baca Juga: Uang Habis Bayar Kontrakan? Ikuti 4 Tips Ini Agar Cepat Beli Rumah Sendiri

2. Lihat Kondisi Keuangan

Setelah menentukan lokasi, cek kondisi keuangan Anda sekarang. Berapa tabungan yang dimiliki? Berapa budget cicilan yang mampu dikeluarkan? Hal tersebut dilakukan agar lebih efektif saat berburu rumah murah di pameran properti. 

Selain itu, Anda juga harus sudah mengetahui tipe rumah seperti apa yang akan dipilih sebelum datang ke pameran. Dengan begitu, saat datang tawaran dari developer dengan harga yang jauh di atas budget, Anda pun dapat dengan mudah beralih ke penawaran lain yang lebih sesuai. 

Sebab jika tidak, promosi menarik yang ditawarkan para developer tersebut bisa membuat Anda bimbang dan mudah tergoda. Sehingga, Anda pun akan menyesali pilihan yang sudah diambil karena dapat mengganggu kondisi keuangan keluarga/pribadi.

3. Pilih Cara Pembelian yang Tepat dan Sesuai

Sama halnya seperti saat membeli rumah dengan cara konvensional, berbagai pilihan pembayaran disediakan pada saat membeli rumah murah di acara pameran properti. Mulai dari pembayaran tunai hingga menggunakan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Beberapa developer pun biasanya menawarkan pemberian DP rendah untuk menarik minat para pembeli.

Sebelum membeli rumah dengan metode KPR, ada baiknya jika Anda memperhitungkannya secara matang terlebih dahulu. Terutama perihal jumlah cicilan yang wajib dibayarkan setiap bulannya. 

Apabila memilih pembiayaan KPR dengan DP rendah, sudah pasti cicilan per bulan pun akan jauh lebih besar. Namun, jika memilih DP yang lebih besar maka cicilan rumah akan semakin ringan. 

Karenanya, penting sekali untuk tetap fokus akan tujuan Anda membeli rumah murah saat di pameran properti. Jika sekali saja tergiur promosi tanpa melihat kondisi keuangan, maka siap-siap menyesal di kemudian hari.

4. Siapkan Lebih Dulu Berkas Pengajuan KPR

Buat Anda yang sudah yakin ingin membeli rumah dengan KPR, ada baiknya untuk menyiapkan berbagai berkas pengajuan sebelum datang ke pameran properti. Sebab, biasanya ada banyak penawaran menarik dari para developer jika Anda bertransaksi langsung di pameran tersebut. 

Penawaran-penawaran yang diberikan mulai dari promo cashback, bunga rendah, diskon, hingga mobil baru yang bisa dibawa pulang jika beruntung. Nah, jadi apa salahnya coba menyiapkan berkas-berkas pengajuan terlebih dahulu? Agar jika sudah ada rumah yang sesuai, KPR pun bisa langsung diajukan.

5. Jangan Lupa Siapkan Booking Fee

Saat telah mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan, ada baiknya jika Anda memberikan segera booking fee pada developer, agar rumah tersebut segera “dikunci”. Sebab jika tidak, rumah tersebut bisa melayang ke tangan orang lain. 

Karena itulah, penting sekali untuk menyiapkan dana untuk booking fee sebelum berangkat ke pameran properti. Booking fee ini biasanya berada pada kisaran 1 juta Rupiah sampai 10 juta Rupiah. Siapa tahu saat berada di pameran properti tersebut, Anda langsung menemukan rumah murah yang diinginkan. 

Baca Juga: Punya Rumah Minimalis? Ini 5 Tips agar Desainnya Lebih Menarik dan Bagus

Segera Wujudkan Rumah Impian Anda

Segera Wujudkan Rumah Impian Anda
Segera Wujudkan Rumah Impian Anda

Demikianlah tips cerdas untuk mendapatkan rumah murah dan sesuai keinginan pada saat berada di pameran properti. Mencari rumah murah di pameran properti sesungguhnya tidak akan berbeda jauh dengan membeli rumah secara umum. Hanya saja di pameran properti ada banyak penawaran menarik. 

Meskipun demikian, Anda tetap harus jeli dan fokus dengan tujuan utama saat membeli rumah. Jangan sampai tergiur tawaran menarik. Siapkan tujuan dari awal, tentukan budget, dan sekarang mulailah berburu rumah impian di pameran properti. Semoga bermanfaat!