Stop Pemborosan! Segera Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Uang Anda Habis

Stop Pemborosan! Segera Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Uang Anda Habis

Posted by

Jika belakangan ini Anda sulit melacak ke mana saja perginya uang yang dimiliki, mungkin kebiasaan boros adalah salah satu penyebabnya. Ada hal-hal kecil yang mungkin dianggap sepele tapi ternyata berdampak bagi keuangan. 

Misalnya, membuang-buang makanan, disadari atau tidak hal ini ternyata bisa menghabiskan uang secara perlahan. 

Agar terhindar dari pemborosan, sebaiknya catatlah pengeluaran harian hingga bulanan yang selama ini dilakukan dengan lebih detail. Tanyakan kembali pada diri sendiri apa manfaat dan mengapa uang tersebut dikeluarkan/dibelanjakan.

Nah, agar Anda bisa berhenti melakukan pemborosan, berikut beberapa hal simpel yang bisa dilakukan dari sekarang.

Baca Juga: Kamu Single? Ternyata Hal Ini Bisa Bikin Kamu Hemat Lho! Cek Faktanya Berikut Ini

5 Hal untuk Menghentikan Pemborosan

1. Berhenti Membuang-Buang Makanan

Berhenti Membuang-Buang Makanan
Berhenti Membuang-Buang Makanan

Hal terpenting agar tidak bertindak boros ialah berhenti membuang-buang makanan dari sekarang. Jika sudah terasa kenyang, jangan buru-buru melempar makanan tersebut ke tempat sampah. Akan lebih baik jika makanan tersebut disimpan dan dimakan setelah terasa lapar lagi.

Membuang-buang makanan tetap saja salah dan termasuk tindakan yang sia-sia, tak peduli sedang banyak uang ataupun tidak. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, siap-siap saja uang yang dimiliki akan habis secara perlahan. 

Selain itu, setiap kali ingin memesan atau membeli makanan yang ingin dinikmati, cobalah pesan secukupnya sesuai porsi yang mampu dihabiskan.  Jangan sampai lapar mata dan memesan semua makanan yang terlihat lezat dan ujung-ujungnya makanan tersebut pun terbuang percuma.

Bahkan, sebuah survei menyebutkan, setidaknya ada 30 sampai 40% makanan yang terbuang secara percuma setiap harinya. 

2. Jangan Boros Bahan Bakar

Jangan Boros Bahan Bakar
Jangan Boros Bahan Bakar

Sebagian orang lebih suka naik kendaraan pribadi untuk beraktivitas di luar. Hal ini tak hanya membuat jalanan menjadi lebih macet dan penuh polusi tetapi juga dapat membuat Anda lebih boros. 

Di beberapa situasi dan kondisi, kendaraan memang sangat penting untuk membuat perjalanan jadi lebih cepat. Tetapi jika lokasinya tidak terlalu jauh, tak ada salahnya untuk mencoba berjalan kaki.

Selain menghemat pengeluaran, dengan berjalan kaki secara rutin, tubuh juga bisa lebih sehat. Namun dalam kondisi mendesak, boleh coba cari alternatif transportasi lain yang lebih murah dan tetap nyaman. 

3. Hentikan Produk Berlangganan yang Kurang Bermanfaat

Hentikan Produk Berlangganan yang Kurang Bermanfaat
Hentikan Produk Berlangganan yang Kurang Bermanfaat

Apakah saat ini Anda masih berlangganan tv kabel? Jika sudah merasa tak lagi dibutuhkan, lebih baik segera hentikan layanan tersebut. Apalagi jika jarang digunakan atau bahkan tak pernah disentuh sama sekali.

Supaya tak ada lagi tagihan untuk sesuatu yang jarang digunakan. Dengan begitu, uang tersebut dapat digunakan untuk membayar tagihan yang lain atau bisa juga ditabung ke dana darurat.

Baca Juga: Trik Belanja Hemat untuk Para Wanita Karir agar Uang Belanja Tidak Cepat Habis

4. Jangan Suka Lapar Mata

Jangan Suka Lapar Mata
Jangan Suka Lapar Mata

Jika tiba-tiba Anda merasa sangat ingin membeli sebuah barang, padahal barang tersebut tidak masuk ke dalam anggaran belanja dan bukan sesuatu yang mendesak. Maka janganlah terburu-buru untuk membelinya. 

Paling tidak beri jeda waktu satu atau dua hari untuk berpikir dengan matang dan pikirkan seberapa urgent barang tersebut harus segera dimiliki. Siapa tahu, besok sudah tak ingin lagi memilikinya. 

Ada baiknya, Anda menjaga pandangan agar tidak lapar mata, sebab ini tidak baik untuk isi dompet. Bisa-bisa semua barang di toko atau mall ingin dibeli semua. Mulai sekarang mulailah menahan diri dari godaan.

5. Jangan Telat Membayar Kartu Kredit

Jangan Telat Membayar Kartu Kredit
Jangan Telat Membayar Kartu Kredit

Jika masih ada tagihan kartu kredit yang belum dibayar, jangan tunggu lama-lama dan segera lunasi sekarang! Jangan pernah terbersit dalam pikiran hanya ingin membayar tagihan kartu kredit setengahnya atau pembayaran minimumnya saja. 

Hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi keuangan di masa mendatang. Sebab akan ada denda atau biaya tambahan jika tagihannya telat dibayarkan sehingga akan ada pengeluaran yang sia-sia. Ada baiknya untuk segera melunasi tagihan kartu kredit bahkan sebelum tanggal jatuh temponya tiba.

Jika merasa utang yang dimiliki sudah sangat banyak dan rasanya sulit untuk dibayarkan, ada baiknya untuk segera membuat rencana untuk dapat melunasi utang-utang tersebut. Hal tersebut dapat direalisasikan dengan mencari penghasilan tambahan.

Berhenti Melakukan Hal yang Sia-Sia

Berhenti Melakukan Hal yang Sia-Sia
Berhenti Melakukan Hal yang Sia-Sia

Demikian beberapa tips simpel untuk menekan pemborosan melalui gaya hidup hemat. Karena hidup hemat bisa dilakukan siapa saja asalkan ada niat dan konsistensi saja. 

Perlu diingat juga bahwa mulai dari sekarang harus bisa berhenti melakukan kebiasaan yang sia-sia, tak hanya pada uang tapi juga dalam waktu. Tahun baru sudah semakin dekat dan jangan sampai di tahun yang baru nanti masih diliputi masalah keuangan yang sama. Semoga bermanfaat!