Risiko-Risiko yang Tidak Perlu Anda Khawatirkan Apabila Memiliki Asuransi Perjalanan copy

Risiko-Risiko yang Tidak Perlu Anda Khawatirkan Apabila Memiliki Asuransi Perjalanan

Posted by

Melakukan perjalanan jauh dan memakan waktu yang lama tentunya  membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari estimasi waktu, persiapan dana, hingga yang tak kalah penting adalah perlindungan diri. Kali ini Kita akan sedikit banyak membahas beberapa hal mengenai asuransi perjalanan yang belum banyak orang pahami. 

Sesuaikan Asuransi Perjalanan dengan Kebutuhan Anda

Sesuai namanya, asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi Anda selama melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan umumnya terbagi dalam dua jenis, yakni asuransi perjalanan domestik dan internasional. 

Keduanya sama-sama melindungi nasabahnya dari berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi selama melakukan perjalanan. Asuransi ini dapat melindungi Anda dari sebelum melakukan perjalanan hingga kembali lagi ke negara asal.

Sedangkan untuk masa berlakunya, ada yang berjenis annual dan basic. Perbedaanya  tentunya terletak pada masa berlaku polis yang berbeda.

Bagi Anda yang sering pulang pergi ke luar negeri dalam setahun, sangat direkomendasikan menggunakan asuransi perjalanan jenis annual. Selain premi yang lebih murah, Anda pun tak perlu repot-repot mengurusnya kembali ketika ingin melakukan perjalanan berikutnya.

Baca juga: 2 Alasan Pentingnya Harus Tes Kesehatan untuk Pengajuan Asuransi Kesehatan

Selengkapnya, pada artikel kali ini Kita akan membahas beberapa risiko yang dilindungi oleh asuransi perjalanan. Sehingga, Anda pun dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Berikut ulasannya :

1. Kecelakaan

Salah satu perlindungan yang umumnya diberikan oleh asuransi adalah perlindungan terhadap kecelakaan.  Secara garis besar asuransi perjalanan akan memberikan uang pertanggungan untuk kasus-kasus kecelakaan yang menimpa Anda selama melakukan perjalanan. 

Sedangkan, jumlahnya tergantung dari isi polis yang Anda setujui. Beberapa asuransi akan memberikan uang pertanggungan untuk kerugian berupa kematian, cacat permanen, hingga lumpuh total contohnya asuransi perjalanan Allianz atau Zurich.

2. Perawatan Medis

Selain biaya pertanggungan untuk kasus-kasus kecelakaan yang menyebabkan cacat maupun kematian, asuransi perjalanan juga bisa melindungi Anda dari sisi perawatan medis. 

Itu artinya selama melakukan perjalanan, Anda bisa melakukan rawat jalan bilamana sewaktu waktu terkena penyakit. Asalkan penyakit tersebut tidak diderita sebelum melakukan perjalanan. 

Hal ini tentunya cukup bermanfaat bagi Kita yang melakukan perjalanan ke luar negeri, mengingat biaya berobat di luar negeri yang memang tidak murah.

3. Menanggung Keterlambatan Pesawat 

Melakukan perjalanan jauh tentunya cukup menyita waktu di perjalanan. Namun, bagaimana ceritanya jika pesawat yang Kita tumpangi mengalami kendala atau terlambat? 

Tentunya waktu yang Kita miliki untuk liburan akan terbuang sia-sia bukan? Salah satu jenis perlindungan yang dihadirkan dari asuransi perjalanan adalah dengan menanggung keterlambatan keberangkatan.. 

4. Kehilangan Barang

Fitur selanjutnya yang akan dilindungi oleh asuransi perjalanan adalah kehilangan barang bawaan. Bagi Anda yang membawa barang bawaan cukup banyak di bagasi, tentu seringkali was-was apabila barang bawaan hilang. Apalagi barang-barang tersebut sering digunakan saat berlibur.

Selain mengganggu aktivitas dan kenyamanan selama liburan, pastinya Kita akan dirugikan dari segi material. Asuransi perjalanan dapat memberikan ganti rugi sejumlah barang yang hilang maupun rusak selama perjalanan sesuai dengan isi polis dan ketentuan yang telah disetujui.

5. Pemulangan Jenazah

Terakhir dan tak kalah penting adalah pemulangan jenazah untuk nasabah yang mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kematian. Dengan asuransi perjalanan, seluruh biaya pemulangan jenazah sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Berbeda apabila Anda tak memiliki asuransi perjalanan, semua biaya pemulangan jenazah tentunya akan ditanggung sendiri oleh keluarga yang tentunya tidak murah. 

Selalu Utamakan Pencegahan dan Antisipasi Saat Bepergian

Sebagai pemegang polis tentunya tak ada dari Kita yang menginginkan ditimpa musibah bukan? Oleh karenanya lebih baik mencegah dari pada mengatasi. 

Demikian lah beberapa hal mengenai asuransi perjalanan yang perlu Anda ketahui. Selalu antisipasi berbagai kemungkinan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Semoga berguna!

Tips liburan lainnya: Mau Liburan Asyik Tapi Tetap Hemat? Intip Cara-Cara Jitu Ini Untuk Mengatur Budgetnya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.