5 Pilihan yang Dapat Dilakukan Setelah Lulus

Ingin Masa Depan yang Lebih Cerah? Lakukan Salah Satu dari 5 Pilihan Ini Setelah Lulus

Posted by

Menjadi sarjana merupakan impian setiap mahasiswa dan mahasiswi yang menempuh pendidikan di universitas. Namun setelah euforia wisuda dan lulus kuliah telah habis, Anda perlu mengatur kembali rencana selanjutnya.

Setelah lulus, tidak semua orang akan langsung mendapatkan pekerjaan. Terutama di zaman sekarang ini, di mana persaingan semakin ketat sehingga mendapatkan pekerjaan pun semakin sulit.

Melihat keadaan seperti itu seringkali membuat Anda semakin bingung dalam menentukan pilihan yang paling tepat. Maka dari itu, berikut akan kami ulas 5 pilihan terbaik yang dapat dipertimbangkan setelah lulus kuliah.

5 Pilihan yang Dapat Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

5 Pilihan yang Dapat Dilakukan Setelah Lulus
5 Pilihan yang Dapat Dilakukan Setelah Lulus

1. Mencari Pekerjaan

Bagi Anda yang baru saja lulus kuliah, mencari dan berusaha mendapatkan pekerjaan adalah pilihan pertama yang dapat dilakukan.

Mungkin sebagian dari fresh graduates memiliki cita-cita untuk bekerja di perusahaan multinasional dan ternama. Dengan harapan gaji yang akan didapatkan berada di atas Upah Minimum Regional (UMR). Sehingga, gaji tersebut dapat membuat kehidupan menjadi lebih makmur dan sejahtera.

Tidak ada salahnya jika memiliki harapan dan cita-cita yang tinggi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba melamar kerja di perusahaan startup. Perusahaan yang masih berkembang biasanya akan memberikan banyak ilmu yang berguna bagi Anda. 

Skill yang semakin terasah akan menjadi bekal dan pengalaman untuk jenjang karir yang lebih baik.

2. Gap Year

Gap year adalah istilah yang disematkan pada para lulusan universitas yang telah melalui masa-masa sulit selama di bangku perkuliahan. Biasanya mereka belum memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ataupun mencari pekerjaan. Ya, seperti ingin beristirahat dahulu atau dengan kata lain menganggur.

Para lulusan kuliah yang memilih gap year, tetap bisa melakukan banyak hal di rumah. Seperti, mengikuti berbagai kursus keterampilan atau bahasa asing.  Beberapa pilihan kursus bahasa yang sedang digandrungi misalnya Bahasa Inggris, Jepang, dan Perancis.

Baca Juga: Dijamin Cepat Kaya! Coba Lakukan Pekerjaan Sampingan Ini

3. Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Berikutnya

Bagi para fresh graduate melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya juga dapat dijadikan pilihan. Selain memberikan ilmu dan gelar baru, melanjutkan pendidikan S2 hingga S3 dapat memberikan nilai tambah bagi Anda.

Rata-rata yang memilih pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya ini adalah orang yang ingin menjadi dosen atau pengajar.

4. Menjadi Pekerja Lepas Atau Freelancer

Sekarang ini, salah satu pekerjaan yang sedang digandrungi anak muda adalah freelancer. Freelancer atau pekerja lepas adalah seseorang yang bekerja secara mandiri tanpa ada perjanjian atau komitmen khusus yang mengikat. 

Waktu yang dimiliki seorang pekerja lepas tentu lebih fleksibel. Di mana Anda bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan atau pekerjaan utama (fulltime freelancer). 

Biasanya pekerjaan yang dilakukan oleh seorang freelancer dihitung berdasarkan project yang diterima. Dengan waktu pengerjaan mengikuti ketentuan dari owner project. Kerjasama yang dilakukan antara owner project dan pekerja biasanya bersifat jangka pendek dan menengah.

Project yang biasa dikerjakan, seperti jasa sebagai penulis artikel blog, SEO, desain grafis, pembuatan konten Instagram dan Facebook, dan jasa lainnya.

5. Menjadi Pengusaha

Pilihan yang satu ini merupakan pilihan bagi fresh graduate yang tidak ingin bekerja dengan orang lain dan ingin membuka usaha sendiri. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, tentu membuat usaha sendiri akan semakin mudah.

Ada berbagai macam pilihan yang dapat dilakukan. Mulai dari bisnis online, membuka franchise, hingga membangun perusahaan sendiri. Tidak perlu khawatir karena tidak semua bisnis dibangun dengan modal yang besar.

Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membangun startup atau perusahaan rintisan bersama teman-temannya. Dengan begitu, Anda juga dapat membuat lapangan pekerjaan baru dan membantu banyak orang yang belum memiliki pekerjaan.

Baca Juga: Ingin Usaha Waralaba? Terapkan Tips Berikut, Dijamin Berhasil

Buatlah Pilihan yang Matang 

Nah, itulah 5 pilihan terbaik yang bisa Anda pilih selepas lulus kuliah. Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Terutama bagi yang masih bingung dan bimbang dalam memilih langkah terbaik selanjutnya. 

Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan. Buatlah perencanaan yang matang agar tidak ada penyesalan nantinya. Semoga berguna!