Mau Investasi Online Jangka Pendek? Begini Tips Mudahnya untuk Pemula

Mau Investasi Online Jangka Pendek? Begini Tips Mudahnya untuk Pemula

Posted by

Kekhawatiran akan kondisi keuangan di masa depan, membuat banyak masyarakat semakin sadar akan pentingnya investasi. Seperti yang kita ketahui, investasi bisa memberikan keuntungan di masa mendatang. 

Terlebih jenis investasi yang fleksibel semakin memudahkan Anda karena bisa memilih waktunya. Baik jangka panjang maupun pendek.

Tips Investasi Online Jangka Pendek

Tips Memulai Investasi Bagi Pemula
Tips Memulai Investasi Bagi Pemula

Maraknya dunia digital, menjadikan sisi kehidupan berpindah haluan menjadi serba online. Begitu pun dengan investasi yang saat ini bisa dilakukan secara online tanpa harus pusing menyimpan atau mencari tempat yang mau menerima investasi. Tentunya hal tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku investasi.

Salah satu investasi yang banyak digandrungi, khususnya bagi para pemula adalah investasi online jangka pendek. Investasi ini dipersiapkan bagi Anda yang ingin mempersiapkan kebutuhan materiil untuk rentang 5 sampai 10 tahun ke depan. 

Namun, banyak orang yang masih kebingungan dalam memulai investasi. Lantas, bagaimana cara agar kita bisa berinvestasi online jangka pendek dengan mudah meskipun masih pemula? Berikut Tipsnya!

Baca Juga: Jenis Investasi Aman Anti Inflasi yang Bisa Kamu Coba Sekarang

1. Tentukan Tujuan dan Niat Investasi

Seringkali timbul pertanyaan, apa yang harus dilakukan pertama kali saat ingin berinvestasi? Maka jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah menentukan apa tujuan dan niat Anda melakukan investasi. 

Tentunya tidak mungkin Anda berinvestasi tanpa tahu apa maksud dan tujuan melakukannya. Penting sekali diperhatikan, bahwa tujuan investasi adalah hasil akhir yang ingin didapatkan nantinya. Atau, tujuan akhir yang akan Anda tuju nantinya. 

Jika sudah jelas, tentu kendaraan, arah, hingga proses yang dilakukan pun akan sama jelasnya dalam mencapai tujuan Anda.

Maka dari itu, sebelum memulai investasi, pastikan terlebih dahulu apa tujuan Anda. Apakah tujuannya untuk memenuhi kebutuhan di masa depan seperti membeli mobil, rumah atau tabungan masa tua? Atau memang hanya untuk jangka pendek seperti untuk berlibur?

2. Buat Pengelolaan Finansial yang Baik

Salah satu syarat Anda bisa berinvestasi dengan mudah dan lancar, adalah adanya kondisi finansial yang baik. Akan sulit jadinya jika Anda melakukan investasi sementara keadaan bahkan pengelolaan finansial belum baik. 

Investasi dapat berjalan dengan baik ketika Anda fokus pada pembiayaan kebutuhan prioritas di setiap harinya. Mengesampingkan kebutuhan penunjang atau keinginan dan ego semata. Untuk memaksimalkannya, buat investasi sebagai kebutuhan prioritas sehingga pembiayaannya lebih diutamakan.

Untuk mengelola keuangan dengan baik, perlu adanya rencana dan rincian pembiayaan yang dibuat setiap bulan atau secara berkala. Sesuaikan dengan pendapatan yang Anda miliki setiap bulan, hitung bagaimana anggaran pengeluaran pokok dan lain sebagainya secara mendetail. Semakin bagus pengelolaan finansial, semakin maksimal juga hasil akhir investasi yang didapatkan.

3. Pilih Jenis Instrumen Investasi yang Tepat

Perlu diketahui, baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang memiliki jenis instrumentalnya tersendiri. Untuk investasi online jangka pendek, setidaknya ada 3 instrumental yang dapat Anda pilih yaitu:

  1. Investasi online reksa dana
  2. investasi jenis peer-to-peer (P2P) lending
  3. Investasi emas secara online

Beberapa investasi online jangka pendek tersebut mempunyai syarat dan ketentuan masing-masing.  Jika memang Anda ingin berinvestasi dengan modal kecil saja, maka reksa dana bisa dijadikan pilihan.  

Namun, jika memang ada modal yang cukup besar, tidak ada salahnya coba investasi emas atau P2P agar hasilnya lebih maksimal.

Apapun jenis instrumen investasi yang dipilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksakan memilih investasi dengan modal besar jika belum sebanding dengan pendapatan.

4. Buat Komitmen dan Kesepakatan

Jika beberapa hal tersebut sudah Anda lakukan, waktunya untuk membangun komitmen dengan diri sendiri. Komitmen diperlukan agar Anda serius dan tidak main-main dalam melakukan investasi.

Ketika komitmen dibuat dengan tegas, maka secara langsung Anda akan tergerak mengusahakan apa yang sudah disepakati. Hal-hal yang perlu disepakati pun cukup banyak, salah satunya perihal modal atau pembiayaan investasi yang akan dikeluarkan. Maksimalkan komitmen dengan tidak melanggarnya sedikitpun.

Komitmen ini membantu Anda dalam melakukan investasi secara terarah dan berpondasi kuat. Lakukan juga investasi secara konsisten, jangan hanya menggebu di awal, sementara lambat laun malah tidak lagi dilakukan. Bukannya malah untung, tetapi buntung.

Baca Juga: Mau Kaya Raya Meski Gaji UMR? Terapkan 7 Tips Investasi Saham Berikut Ini

Maksimalkan Investasi

Ketika sudah berencana untuk melakukan investasi, maka otomatis kita harus memaksimalkan semuanya. Lakukan apa yang sudah direncanakan dengan benar-benar dan optimal. Jangan sampai, proses investasi Anda berakhir di pertengahan jalan sebelum mencapai tujuan.

Yang paling penting, bijaklah dalam menyikapi dan mengelola keuangan Anda. Investasi tidak akan memberikan keuntungan dalam waktu sekejap. 

Dengan beberapa tips untuk memulai investasi online tersebut, akan semakin memberikan gambaran bagi Anda. Meskipun sebagai pemula, investasi bisa dilakukan dengan lancar jika memerhatikan berbagai hal penting dan mengusahakannya secara maksimal.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.