5 Tips Move On Pasca PHK

Jangan Takut! Berikut Cara Cepat Sukses Setelah di-PHK

Posted by

Pemutusan Hak Kerja atau PHK merupakan suatu momok menakutkan bagi sebagian besar pekerja, baik bagi yang sudah bekerja lama di sebuah perusahaan maupun para pekerja baru.

Bagi para pekerja yang terkena imbas PHK, sebaiknya Anda jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Apalagi jika telah berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Saat terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK, mau tak mau Anda harus berlapang dada dan siap menghadapi situasi yang tak menyenangkan tersebut dengan berpikir positif sekaligus meyakinkan diri sendiri. Sehingga, Anda tetap mampu kembali berkarya. 

Jika saat ini Anda baru saja terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK, berikut akan kami ulas 5 tips move on dari PHK. 

Tips Cepat Move On Setelah di-PHK

Tips Sukses setelah di-PHK
Tips Sukses setelah di-PHK

1. Buka Usaha Atau Bisnis Sendiri Dari Uang Pesangon

Setiap karyawan yang terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK, akan diberikan uang pesangon dari perusahaannya. Sehingga, Anda harus bijak dalam menggunakan uang pesangon.

Keputusan yang dilakukan dalam memanfaatkan uang pesangon, akan mempengaruhi kehidupan Anda di kemudian hari. Pastikan uang tersebut bermanfaat untuk pengembangan diri Anda.

Uang pesangon yang diberikan dapat digunakan sebagai dana cadangan sembari menunggu pekerjaan baru. Akan lebih baik jika Anda memanfaatkannya untuk membuat bisnis kecil-kecilan dan memiliki prospek yang baik kedepannya.

Saat ini, banyak ide bisnis dengan modal kecil namun menjanjikan. Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda perlu membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Bisnis yang Selalu Didatangi Pembeli Setiap Hari

2. Menerima Keadaan dan Kembali Bangkit

Sikap menerima kondisi terburuk dalam karir atau pekerjaan akan memudahkan Anda bangkit dari keadaan sulit ini. Pahamilah, sebagai seorang karyawan, tentu tidak memiliki wewenang untuk mempertahankan posisi.

Keputusan perusahaan untuk memangkas jumlah karyawan tentu dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk di dalamnya motivasi politik dari orang-orang yang memiliki  kekuasaan. Saat perusahaan melakukan PHK, Anda perlu untuk lebih berlapang dada.

Berikan waktu dan perhatian untuk diri sendiri, lalu lanjutkan hidup Anda. Anda masih memiliki aset-aset berharga yaitu kemampuan, pengetahuan, dan talenta. Dengan aset-aset penting inilah, peluang lain yang lebih baik bisa Anda dapatkan.

Kemampuan, pengalaman, pengetahuan, etos kerja, dan integritas menjadi kekuatan diri Anda untuk mendapatkan lingkungan kerja yang lebih bernilai. Percayalah, bahwa jika Anda melakukannya dengan tulus, akan ada reward yang akan diterima.

3. Temukan Kembali Passion Anda

Setiap orang pasti memiliki passion. Sama halnya dengan Anda yang meski kini sedang di-PHK. Dengan mengasah passion yang dimiliki, semangat Anda akan kembali hadir.

Bahkan mungkin saja hal-hal menyenangkan saat meningkatkan passion ini tidak dapat dirasakan ketika masih bekerja. Nah, tidak semua berakhir buruk setelah terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK. 

Semua pasti ada hikmahnya, termasuk kesempatan untuk meningkatkan passion. Jika Anda semakin mengenal dan terus mengasah passion, bukan tidak mungkin karir yang lebih baik akan menunggu di depan.

4. Tidak Biarkan Ketakutan Selalu Menghantui

Ketakutan tentu akan dirasakan oleh sebagian besar orang yang terkena imbas PHK. Seperti, ketakutan soal bagaimana Anda bisa mendapat penghasilan lagi, bagaimana dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Tapi jangan biarkan ketakutan-ketakutan tersebut menguasai Anda. Jika Anda dikuasai rasa takut atau khawatir, justru akan sulit untuk berpikir jernih dalam memutuskan segala sesuatu.

5. Waktunya Mengatur Kembali Kehidupan Personal dan Karir

Anda bisa memanfaatkan peluang emas ini untuk menata kembali masa depan. Untuk memotivasi diri, visualisasikan kehidupan yang diinginkan.

Dengan begitu Anda akan terdorong untuk menyusun rencana dan target hidup sesuai keinginan. Segalanya akan menjadi mungkin. Kejar apa yang menjadi cita-cita dalam hidup Anda.

Anda tengah diberikan waktu dan kesempatan untuk meningkatkan kembali kualitas kehidupan personal, hubungan dengan keluarga, dan juga karir kedepannya. Sehingga kehidupan personal dan karir Anda akan menjadi lebih baik kedepannya. 

Baca Juga: Atasan Kamu di Kantor Galak? Ini 6 Cara Sederhana untuk Menghadapinya

Jangan Berlarut Dalam Keterpurukan

Nah, itulah 5 tips move on pasca terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK. Intinya Anda jangan cepat berputus asa dan menyalahkan diri sendiri maupun orang lain. 

Semoga penjelasan di atas dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba ya dan tetap semangat!