Ingin Usaha Waralaba? Terapkan Tips Berikut, Dijamin Berhasil

Ingin Usaha Waralaba? Terapkan Tips Berikut, Dijamin Berhasil

Posted by

Bagi seseorang yang baru memulai sebuah bisnis, usaha waralaba merupakan pilihan yang tepat. Usaha franchise atau waralaba dianggap sebagai cara yang paling aman karena tidak perlu mempersiapkannya dari awal. 

Bahan, peralatan, hingga materi penjualan semua sudah disiapkan oleh sang pemilik waralaba. Sedangkan, yang Anda butuhkan hanyalah modal, tempat, dan strategi. Karena meski terlihat mudah, Anda juga perlu berusaha agar bisnis yang dimiliki terus berkembang. 

Tetapi, tidak sedikit orang yang masih bingung harus memulai dari mana. Maka dari itu, berikut akan kami ulas 6 tips yang bisa Anda aplikasikan agar sukses menjalani usaha waralaba. 

Baca Juga: Buang Jauh 3 Pikiran Berikut agar Kamu Segera Bisa Membangun Bisnis yang Sukses

6 Tips Sukses Berbisnis Waralaba

Tips Sukses Bisnis Waralaba
Tips Sukses Bisnis Waralaba

1. Pilih Bisnis yang Tepat

Berbisnis itu sama seperti menggeluti hobi, jika Anda tidak menyukai dan memahaminya maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan maksimal. 

Hal itu juga berlaku bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise. Sebelum benar-benar memutuskan jenis dan merek apa yang akan dipilih, carilah informasi sebanyak-banyaknya.

Lihat keahlian apa yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis tersebut. Meskipun akan mendapatkan pelatihan dasar sebelum membuka sebuah usaha waralaba, tetap harus disesuaikan dengan ketertarikan dan kemampuan Anda.

2. Memilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis akan menjadi poin penting ketika Anda memulai bisnis, termasuk franchise / waralaba. Merek yang Anda bawa mungkin sudah terkenal, namun jika memilih tempat yang salah bukan tidak mungkin usaha tersebut malah tak berkembang.

Usahakan bisnis Anda berada di tempat yang mudah ditemui dan dilewati oleh banyak orang. Cara ini cukup efektif dalam menjaring lebih banyak konsumen dan memperluas cakupan bisnis Anda.

3. Mengikuti Sistem Yang Dibuat Pemilik Waralaba

Sebagian besar orang memilih bisnis franchise karena merek yang sudah dikenal dan rekam jejak penjualan yang sudah terbukti baik. Pemilik waralaba pun pasti memberikan panduan dan pelatihan untuk mengembangkan mereknya.

Panduan dan pelatihan tersebut tentunya telah lulus uji karena telah diaplikasikan pada bisnis utamanya. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengikuti sistem yang diberikan tersebut untuk mendapatkan kesuksesan yang sama bahkan lebih.

4. Menetapkan Tujuan dan Miliki Perencanaan Bisnis

Walaupun mengikuti sistem yang telah diberikan oleh pemilik waralaba, tidak ada salahnya jika melakukan sedikit modifikasi.

Lalu tentukan goals atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Modifikasi dapat dilakukan melalui beberapa uji coba. Seperti menambahkan sesuatu yang menarik atau mengurangi apa yang dirasa kurang perlu.

5. Tingkatkan Pemasaran

Meski telah memiliki “nama”, pemasaran tetap menjadi hal utama terutama bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis.Tidak peduli apa yang dijual atau di mana Anda berada, pemasaran akan membantu Anda menarik konsumen.

Meski sudah mendapatkan bahan promosi secara menyeluruh untuk usaha waralaba Anda, bukan tidak mungkin target market Anda menginginkan sentuhan yang berbeda.

Mungkin banyak orang merasa bahwa pemasaran secara online bisa diterima dan mendapatkan hasil positif dari banyak orang. Tetapi, jika hal tersebut tidak terlalu efektif untuk target market Anda, maka tidak ada salahnya jika mencoba cara-cara tradisional kembali.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu karakteristik dari target market yang dimiliki.

6. Meningkatkan Layanan Konsumen

Konsumen adalah raja, sebuah ungkapan yang tidak asing lagi di telinga kita. Maka pelayanan konsumen pun harus terus diperhatikan dan ditingkatkan.

Tidak harus dengan memberikan diskon, promo, ataupun voucher besar-besaran. Cukup berikan sambutan dan senyuman terbaik ketika konsumen berkunjung atau membeli produk Anda. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan layanan konsumen.

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Waralaba? Berikut Keuntungan dan Kerugian yang Wajib Diketahui

Usaha Waralaba yang Menjanjikan

Selain tips-tips di atas, Anda juga masih mempunyai kewajiban untuk mengelola manajemen bisnis khususnya keuangan.

Ingatlah bahwa Anda masih pemula dan belum memiliki banyak pengalaman berbisnis. Panduan dan dukungan dari pemilik waralaba masih sangat diperlukan agar bisnis yang dijalani bisa berhasil.

Dengan Anda menjalankan 6 tips di atas, maka tingkat keberhasilan dan kesuksesan saat menjalankan bisnis franchise akan menjadi lebih tinggi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat dijadikan bahan referensi untuk Anda.

Selamat mencoba!