Pilihan Pinjaman Bagi Anda Yang Butuh Uang

Beberapa Pilihan Pinjaman Bagi Anda Yang Butuh Uang

Posted by

Siapapun, pasti pernah mengalami yang namanya membutuhkan uang. Baik itu yang orang yang sudah menikah, memiliki anak, maupun anak muda. Membutuhkan uang yang dimaksudkan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, ada juga yang membutuhkan uang guna membuka usaha, membayar biaya sekolah anak, hingga biaya untuk biaya pengobatan. Setiap orang memiliki keperluan dan cara mengatur keuangan yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang terbiasa hidup boros dan berfoya-foya, mungkin akan kesulitan untuk menyeimbangkan antara biaya-biaya pengeluaran dengan pemasukan.

Sehingga, terjadi ketimpangan sehingga menyebabkan kehabisan uang atau bahkan tidak memiliki uang simpanan sama sekali. Hal ini membuat Anda membutuhkan pinjaman uang.

Berikut ada 6 jenis pinjaman nih buat Anda yang saat ini lagi membutuhkan uang berikut ulasannya.

Pilihan Pinjaman Bagi Anda yang Membutuhkan Uang

1. Pinjaman Dari Orang yang Paling Dekat

Buat Anda yang mungkin saat ini lagi sangat membutuhkan uang, Anda bisa meminjam dari orang-orang terdekat Anda. Misalnya pada teman, keluarga, bahkan pada teman-teman di tempat kerja.

Anda bisa meminjam uang pada orang-orang yang telah Anda percayai, meskipun tak semua dari mereka akan meminjamkan uangnya pada Anda, namun ada juga yang mau meminjamkan uangnya sesuai kemampuan mereka memberikan pinjaman pada Anda.

Hal ini karena setiap orang memiliki kebutuhan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Sehingga jika telah saling percaya, maka Anda bisa melunasi biaya pinjaman tersebut sesuai perjanjian non tertulis sesuai kesepakatan.

2. Menggadaikan Barang Berharga

Menggadaikan Barang Berharga
Menggadaikan Barang Berharga

Bila saat ini Anda sedang membutuhkan uang dan Anda tidak mendapatkan pinjaman dari orang terdekat, maka Anda dapat melakukan cara yang kedua, yaitu menggadaikan barang berharga.

Barang berharga yang dimaksud disini contohnya adalah emas, sepeda motor, peralatan elektronik dan mobil. Di zaman sekarang telah semakin mudahnya untuk melakukan gadai barang berharga.

Anda bisa menggadaikan barang berharga di PT. Pegadaian (Persero) misalnya. Dengan membawa KTP atau tanda bukti pengenal lainnya dan barang berharga yang ingin Anda gadaikan.

Eng ing eng, Anda telah mampu membawa pulang sejumlah uang dari hasil gadai tersebut setelah pengajuan pinjaman Anda diproses dan disetujui. Namun Anda melakukannya pada pihak yang resmi ya. Agar tak rugi di kemudian hari.

Baca Juga: Millenials Butuh Dana Segar? Coba Cara Berikut Ini Agar Bisa Nikmati Pinjaman Dengan Mudah!

3. Pinjaman Tanpa Agunan atau KTA

Kredit Tanpa Agunan
Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan lebih sering populer dengan nama Kredit Tanpa Agunan (KTA). Banyak Bank dan non Bank berlomba-lomba menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) agar menggaet lebih banyak konsumen.

Mereka menawarkan dengan berbagai kelebihan yang kemudahan yang akan didapatkan kepada para calon nasabah karena saat ini sebagian besar masyarakat menginginkan prosedur dan kemudahan yang akan didapatkan dari mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) tersebut.

4. Pinjaman Agunan

Pinjaman dengan Agunan
Pinjaman dengan Agunan

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan bermodalkan sertifikat rumah, BPKB motor dan BPKB mobil. Banyak bank dan non bank menawarkan pinjaman dengan agunan tersebut.

Setelah kamu mengajukan pinjaman dengan memperlihatkan bukti asli dari agunan tersebut, lalu pengajuan pinjaman akan diproses dan akan disetujui. Nah, setelah disetujui inilah Anda bisa membawa pulang sejumlah uang sesuai besaran yang Anda ajukan.

5. Pinjaman Online

Pinjaman Online
Pinjaman Online

Bagi Anda yang saat ini lagi membutuhkan uang, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman online. Saat ini telah banyak perusahaan Financial Technology (Fintech) berjamur.

Banyak perusahaan Fintech ini berlomba-lomba untuk mengantongi izin resmi dan izin terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun banyak pula yang abal-abal atau perusahaan bodong.

Semakin canggihnya kemajuan teknologi di zaman saat ini, tingginya penetrasi internet dan kemajuan teknologi keuangan dalam hal AI, Machine Learning membuat Fintech menawarkan banyak produk keuangan yang belum bisa ditawarkan oleh bank dan multifinance.

Di Indonesia, produk Fintech tumbuh bermacam- acam. Salah satu yang paling pesat adalah pinjaman online P2P atau Peer To Peer Lending. Produk Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) P2P Lending ditawarkan dengan menyasar berbagai segmen pasar, yaitu dana emergensi, usaha mikro dan SME, serta pasar khusus.

Industri P2P dari yang hanya berjumlah kurang dari 10 di tahun 2016, sekarang di tahun 2019 sudah mencapai sebanyak 99 perusahaan P2P yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menawarkan pinjaman online.

6. Pinjaman Koperasi

Nah, saat ini ada koperasi yang bisa Anda ajukan pinjaman. Namun sebelum itu Anda terlebih dahulu mendaftar menjadi anggota koperasi tersebut. Anda bisa menjadi anggota koperasi di tempat Anda bekerja.

Atau Anda bisa menjadi anggota pada koperasi yang ada di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal. Koperasi simpan pinjam, misalnya. Dengan mengajukan pinjaman pada koperasi, besaran bunga pinjaman yang harus dibayar setiap bulannya tidaklah besar.

Anda bisa meminjam uang sebesar Rp 5.000.000,- guna membuka usaha, misalnya. Jika Anda telah menjadi anggota koperasi, maka pengajuan pinjaman yang Anda sampaikan akan diproses dan disetujui.

Setelah Anda mendapatkan pinjaman, Anda diharuskan membayar cicilan plus biaya bunga setiap bulannya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak dari koperasi.

Baca Juga: Tips Mudah Ajukan Pinjaman yang Justru Kerap Diabaikan

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Sekarang Anda telah tahu bahwa ada 6 jenis pinjaman bagi Anda yang saat ini lagi membutuhkan uang. Tinggal Anda pilih, mau memilih jenis pinjaman yang seperti apa yang Anda inginkan. Semua disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa membayar cicilan pinjaman atau menebus barang yang digadaikan ya! Selamat Mencoba!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.