Ingin Mulai Berbisnis? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Fatal Ini

Ingin Mulai Berbisnis? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini, Akibatnya Bisa Fatal!

Posted by

Persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat, setiap harinya ada banyak inovasi baru yang terus bermunculan. Belum lagi gempuran produk dari luar negeri yang semakin membuat daya saing semakin tinggi. Sehingga, setiap orang yang berkecimpung di dunia bisnis, harus lebih pintar berinovasi agar tidak mudah disingkirkan oleh pesaing-pesaing baru.

Namun, ada satu “kesalahan” yang kerap dilakukan para pebisnis pemula. Kesalahan tersebut adalah mengorbankan modal awal demi mendapatkan untung yang lebih besar. 

Contohnya, seorang owner secara tiba-tiba ia memberikan sejumlah dana yang besar untuk memproduksi sebuah produk dalam jumlah banyak. Namun, pemberian dana ini ternyata belum didiskusikan dengan bagian produksinya.

Tetapi, pada kenyataannya produk tersebut tak lagi booming di pasaran. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan kerugian bagi perusahaan. 

7 Kesalahan Saat Memulai Bisnis

7 Kesalahan Saat Memulai Bisnis
7 Kesalahan Saat Memulai Bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda tidak boleh hanya mengetahui bagaimana strategi atau tujuannya saja. Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat memulainya pun perlu diketahui sebelum terjebak dalam masalah yang lebih pelik. 

Memang berkecimpung dalam dunia bisnis memang bukanlah perkara yang gampang. Maka dari itu, berikut akan kami ulas beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat membuka sebuah bisnis baru.

1. Tak Punya Alasan Kuat

Sebelum ingin memulai sebuah usaha, hal terpenting yang wajib dimiliki adalah sebuah alasan kuat mengapa Anda ingin menjalankan bisnis tersebut.

Bila pertanyaan tersebut belum bisa dijawab dengan yakin, bisa dipastikan jika Anda nantinya akan dengan mudah putus asa hingga akhirnya menyerah sebelum bisnis tersebut berkembang. 

Pertanyaan “mengapa” tersebut akan membuat Anda bisa menentukan “bagaimana” langkah selanjutnya. Hal tersebut bisa terjawab melalui beberapa pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana cara agar tujuan-tujuan tersebut bisa dicapai?
  2. Bagaimana mengatasi masalah yang muncul dan terus berjalan?

2. Mengandalkan Pinjaman Bank

Sebelum memulai usaha, hal yang wajib dimiliki adalah modal. Jika belum atau tak memiliki modal yang cukup, maka jalan untuk mendapatkan modal tambahan adalah mencari pinjaman. Kesalahan inilah yang seringkali dilakukan pebisnis pemula saat ingin memulai sebuah bisnis.

Jika Anda berpikir bahwa mengajukan pinjaman ke bank saat akan memulai bisnis baru merupakan perkara yang mudah, itu salah besar! 

Bisnis yang baru dirintis atau masih berkembang dianggap masih rentan dan memiliki banyak risiko. Sehingga, ada banyak bank yang tidak mengabulkan proposal pinjaman usaha kecuali ada jaminan yang diberikan. 

Maka dari itu, lebih baik gunakan tabungan atau aset pribadi untuk mendapatkan modal usaha dan mencari partner atau investor yang bisa menyuntikkan dana segar untuk bisnis tersebut. Tapi jangan lupa, selalu pisahkan antara keuangan perusahaan dan pribadi.

3. Kurang Mempromosikan Diri

Ada beberapa orang yang berasumsi bahwa pelanggan akan datang dengan sendirinya tanpa melakukan kegiatan promosi atau iklan, itu adalah anggapan yang salah. Meskipun membeli sebuah franchise ternama sekalipun, Anda tetap harus mendukungnya dengan kegiatan promosi. 

Hal tersebut menandakan bahwa Anda harus memperkenalkan usaha yang sedang dikelola dengan maksimal agar pelanggan terus berdatangan. 

Baca Juga: Ingin Usaha Waralaba? Terapkan Tips Berikut, Dijamin Berhasil

4. Sekadar Ikut Tren

Penyebab umum yang biasanya membuat sebuah bisnis tumbang adalah ikut-ikutan tren. Akan lebih baik jika Anda memulai sebuah bisnis di bidang yang dikuasai dan disukai. 

Jangan sampai hanya ikut-ikutan atau asal-asalan. Pilih bidang yang benar-benar merupakan passion Anda. Supaya saat terjadi masalah, Anda pun bisa mengatasinya dengan baik.

5. Tidak Mau Mencari Nasihat

Kesalahan selanjutnya adalah tidak mau meminta nasihat saat menentukan bisnis yang akan dibuat. Hal tersebut tidak dilakukan karena terlalu yakin dengan bisnis yang akan dijalankan atau takut ide yang dimiliki diambil orang lain. 

Sebetulnya dengan meminta nasihat, Anda bisa bertukar pikiran atau bahkan berkonsultasi tentang ide bisnis yang ingin dikembangkan. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan ide baru yang jauh lebih baik dan matang.

6. Kebutuhan Konsumen adalah Prioritas Utama

Sebagus atau semenarik apapun konsep yang ditawarkan, semua itu tak akan berguna sama sekali jika produk tersebut tak mengutamakan kebutuhan konsumen. 

Anda harus memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh target konsumen.

7. Kurang Membangun Jaringan

Pada akhirnya, keberhasilan bisnis yang dikembangkan saat ini sangat bergantung pada network atau kenalan yang dimiliki. Bila Anda termasuk orang yang pasif dan tidak pernah berbicara dengan konsumen maupun praktisi usaha, sudah pasti peluang hingga transaksi menguntungkan akan sangat mudah sekali hilang. 

Membangun dan memperluas jaringan menjadi hal yang wajib dilakukan, bahkan sebelum memulai sebuah bisnis. Karena semakin luas jaringan yang dimiliki, akan semakin berkembang dan besar pula bisnis tersebut.

Baca Juga: Buka Bisnis Ini, Dijamin Usahamu Selalu Laku!

Membuat Sebuah Usaha Butuh Persiapan yang Benar-Benar Matang

Membuat Sebuah Usaha Butuh Persiapan yang Benar-Benar Matang
Membuat Sebuah Usaha Butuh Persiapan yang Benar-Benar Matang

Nah, itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari. Mengawali sebuah bisnis memang susah-susah gampang, ada beberapa hal yang perlu diberikan perhatian khusus. 

Anda pun tak boleh ragu berkonsultasi dengan mereka yang lebih ahli. Jangan malu bertanya dan lelah membangun jaringan yang merupakan kunci dari kemajuan sebuah usaha. 

Semoga bermanfaat!