6 Fungsi dari Rekening Koran

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Fungsi Penting Rekening Koran

Posted by

Rekening koran merupakan laporan yang diberikan Bank kepada pemilik rekening dan juga merupakan informasi aktivitas nasabah yang dicetak Bank. 

Laporan tersebut berisi alur keluar masuk uang nasabah, khususnya bagi nasabah yang memiliki rekening giro. Meski saat ini sudah ada fasilitas Internet Banking juga Mobile Banking, rekening koran masih dibutuhkan oleh nasabah Bank.

Banyak Bank yang saat ini bisa mencetak laporan transaksi Anda dengan cepat. Mungkin hanya dalam hitungan menit, laporan transaksi bisa segera Anda peroleh. 

Namun, Anda juga perlu mengetahui, apa saja sebenarnya fungsi dari rekening koran. Berikut ulasannya

Beberapa Fungsi dari Rekening Koran

Rekening Koran
Rekening Koran

1. Untuk Mengetahui Ringkasan Transaksi

Fungsi dari rekening koran adalah sebagai mutasi rekening khususnya bagi para nasabah Bank. Nasabah yang dimaksudkan biasanya merupakan perorangan hingga badan usaha, baik kecil maupun besar. 

Laporan atau ringkasan tersebut dicetak secara berkala. Umumnya setiap tiga bulan sekali.

Informasi yang terdapat di rekening koran adalah mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga Bank, dan biaya administrasi. 

Rekening koran juga memiliki kelebihan. Karena, bukan hanya mencantumkan tanggal dan waktu seperti di buku tabungan, tetapi juga pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail lainnya.

 2. Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Pengajuan Visa

Jika Anda ingin ke luar negeri untuk liburan, sekolah atau melakukan tugas dinas, tentunya akan membutuhkan beberapa dokumen sebelum berangkat, salah satunya adalah visa.

Ada beberapa negara yang mewajibkan visa bagi turis atau orang dari luar negaranya sebelum masuk ke negara tersebut. Biasanya, salah satu syarat untuk mengajukan visa adalah rekening koran.

Kegunaan dari laporan keuangan ini untuk membuktikan bahwa Anda yang ingin berkunjung ke suatu negara memiliki cukup persediaan uang. Kecukupan persediaan uang tersebut sebagai jaminan hidup dan tidak terlantar di negara orang lain.

Biasanya persyaratan yang diminta selain rekening koran adalah menyertakan berbagai dokumen yang dinilai bisa memberi informasi dan menggambarkan kondisi finansial Anda. Seperti Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21.

Selain itu juga ada slip gaji, surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta daftar riwayat transaksi selama 3 atau 6 bulan terakhir yang bisa Anda peroleh dari percetakan rekening koran.

Baca Juga: 3 Cara Mengelola Gaji Untuk Generasi Milenial Agar Bisa Cepat Kaya Raya

3. Dapat Menjadi Bukti Hukum

Karena isinya yang terbentuk dari laporan keuangan secara lengkap, rekening koran milik Anda ini dapat dijadikan bukti hukum yang kuat. 

Misalkan, Anda terlibat dalam suatu perselisihan terkait transaksi keuangan. Dengan menunjukkan rekening koran Anda bisa membuktikan dan menyelesaikan perselisihan tersebut.

Contoh lainnya, sebut saja saat Anda dinyatakan belum membayar tunggakan untuk salah satu pembelian di toko online, lalu nota pembayaran juga tidak ada. 

Maka Anda dapat membuktikannya dengan ini. Melalui laporan keluar masuk dan transaksi yang tercatat dengan baik.

4. Syarat Untuk Menjadi Peserta Lelang

Kalau Anda ingin menjadi peserta lelang, Anda juga harus memiliki rekening koran. Tapi ini mungkin bukan lelang biasa seperti lukisan, jersey sepak bola, atau hewan kesayangan.

Lelang yang dimaksud, lebih seperti pelelangan proyek besar dan membutuhkan laporan keuangan yang valid dari para pesertanya. 

Maka, dengan melampirkan bukti transaksi ini, Anda dapat menunjukkan saldo dan jumlah dana yang Anda miliki dan layak menjadi peserta lelang.

5. Sebagai Alat Audit Bagi Perusahaan

Jika pada pembahasan-pembahasan sebelumnya banyak yang membahas mengenai kegunaan laporan ini untuk pribadi atau kita perorangan. 

Bagi perusahaan, rekening koran juga penting untuk audit keuangan. Karena di dalamnya tertera lengkap transaksi perusahaan.

6. Syarat Untuk Pengajuan Pinjaman

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui Bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Pasti Bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Contohnya, fotokopi lembar rekening koran yang dikeluarkan Bank. Rekening koran bisa dijadikan salah satu dokumen yang dapat menunjang pada saat Anda mengajukan atau membuat permohonan tertentu.

Umumnya hal-hal yang berkaitan dengan finansial untuk memberikan bukti bahwa ada alur keuangan yang sehat pada rekening Anda. Hal ini jadi wajib kalau Anda berstatus bukan pegawai perusahaan.

Baca Juga: Keuntungan Transaksi Non-Tunai dan Jenis-Jenis Kartu yang Perlu Anda Tahu agar Hidup Lebih Praktis

Jangan Sampai Rekening Koran Disalahgunakan

Nah, itulah 6 fungsi dari rekening koran. Buat Anda yang saat ini berencana akan membuat rekening koran, informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi buat Anda. 

Selamat mencoba!