Ikuti Tips Investasi Emas Berikut, Dijamin Untung 100%!

Ikuti Tips Investasi Emas Berikut, Dijamin Untung 100%!

Posted by

Ada rencana untuk berinvestasi? Jenis investasi apa yang rencananya akan Anda pilih? 

Saat ini investasi sudah mulai banyak dilirik oleh masyarakat, terutama oleh kaum milenial dan eksekutif. Karena setiap orang tentu ingin memaksimalkan kehidupannya agar kondisi keuangan selalu terjamin. Dengan melakukan investasi, masalah tersebut bisa diatasi.

Investasi Emas

Banyak sekali jenis investasi yang kini beredar di masyarakat. Salah satunya adalah investasi emas. Faktanya, emas mempunyai nilai yang cukup tinggi untuk dijadikan instrumen investasi. Apalagi tingkat inflasinya yang lebih sering naik dan meningkat.

Ketika nilai atau tingkatan inflasinya tinggi, maka harga emas yang ditawarkan pun akan meningkat. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya, nilai emas itu adalah tetap.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas
Keuntungan Investasi Emas

Masih banyak orang yang menganggap kalau investasi emas merupakan instrumen investasi tradisional. Banyak yang sering mempertanyakan, apakah jenis investasi ini masih tetap menguntungkan di era modern

Kapan pun Anda berinvestasi emas, tentu akan tetap memberikan keuntungan yang lumayan besar. Apalagi, emas sendiri mempunyai beberapa kelebihan yaitu:

  1. Mudah didapatkan dan dijual kembali.
  2. Cenderung naik setiap waktu. 
  3. Bisa dipakai sebagai jaminan.
  4. Fleksibel

Beberapa kelebihan di atas membuktikan bahwa di era modern seperti ini, emas masih cocok dijadikan instrumen investasi. Namun, perlu dilakukan beberapa langkah tepat agar Anda bisa memaksimalkan keuntungannya.

Baca Juga: Jenis Investasi Aman Anti Inflasi yang Bisa Kamu Coba Sekarang

Tips Sukses Investasi Emas

Tips Sukses Investasi Emas
Tips Sukses Investasi Emas

Jika diperhatikan sekilas, investasi emas ini dianggap mudah karena Anda hanya perlu membeli kemudian menyimpannya. Jika harganya naik atau ketika sedang membutuhkan dana, maka emas tersebut bisa langsung dijual. 

Namun rupanya, investasi emas tidak semudah itu. Harus ada beberapa hal yang diperhatikan agar keuntungan yang didapat dari investasi emas ini bisa maksimal. Berikut caranya.

1. Tentukan Jenis atau Bentuk Emas

Dalam investasi emas, ada beberapa jenis emas yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya adalah emas batangan, perhiasan, dan voucher

Setiap jenis investasi emas tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harga atau keuntungannya pun tergantung dari kisaran berat dan kadar karat emas tersebut. Namun yang paling penting adalah ketersediaan surat-surat atau sertifikat agar harganya tidak turun. 

2. Belilah di Tempat yang Terpercaya

Menentukan tempat yang cocok dan tepat dalam membeli emas harus diperhatikan juga. Pilihlah tempat beli emas yang terjamin keamanannya. Pastikan legalitas surat-surat emas tersebut asli dan yang pelayanannya terpercaya.

Biasanya toko emas hanya menyediakan dalam bentuk perhiasan, namun tak sedikit juga yang menjual emas batangan maupun logam mulia lain. 

Selain itu, memperhatikan kualitas dan kuantitas emas yang dijual setiap toko emas juga penting. Tentunya, hal ini ditujukan agar proses investasi bisa menghasilkan keuntungan yang baik untuk Anda nantinya.

3. Membeli di Waktu yang Tepat

Termasuk ke dalam cara klasik, namun cara ini sangat ampuh untuk memaksimalkan keuntungan nantinya. Pastikan Anda membeli dan menjual emas pada saat yang tepat. Misalnya, membeli emas ketika harga sedang murah atau turun. 

Ketika harga emas sudah naik dari harga beli, maka emas tersebut dapat dijual. Namun, perlu kesabaran yang cukup dalam melakukan hal tersebut. Sebab menjual emas di saat harga sedang naik/tinggi perlu waktu yang tidak sebentar.

4. Beli Emas Secara Konsisten

Untuk berinvestasi emas yang bisa menghasilkan banyak keuntungan, tentu jumlah emas yang dimiliki pun harus banyak. Dengan begitu, proses membelinya tidak bisa dilakukan hanya sekali atau dua kali saja. 

Buatlah jadwal pembelian secara berkala atau per periode. Misalnya, Anda membuat jadwal beli emas selama satu bulan sekali. Setiap kali sudah memasuki jadwal tersebut, belilah emas dan kumpulkan untuk investasi nantinya.

Investasi emas pun harus diberikan target. Hitung terlebih dahulu jumlah emas yang ingin dimiliki untuk investasi secara keseluruhan. Sehingga, saat pembelian bisa dicicil sesuai kemampuan.

Baca Juga: Mau Kaya Raya Meski Gaji UMR? Terapkan 7 Tips Investasi Saham Berikut Ini

Kelola Emas dengan Baik

Kelola Emas Dengan Baik
Kelola Emas Dengan Baik

Dalam berinvestasi emas yang tepat dan menguntungkan, tentu Anda harus cermat dalam memperhitungkan semua biaya. Masalah penyimpanan emas pun sebaiknya diperhatikan dengan teliti. Jika diperlukan, tidak ada salahnya menyimpan emas di Safe Deposit Box (SDB).

Jika masih bisa menyimpan sendiri di rumah, maka itu lebih baik karena tidak memerlukan biaya sewa lagi. Cukup simpan di dalam wadah atau brankas yang aman. Perhatikan juga perawatannya, agar emas yang dimiliki selalu berkualitas bagus.

Nah, itulah beberapa tips atau panduan mudah untuk melakukan investasi emas. Meskipun tergolong mudah, Anda juga harus tetap memperhatikan dan melakukan strategi yang tepat. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mendapatkan keuntungan sesuai harapan.