Begini Cara Ideal Memperhitungkan Dana Darurat Bagi Generasi Milenial

Begini Cara Ideal Memperhitungkan Dana Darurat Bagi Generasi Milenial

Posted by

Bagi sebagian orang terlebih para milenial, dana darurat sepertinya bukan hal yang penting untuk dipikirkan saat ini. Banyak alasan yang membuat para milenial urung memikirkan soal dana darurat, mulai dari gaji yang kecil, banyak keperluan, dan cicilan yang harus dibayarkan. 

Namun tahukah seberapa idealnya dana darurat yang harus dimiliki seorang milenial? Agar lebih paham, yuk simak ulasannya berikut ini.

Seberapa Pentingnya Dana Darurat Bagi Milenial?

Seberapa Pentingnya Dana Darurat Bagi Milenial?
Seberapa Pentingnya Dana Darurat Bagi Milenial?

Banyak hal yang tak terduga bisa terjadi dalam kehidupan. Itulah yang membuat dana darurat sangat penting untuk dipikirkan dari sekarang, terutama bagi generasi milenial. 

Bukannya pesimis atau tak yakin dengan masa depan, hal ini hanya untuk membuat diri siap ketika menghadapi sesuatu yang tak terduga. Sebab tak ada yang tahu atau bahkan bisa menjamin hari esok akan selalu baik. 

Sayangnya banyak anak muda yang lebih memilih memenuhi keinginannya ketimbang mulai merencanakan dana darurat. Ditambah dengan kurangnya pengetahuan serta edukasi soal perencanaan finansial yang membuat masyarakat semakin abai dengan dana darurat. 

Namun, sekalipun sudah mengetahuinya, masih banyak yang belum mengerti berapa jumlah dana darurat ideal yang harus dipersiapkan.

Maka dari itu,  sebelum mulai membuat dana darurat, berikut tiga kategori dalam mempersiapkan dana darurat yang harus dipahami.

1. Lajang (Single)

Bagi kalian yang masih lajang atau single, dana darurat mungkin belum terlalu penting. Namun, semuanya harus dimulai dari sekarang.

Pada kategori ini dana darurat yang dibutuhkan adalah sebesar 3 kali jumlah pengeluaran setiap bulannya.

2. Pasangan Menikah

Ketika sudah menikah, beban keuangan tentu akan bertambah. Begitu pun dengan alokasi dana darurat juga ikut bertambah. 

Bagi para pasangan yang baru menikah, dana darurat yang dibutuhkan adalah sebesar 6 kali jumlah pengeluaran per bulan. 

Dana darurat tersebut tentu bertujuan untuk mengamankan kondisi keuangan di saat-saat tak terduga.

Misalnya, saat jatuh sakit atau terkena PHK. Jika tertimpa masalah tersebut, setidaknya Anda dan pasangan masih bisa bertahan hidup 6 hingga 8 bulan ke depan sampai mendapatkan sumber pendapatan baru.

3. Pasangan Menikah dan Memiliki Anak

Hadirnya buah hati dalam sebuah pernikahan tentu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Sudah tentu di setiap kondisi, Anda selalu ingin memberikan yang terbaik bagi mereka.

Ketika sudah memiliki satu anak, Anda perlu menyiapkan dana darurat setidaknya 9 kali biaya pengeluaran bulanan. Dana ini bisa bertambah sesuai dengan jumlah anak.

Seperti itulah perkiraan tentang dana darurat yang mesti disiapkan sesuai kategorinya, gampang kan?

Baca Juga: Bikin Cepat Kaya! Inilah Cara-cara Menabung Zaman Dulu yang Kini Jadi Idola Milenial

Manfaat Dana Darurat Bagi Milenial

Manfaat Dana Darurat Bagi Milenial
Manfaat Dana Darurat Bagi Milenial

Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika memiliki dan menyimpan dana darurat. 

1. Memberi Rasa Aman

Pernahkah Anda mengalami sebuah kejadian yang harus membutuhkan uang dalam jumlah besar? Jika pernah, pasti sudah tahu sebesar apa tekanannya. 

Menurut penelitian, seseorang yang tak mempunyai margin keuangan semisal dana darurat, cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Sehingga, masalah sekecil apapun menjadi sebuah ancaman untuk kondisi keuangan.

Karena tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi esok hari. Namun, ketika dana darurat telah dipersiapkan sejak awal, Anda tentu bisa sedikit lebih tenang dalam menghadapi masalah keuangan.

2. Jauh dari Utang

Setujukah Anda jika meminjam uang tanpa pertimbangan dan tidak digunakan dengan bijak bisa menimbulkan masalah?

Secara sederhana, ada dua hal yang bisa dipilih dalam mengatasi permasalahan ekonomi. Pertama, sebelum permasalahan timbul dana darurat sudah mulai dipersiapkan atau baru mulai bekerja keras setelah masalah terjadi.

Banyak orang secara tidak sadar lebih memilih pilihan kedua dan menjadikan utang sebagai jalan keluar dari masalah tersebut. Meski kelihatannya penuh strategi, nyatanya meminjam uang untuk membayar utang tak ada bedanya seperti mengisi air ke wadah yang berlubang yang berarti sia-sia. 

Tetapi jika memiliki dana darurat, hal tersebut tentu tidak akan terjadi dan hidup pun menjadi lebih tenang tanpa khawatir tercekik hutang. 

3. Membuat Pengeluaran Bulanan Berkurang

Umumnya banyak orang berpendapat bahwa dana darurat justru akan membuat pengeluaran tiap bulan meningkat. Namun, tahukah Anda bahwa sesungguhnya hal itu tidaklah benar? 

Dengan menyisihkan sebagian gaji atau pendapatan untuk dana darurat justru membuat pengeluaran menjadi lebih berkurang.

Baca Juga: 3 Gaya Berpacaran yang Harus Dihindari Para Milenial Agar Tidak Boros

Mulai Siapkan Dana Darurat Sejak Sekarang

Nah, demikianlah manfaat dana darurat dan jumlah ideal untuk mempersiapkannya. Yuk segera persiapkan dana darurat agar terbebas dari masalah finansial di masa mendatang.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.