Beragam Tips Dalam Memilih Pinjaman Yang Tepat

Berencana Pinjam Uang? Begini Cara Memilih Pinjaman Agar Tidak Menyesal

Posted by

Dalam kehidupan terdapat tiga kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Mulai dari sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan tersebut seringkali disatukan dengan pola gaya hidup yang tinggi. 

Harga berbagai produk barang dan jasa yang tidaklah murah tentu membuat Anda perlu memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun keluarga.

Namun, seringkali keadaan yang memaksa kita untuk mendapatkan uang dalam waktu cepat. Salah satu jalan mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan mencari pinjaman.

Saat ini, Anda akan sangat mudah mencari pinjaman. Selain mencarinya dari sanak saudara, Anda juga dapat menemukan pinjaman dana online dengan proses yang juga cepat.

Berikut akan kami ulas beberapa tips dalam memilih pinjaman yang tepat, agar tidak salah langkah.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Pinjaman Bagi Anda Yang Butuh Uang

5 Tips Memilih Pinjaman yang Tepat 

Beragam Tips Dalam Memilih Pinjaman Yang Tepat
Beragam Tips Dalam Memilih Pinjaman Yang Tepat

1. Pilih Sesuai Jenis Penggunaan

Pinjaman juga dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu untuk keperluan pribadi hingga investasi. Beberapa jenis pinjaman yang biasa digunakan oleh banyak orang:

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  • Kredit Kendaraan
  • Kredit Multiguna.

Maka dari itu, Anda dapat mengajukan pinjaman yang disesuaikan dengan kegunaannya.

2. Pilih Saat Membutuhkan Modal Usaha

Jika Anda ingin mendirikan usaha, tentu membutuhkan banyak dana untuk dijadikan modal. Modal yang tinggi seringkali menjadi hambatan, padahal sebenarnya masih banyak jalan lain untuk memenuhi dana yang diperlukan.

Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengajukan pinjaman yang didasarkan atas keperluan usaha.

Salah satunya adalah kredit modal usaha lebih terfokus untuk mendukung kemajuan usaha nasabah, baik pengusaha kecil, maupun menengah yang memiliki keinginan membuat atau mengembangkan sebuah usaha.

Seperti yang kita tahu, jika dalam membangun sebuah usaha, modal merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi oleh si pemilik usaha. Tanpa adanya modal yang cukup, sebuah bisnis dapat berkembang dengan baik. Karena dalam membangun sebuah usaha akan ada banyak pengeluaran dan pekerjaan yang harus dilakukan agar usaha bisa semakin maju.

3. Pilih Saat Ada Kebutuhan Mendesak

Beberapa dari Anda mungkin harus menghadapi kebutuhan mendesak yang memerlukan biaya tambahan. Tanpa ada persiapan, biaya yang harus dikeluarkan lebih besar dibandingkan dana yang tersedia.

Saat berada pada kondisi tersebut, mencari pinjaman merupakan salah satu jalan keluar paling cepat. Jika Anda memiliki barang berharga seperti emas, menggadaikannya terlebih dahulu bisa menjadi jalan keluar pertama.

Namun, saat tidak memiliki barang-barang tersebut, solusi lainnya adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman online. Prosesnya yang cepat dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dengan cepat.

4. Pilih Berdasarkan Jangka Waktu atau Tenor Pinjaman

Produk pinjaman umumnya dibedakan berdasarkan jangka waktu. Pertama, ada jenis pinjaman dengan jangka pendek yang biasanya memiliki tenor kurang dari setahun.

Selain itu ada pinjaman dengan jangka menengah yang biasanya memiliki tenor 1-3 tahun, serta pinjaman jangka panjang yang periode pengembaliannya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun.

Bila Anda memiliki kebutuhan pinjaman yang cenderung tidak terlalu tinggi, sebaiknya Anda memilih pinjaman jangka pendek agar masa pengembaliannya pun lebih cepat. Jika terjadi hal sebaliknya, lebih baik memilih pinjaman jangka panjang dengan tenor yang lebih lama.

5. Pilih Pinjaman dengan Bunga Ringan dan Terpercaya

Pilihlah Pinjaman dari Bank atau platform pinjaman Online yang terpercaya. Pastikan juga Bank maupun platform pinjaman online tersebut harus sudah terdaftar di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika sudah memilih bank atau platform pinjaman online mana saja yang terpercaya. Ada baiknya Anda melakukan perbandingan bunga pinjamannya terlebih dahulu.

Pilihlah pinjaman dengan bunga ringan atau kompetitif. Lakukan perhitungan agar cicilan pinjaman tersebut tidak memberatkan Anda. Jangan sampai karena membutuhkan dana cepat, Anda mengambil keputusan yang salah. Tetaplah bijak dalam memilih pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman di Indodana dengan Benar

Jangan Sampai Salah Memilih Pinjaman

Itulah penjelasan mengenai tips memilih pinjaman yang tepat, pilihlah tergantung kebutuhan dan keperluan Anda saat ini. Semoga tulisan di atas dapat dijadikan bahan referensi untuk Anda. Selamat mencoba!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.