Jangan Hanya Mencatat Pengeluaran, Lakukan 2 Hal Ini Agar Gaji Pertama Tidak Numpang Lewat

Jangan Hanya Mencatat Pengeluaran, Lakukan 2 Hal Ini Agar Gaji Pertama Tidak Numpang Lewat

Posted by

Memasuki dunia kerja untuk pertama kali pastilah akan memberikan perasaan bangga, haru sekaligus senang. Perasaan tersebut timbul karena Anda tidak perlu lagi menganggur dan bisa menikmati gaji pertama dari hasil jerih payah sendiri. Ada yang mulai berpikir untuk membeli baju dan sepatu yang selama ini diincar, mentraktir teman dan keluarga, hingga menyisihkan sebagian untuk tabungan.

Namun, tak peduli seberapa besar jumlah gaji yang didapat, jika tidak dikelola dengan baik, cepat atau lambat pasti habis tak tersisa. Terlebih ketika mulai memasuki dunia kerja, tentu akan muncul banyak sekali godaan yang timbul. Meskipun begitu jika semua keinginan dan godaan terus dituruti, gaji pertama Anda bisa jadi hanya numpang lewat saja. 

Maka dari itu, Anda harus bisa mengatur keuangan sejak gaji pertama diterima. Karena hal tersebut bisa menjadi langkah awal untuk menjaga kondisi finansial tetap sehat. Agar itu semua tidak terjadi, yuk simak tips cerdas menyiasati gaji pertama.

3 Cara Mengelola Gaji Pertama 

3 Cara Mengelola Gaji Pertama 
3 Cara Mengelola Gaji Pertama Pertama

1. Catat Pengeluaran Secara Detail

Terkadang banyak yang lupa dan enggan mencatat uang dan biaya apa saja yang sudah dikeluarkan. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka mulai sekarang segeralah biasakan diri untuk membuat catatan pengeluaran. Karena setiap hal yang dilakukan berulang akan menjadi sebuah kebiasaan. 

Biasakan untuk mencatat semua jenis pengeluaran yang dilakukan, mulai dari pengeluaran per hari hingga bulanan. Dengan begitu, besar kecilnya pengeluaran akan tercatat secara detail dan lengkap. Sehingga, Anda bisa mengatur gaji pertama jadi lebih mudah dan pengeluaran yang dianggap tidak penting bisa ditekan. 

Selain itu, memeriksa akun rekening tabungan secara berkala juga penting untuk dilakukan. Karena dari sisa saldo yang ada, Anda bisa mengontrol diri dan lebih bijak dalam mengeluarkan uang.

Baca Juga: Waspada, Ini Dia Penyebab Keuangan Selalu Berantakan

2. Mulai Berhemat

Disadari atau tidak, pemborosan bisa terjadi dari hal-hal kecil. Seperti, pada pengeluaran sehari-hari yang dapat membuat gaji pertama habis secara perlahan. Bagaimana bisa? 

Coba bayangkan jika setiap hari Anda memiliki budget untuk makan dan jajan kurang lebih 100 ribu Rupiah. Namun, seringkali pengeluaran bertambah pada saat banyak tawaran promo dan berkumpul dengan teman-teman.

Itu semua akan membuat uang yang ada terus berkurang. Maka dari itu, agar lebih irit, ada baiknya jika mulai sekarang Anda mengurangi membeli makanan di luar. Apalagi harus kumpul dengan teman-teman setiap hari sehabis jam kerja. Bisa-bisa belum sampai gajian berikutnya saldo sudah habis tak tersisa.

3. Atur Prioritas

Gaji pertama sudah diterima? Sekarang saatnya mengatur prioritas dan memisahkannya dalam pos-pos yang berbeda sesuai kebutuhan. Pilah dan pilih mana kebutuhan utama, mana yang hanya sekadar kemauan. Jangan terlalu menunda-nunda dalam membuat pos-pos keuangan karena bisa berakibat fatal. 

Ambil setengah dari total gaji yang diterima lalu masukan ke pos kebutuhan primer. Pos ini biasanya mencakup kebutuhan seperti makan dan minum, biaya transportasi, dan tempat tinggal. Dengan begitu kebutuhan utama tak akan terbengkalai dan pengeluaran yang kurang penting bisa ditekan.

Lalu, sisihkan lagi untuk tabungan minimal 20% dari gaji dan sisanya bisa kamu gunakan untuk hal-hal tak terduga. Misalnya untuk berobat / pada saat sakit. Sekali lagi ingat, Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan kemauan. 

Tapi, bagaimana bila barang yang diinginkan tersebut sangat mendesak dan harus dibeli sekarang juga, sedangkan gaji pertama tidak cukup untuk membelinya? 

Tenang, kamu bisa menggunakan cicilan atau pinjaman online seperti Indodana untuk mendapatkan gadget dan pinjaman tunai. Membayar barang atau suatu hal secara kredit tidak akan merusak keuangan Anda.

Baca Juga: Mau Kaya Raya Meski Gaji UMR? Terapkan 7 Tips Investasi Saham Berikut Ini

Mulai Atur Keuangan Sejak Gaji Pertama

Mulai Atur Keuangan Sejak Gaji Pertama
Mulai Atur Keuangan Sejak Gaji Pertama

Nah, itulah beberapa tips cerdas untuk menyiasati agar gaji pertama tidak hanya numpang lewat sehingga tidak ada krisis akhir bulan. Karena saat ada uang ditangan godaan yang timbul memang luar biasa, namun jika kamu mampu menahannya maka uang tak akan lagi jadi soal. Selamat mencoba!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.