Tidak Pernah Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Kesuksesan Anda!

Tidak Pernah Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Kesuksesan Anda!

Posted by

Memasuki dunia kerja adalah hal umum yang pastinya akan dialami oleh hampir semua orang. Setelah menyelesaikan pendidikan, maka dunia kerja adalah dunia baru yang akan ditemui nantinya. Bahkan, orang-orang rela kesana-kemari untuk mencari pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kemampuannya.

Bekerja, Keharusan atau Kebutuhan?

Sering terbesit dalam benak ketika banyak orang yang mati-matian mencari kerja. Lantas, apakah bekerja merupakan hal yang sangat krusial sehingga dibela dan dicari keberadaannya? Sebagai manusia, tentu bekerja adalah jalan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup.

Tidak bisa dipungkiri, setiap kebutuhan bisa didapat dari hasil pekerjaan yang ditekuni. Sayangnya, tidak semua orang sukses di dunia kerja karena beberapa hal atau kebiasaan buruk yang menghambat kesuksesannya. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut?

1. Tidak Disiplin Waktu

Tidak Disiplin Waktu
Tidak Disiplin Waktu

Ketika sudah memasuki dunia kerja, beberapa kebiasaan yang dimiliki harus disesuaikan dengan budaya tempat Anda bekerja. Salah satunya perihal waktu dan kebiasaan yang mengharuskan untuk tepat waktu. Bagaimana tidak, kedisiplinan memegang peranan penting untuk melatih diri agar bisa menepati janji.

Kebiasaan buruk yang seringkali memengaruhi sukses atau tidaknya seseorang saat bekerja adalah kurangnya kepekaan dan kesadaran akan waktu. Saat ini, masih banyak ditemukan para pegawai yang datang terlambat ke kantor, tugas dan kerjaan tidak diselesaikan tepat waktu, bahkan saat meeting sekalipun harus datang terlambat.

Disiplin adalah komitmen dan kunci bahwa Anda benar-benar serius dalam bekerja. Saat tidak tepat waktu, secara tidak langsung Anda sudah ingkar terhadap komitmen pekerjaan. Tentunya jika hal tersebut dibiarkan, bahkan dibiasakan, akan berdampak buruk pada kesuksesan kerja Anda nantinya.

2. Memilih-Milih Teman dan Pergaulan

Memilih-Milih Teman
Memilih-Milih Teman

Selektif dalam memilih teman atau pergaulan memang perlu. Hal ini demi menyaring pergaulan mana yang tepat dan bisa berdampak positif pada diri. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika Anda sudah memasuki dunia kerja.

Dalam dunia kerja, antara satu pegawai dengan pegawai lainnya adalah sebuah tim. Setiap tim tentunya harus bisa saling berkoordinasi dan bekerjasama tanpa harus memerhatikan teman dekat atau bukan. Kebiasaan memilih teman saat ada di dunia kerja sangat tidak disarankan karena membuat Anda kurang bereksplorasi.

Justru saat Anda mencari banyak teman di dunia kerja, bahkan berbaur dengan siapa saja, bisa memudahkan kelancaran karir nantinya. Selain untuk media diskusi bersama, bisa juga untuk menambah relasi, bukan? Asalkan Anda bisa menyaring dan tidak mengikuti hal negatif yang dilakukan oleh teman tersebut.

Baca Juga: Hindari 3 Hal Sederhana ini Jika Kamu Ingin Hidup Sukses

3. Kurang Koordinasi dan Komunikasi

Kurangnya Komunikasi
Kurangnya Komunikasi

Koordinasi dan komunikasi adalah kunci seseorang bisa mendapatkan kesuksesan di dunia kerja. Pasalnya, ketika komunikasi terjalin dengan baik khususnya ke sesama rekan kerja, dapat meminimalisir kemungkinan miss communication

Dari segi psikis pun bisa membuat diri jadi lebih nyaman dan bahagia, sehingga bisa dijadikan mood booster pekerjaan. Karena seringkali ditemukan para pekerja yang sama sekali tidak saling berkomunikasi jika bukan pada keadaan mendesak. 

Sifat egois, tidak saling terbuka, hingga sikap apatis terhadap rekan kerja justru membuat kesuksesan sulit didapat. Kadang kurangnya komunikasi pun akan berdampak pada banyaknya masalah yang sulit dipecahkan.

Sebagai pekerja, rajin berkomunikasi dengan sesama serta mengkoordinasikan setiap hal dengan rekan kerja adalah kunci menjalin hubungan baik. Selain itu,  rajin beradu pendapat juga dapat membuat kita nyaman dan lebih kritis. Dari kenyamanan itulah yang bisa membuat semangat bekerja jadi lebih tinggi, tingkat produktivitas kerja pun semakin meningkat.

4. Tidak Fokus pada Pekerjaan

Tidak Fokus
Tidak Fokus

Bingung dan merasa tertekan saat pekerjaan tak kunjung selesai? Atau diri merasa sulit mengerjakan setiap tugas yang diberikan atasan dan revisi selalu ada setiap waktu? Banyak orang yang sudah bekerja mengalami hal tersebut sehingga pekerjaan terbengkalai begitu saja.

Rupanya, salah satu penyebab hal itu terjadi adalah diri yang tidak fokus pada setiap apa yang dikerjakan. Sebagai pekerja, tentu kita akan dituntut untuk profesional. Di mana membutuhkan fokus yang lebih dalam melakukan apapun. 

Saat diri tidak fokus, pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik dapat memicu masalah di kemudian hari. Sebanyak apapun masalah yang terjadi, misalnya saja masalah di luar kantor, sebisa mungkin kita harus mengelolanya dengan baik. 

Pengelolaan ini berlaku pada pengelolaan emosi, cara bersikap saat ada masalah, dan cara berkomunikasi. Meskipun banyak masalah yang dihadapi, namun profesionalitas harus tetap dijaga agar tetap fokus dan tidak berdampak buruk pada pekerjaan Anda.

Baca Juga: Ingin Cepat Sukses dan Lebih Happy Saat Bekerja? Jangan Lupakan 2 Hal Penting Ini

Selalu Berpikir dan Bertindak Positif Saat Bekerja

Bagaimanapun, kunci kesuksesan dalam bekerja adalah selalu ingat saat awal melamar pekerjaan. Ada tekad kuat dalam diri yang mendorong Anda untuk bisa bekerja maksimal di perusahaan yang diincar dan tidak menyia-nyiakannya begitu saja.

Banyak cara yang bisa membuat Anda sukses dengan cepat di dunia kerja. Namun, banyak juga cara yang bisa menghancurkan dengan mudah pekerjaan Anda. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menghambat kesuksesan, tentu harus dihilangkan segera. 

Mulailah untuk bekerja dengan fokus, jalin koordinasi dan kerjasama dengan semua rekan kerja, disiplin serta bertindak profesional dalam hal apapun, serta berbaur dengan semua orang adalah kunci kesuksesan di dunia kerja. 

Biasakan diri untuk berpikir positif dan bertindak secara bijak. Dengan begitu, cepat atau lambat, kesuksesan sudah menanti di depan mata Anda.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.