Cegah Penipuan yang Mengatasnamakan Indodana

Cegah Penipuan yang Mengatasnamakan Indodana

Posted by

Maraknya kasus penipuan pinjaman online, seringkali membuat Anda semakin was-was. Modus yang dilakukan pun beraneka ragam mulai dari meminta informasi kode OTP, meminta uang muka, hingga membuat akun tiruan. 

Akhir-akhir ini juga banyak terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan Indodana. Untuk mencegah terulangnya hal tersebut, berikut akan Kami ulas beberapa cara agar terhindar dari penipuan saat mengajukan pinjaman di Indodana.

3 Cara Mencegah Penipuan Saat Mengajukan Pinjaman di Indodana

1. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Informasi pribadi merupakan hal penting dan harus dirahasiakan. Jangan pernah sembarangan memberikan informasi pribadi kepada siapapun di luar aplikasi Indodana. Data pribadi yang dimaksud antara lain seperti foto KTP hingga foto selfie Anda. 

2. Jaga Kerahasiaan Kode Verifikasi

Jangan memberikan kode verifikasi atau OTP yang masuk melalui SMS kepada siapapun.

3. Lindungi Data Pribadi Anda

Jangan pernah mempublikasikan data pribadi Anda di kolom komentar media sosial.

Agar semakin terhindar dari bahaya penipuan. Anda juga perlu mengenali terlebih dahulu ciri-ciri akun palsu yang dapat membuat tertipu. 

Baca Juga: Tips Mudah Ajukan Pinjaman yang Justru Kerap Diabaikan

Ciri-Ciri Akun Palsu yang Dapat Menipu Anda

Akun Palsu Indodana
Akun Palsu Indodana

1. Akun Media Sosial yang Belum Terverifikasi

Akun media sosial Instagram dan Facebook yang digunakan belum terverifikasi atau centang biru. Sedangkan, akun media sosial Indodana yang asli sudah terverifikasi dan ada centang birunya.

2. Mengirimkan Pesan Informasi/Tawaran Menggunakan Nomor Pribadi

Mengirimkan pesan berisikan informasi atau tawaran pinjaman melalui Whatsapp maupun SMS menggunakan nomor pribadi. Abaikan saja jika Anda menerima pesan tersebut.

3. Meminta Kode OTP

Biasanya, akun palsu yang bertujuan menipu sering meminta Anda untuk mengirimkan kode OTP yang masuk melalui SMS. Jangan pernah memberikan kode OTP atau verifikasi kepada siapapun karena merupakan kode yang perlu dirahasiakan.

4. Menggunakan Rekening atas Nama Orang Lain

Akun palsu biasanya menggunakan nomor rekening atas nama orang lain (berbeda) sebagai tujuan pembayaran.

5. Persyaratan Uang Muka

Meminta sejumlah uang sebagai persyaratan uang muka untuk mengajukan pinjaman. Jangan pernah memberikan uang muka berapapun nominalnya.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Pinjaman Bagi Anda Yang Butuh Uang

Hal Penting yang Wajib Anda Ingat!

Saat mengajukan pinjaman, Indodana tidak pernah meminta biaya admin atau uang muka sedikitpun. Sehingga, jangan pernah memberikan uang muka kepada siapapun.

Saat tanggal jatuh tempo, pembayaran tagihan Indodana hanya dilakukan melalui Virtual Account atau Kode Pembayaran yang hanya tertera di aplikasi. 

Jangan lupa untuk selalu mengingat bahwa semua akun resmi media sosial Indodana sudah terverifikasi atau bercentang biru. 

Segala risiko atas adanya tindakan penipuan dikarenakan kesalahan maupun kekeliruan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak akan menjadi tanggung jawab pihak Indodana. 

Berikut daftar akun resminya:

Instagram Resmi Indodana
Instagram Resmi Indodana
Facebook Resmi Indodana
Facebook Resmi Indodana
Website Resmi Indodana
Website Resmi Indodana
  • Call: 021-405 95888

Jika menemukan akun palsu harap segera melakukan report  dan melaporkannya ke nomor di atas.

Selain dari itu, BUKAN Indodana! Jangan Tertipu