Hobi Mahal Bikin Pusing Ini Cara yang Tepat untuk Mengatur Anggarannya

Hobi Mahal Bikin Pusing? Ini Cara yang Tepat untuk Mengatur Anggarannya

Posted by

Siapapun pasti sepakat jika hobi adalah suatu hal yang bisa memberikan kebahagiaan dan kepuasan. Bagi sebagian orang hobi bahkan menjadi bagian dalam hidup yang tidak bisa dipisahkan. Pada dasarnya, ada begitu banyak hobi yang bisa dikerjakan, mulai dari bersepeda, menggambar, memancing, menulis, mengoleksi benda-benda unik, dan masih banyak lagi.

Hobi juga ternyata bisa membantu Anda mengurangi stres karena beban pekerjaan yang tinggi. Namun, tak semua keseruan hobi bisa dilakukan secara cuma-cuma, beberapa hobi justru akan menguras isi dompet. 

Apakah Anda salah seorang yang memiliki hobi mahal tersebut? Jika ya, simak tips berikut supaya kesehatan keuangan tetap aman dan hobi tetap bisa dilakukan. 

6 Tips Menjaga Kondisi Keuangan Saat Memiliki Hobi Mahal

6 Tips Menjaga Kondisi Keuangan Saat Memiliki Hobi Mahal
6 Tips Menjaga Kondisi Keuangan Saat Memiliki Hobi Mahal

1. Buat Rencana Anggaran

Sebelum menyisihkan anggaran untuk hobi, akan lebih baik jika menyisihkan terlebih dahulu untuk pengeluaran harian, cicilan, dana darurat, hingga tabungan. Jangan sampai prioritas tersebut berubah. 

Namun apabila pendapatan bulanan hanya cukup untuk memenuhi biaya hidup bulanan saja, maka yang harus dilakukan ialah penyesuaian anggaran dengan cermat dan lebih teliti. 

Agar tercipta keuangan yang lebih stabil, maka harus ada budgeting pengeluaran supaya pengeluaran lebih terkontrol dan hobi pun tetap jalan. 

2. Buat Budget Khusus

Suka berburu mainan die cast-toy atau action figure dan mengoleksinya? Maka dari awal, Anda sudah harus menyadari bahwa hobi tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sehingga, perlu ada anggaran khusus jika ingin tetap mengumpulkan semua koleksi mainan tersebut.

Maka dari itu, agar tetap bisa memuaskan diri dengan hobi mahal tersebut, mulailah membuat alokasi dana secara khusus setiap bulannya. Perlu diingat juga, saat mengalokasikan dana untuk hobi pastikan agar tidak membebani pengeluaran atau bahkan menggeser kebutuhan lain yang jauh lebih penting.

Jika budget yang dibuat ternyata tidak cukup, ada baiknya untuk bersabar hingga bulan berikutnya. Jangan sampai memaksakan diri untuk tetap menuruti hobi disaat kondisi keuangan sedang tidak stabil karena bisa menimbulkan dampak negatif. Jangan sampai hobi yang seharusnya memberikan kesenangan justru menciptakan petaka pada keuangan.  

3. Jangan Sampai Berutang

Berutang hanya demi memenuhi hobi? Ini bisa membuat keuangan pribadi jadi semakin kacau. Sebab berutang hanya demi hobi bukanlah pilihan yang bijak. Agar tak sampai berutang hanya demi sebuah hobi, ada baiknya menahan diri untuk menuruti hobi tersebut. 

Baca Juga: Waspada, Ini Dia Penyebab Keuangan Selalu Berantakan

4. Ubah Jadi Lahan Bisnis

Hobi tak hanya bisa memberikan kesenangan saja, lho. Ternyata jika dilakukan dengan serius, sebuah hobi bisa membuka peluang usaha yang bagus. Bahkan sebagian orang justru mendapatkan penghasilan dari hobi yang ditekuni.

Contohnya, jika memiliki hobi melukis, Anda bisa menjual lukisan tersebut yang biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Atau seorang yang hobi mengumpulkan mainan die-cast toy atau action figure, bisa menjual kembali mainan-mainan koleksinya yang langka atau limited edition dengan harga yang lebih tinggi. 

Sebenarnya, masih banyak hobi lain yang juga bisa menghasilkan uang. Dengan begitu, hobi tak sekadar buang-buang waktu dan uang saja, tetapi jika ditekuni secara profesional juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

5. Bergabung Dengan Komunitas 

Hobi tak hanya memberikan kesenangan tetapi juga bisa mempertemukan Anda dengan orang-orang baru. Biasanya kumpulan orang tersebut akan bergabung dalam sebuah wadah atau komunitas.

Dalam komunitas, akan ada banyak informasi menarik perihal hobi tersebut. Mulai dari informasi toko dengan harga terjangkau, koleksi terbaru, dan masih banyak lagi. Banyaknya informasi yang didapatkan, akan membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

6. Jauhi Penggunaan Kartu Kredit

Gunakan kartu kredit secara bijak. Kartu kredit akan jauh lebih bermanfaat saat dipakai untuk kebutuhan yang lebih mendesak, bukan untuk memenuhi pengeluaran konsumtif termasuk pengeluaran untuk hobi.

Penggunaan kartu kredit yang praktis memang bisa membuat siapapun tergiur tetapi pikirkan lagi risikonya. Jangan sampai kesenangan hobi berubah menjadi nestapa karena harus berurusan dengan utang.

Baca Juga: Keuangan Mendadak Bocor? Mungkin Kamu Lupa Perhitungkan 5 Hal Ini

Buat Hobi Jadi Lebih Bermakna 

Buat Hobi Anda Lebih Bermakna 
Buat Hobi Anda Lebih Bermakna

Menggeluti hobi memang menyenangkan dan seolah memberi kepuasaan tersendiri dalam hidup. Terlebih jika hobi tersebut mampu memberikan rasa bangga bahkan penghasilan tambahan, sehingga ada sebuah kepuasan yang tak bisa diungkapkan. 

Namun dibalik itu semua, hobi hanyalah hobi bukan sesuatu hal yang utama. Jadi jangan sampai keuangan kacau hanya karena sebuah hobi. Tetap pandai dan cermat dalam mengelola keuangan agar hobi bisa jalan terus dan keuangan pribadi pun tidak terganggu. 

Semoga bermanfaat.