financial freedom

Stop Pikirin Uang! Ini Cara Cepat Menjadi Mapan

Posted by

Financial freedom atau kebebasan keuangan akan berhasil dicapai ketika penghasilan pasif Anda sudah mampu atau melebihi dari jumlah pengeluaran Anda setiap bulannya.

Penghasilan pasif adalah penghasilan yang didapat tanpa perlu bekerja, seperti penghasilan dari mengontrakkan atau menyewakan rumah, deviden dari saham, SHU dari koperasi, bunga deposito, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya semua orang ingin mencapai financial freedom, tetapi cara untuk mencapainya yang masih belum banyak dipahami. Ada 9 tips agar Anda berhasil mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Berikut ulasannya.

9 Tips agar Segera Mencapai Financial Freedom

9 Tips agar Mencapai Financial Freedom
9 Tips agar Mencapai Financial Freedom

1. Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup sederhana berarti tidak berlebihan dan apa adanya di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu hidup bermewah-mewah agar tampak seperti orang yang memiliki banyak uang, sehingga Anda pun bisa berhemat.

Sebaiknya Anda juga lebih bijak dalam membedakan apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang hanya sekadar keinginan. Sehingga, Anda mampu menabung dan menekan pengeluaran.

Baca Juga: Keuangan Mendadak Bocor? Mungkin Kamu Lupa Perhitungkan 5 Hal Ini

2. Disiplin Dalam Menabung

Jadikanlah kegiatan menabung tersebut sebagai kebiasaan sehingga membentuk kebiasaan yang baik. Disiplin dalam menabung wajib mulai dipraktikkan.

Jika Anda masih merasa berat dan belum terbiasa, sebaiknya selalu sisihkan 10% dari penghasilan Anda di awal, bukan menunggu sisa di akhir.

3. Bijak Dalam Kelola Hutang

Jangan asal menggunakan fasilitas kemudahan dalam berhutang atau mendapat pinjaman hanya untuk keperluan konsumtif saja. Pada akhirnya hal tersebut akan menyebabkan kesulitan tersendiri di kemudian hari.

Jika Anda terpaksa harus berhutang, sebaiknya hutang tersebut digunakan untuk hutang yang positif. Seperti, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit ruko untuk disewakan kembali, bahkan untuk membuka atau melanjutkan usaha sendiri, dan sebagainya.

4. Memiliki Tabungan Dana Darurat

Tabungan dana darurat akan berguna ketika ada kebutuhan yang mendesak untuk diselesaikan. Sebaiknya Anda menentukan nominalnya sebesar 3 hingga 6 kali penghasilan bulanan di dalam akun atau rekening khusus.

Rekening khusus ini tidak digabungkan dengan rekening yang biasanya digunakan. Jadi, lebih baik Anda memiliki rekening tabungan lebih dari 1.

Hal tersebut bertujuan agar uang yang terdapat pada tabungan khusus hanya diperuntukkan dan dipergunakan sebagai tabungan darurat. Misalnya, Anda memerlukan uang di keadaan darurat dan uang yang tersisa tidak cukup untuk menutupinya. 

Jika terjadi hal tersebut, tabungan darurat dapat digunakan.

5. Memiliki Dana Cadangan

Memiliki dana cadangan berarti Anda mulai untuk mengantisipasi ketika terjadi sesuatu hal yang menyebabkan kita kehilangan pendapatan rutin bulanan seperti terkena Pemutusan Hak Kerja atau PHK. Besarnya dana cadangan menurut para pakar keuangan adalah sebesar 6 hingga 12 kali penghasilan bulanan.

6. Membuka Kran-Kran Keuangan

Membuka banyak kran keuangan sangat diperlukan guna menambah penghasilan bulanan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Hal ini sangat diperlukan apalagi jika telah berkeluarga dan memiliki tanggungan. 

Semangat dan kreativitas sangat membantu Anda untuk mulai mencari dan membuka usaha atau peluang baru yang dapat menghasilkan keuntungan. Seperti bisnis online, menjadi reseller, dan lain sebagainya.

7. Memulai Berinvestasi

Berinvestasi menjadi salah satu cara untuk mengembangkan aset keuangan Anda agar terus bertambah dan menghasilkan keuntungan. Aset keuangan yang dimaksud banyak jenisnya.

Beragam jenis investasi ditawarkan oleh lembaga-lembaga keuangan di berbagai media. Sebaiknya, pilih dan pelajari terlebih dahulu jenis investasi yang mana yang aman dan cocok untuk Anda.

Contoh investasi yang dimaksud seperti deposito, saham, reksadana, Surat Utang Negara (SUN), sukuk, obligasi, dan lain sebagainya. 

Namun, Anda jangan mudah tergoda dengan berbagai tawaran keuntungan investasi. Rata-rata keuntungan berinvestasi berkisar 15% per tahun. 

Jika ada tawaran keuntungan berinvestasi lebih dari 20% per tahun, sebaiknya langsung tinggalkan saja. Hal itu untuk menghindari adanya penipuan dalam berinvestasi.

8. Memperbanyak Penghasilan Pasif

Mulai dari sekarang Anda perlu untuk memperbanyak penghasilan pasif yang dapat dimulai sejak dini. Jadi ketika masa pensiun telah tiba, Anda akan menjadi lebih siap menghadapinya dan tidak khawatir akan masalah keuangan.

Baca Juga: Jurus-Jurus Cerdas Atur Keuangan Keluarga agar Semakin Makmur

9. Ikhlas Dalam Berbagi

Tidak semua orang akan mendapat kesempatan dan kemampuan yang sama. Berbagi dengan sesama melalui sedekah dalam setiap rezeki yang didapatkan.

Untuk itu mulailah Anda untuk berbagi dengan ikhlas kepada sesama dan lebih berempati kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan. Dengan berbagi, kebaikan akan berbalik kepada Anda.

Jalan Anda untuk Mencapai Financial Freedom Sangat Mudah Dicapai

Itulah 9 tips agar mencapai financial freedom. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat dijadikan bahan referensi untuk Anda. 

Selamat mencoba!