Ajukan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Ajukan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP? Ini Faktanya

Posted by

Memiliki kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Untuk memudahkan bisnis dan profesi yang tengah ditekuni, banyak orang yang semakin memerlukan kendaraan pribadi. Apalagi jika ternyata tempat tinggal dan kantor yang letaknya berjauhan sehingga membuat Anda mau tak mau perlu mempunyai kendaraan sendiri. Itulah sebabnya, semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk kredit mobil bekas tanpa uang muka alias DP (Down Payment).

Kredit Mobil Bekas Tanpa DP Sebagai Alternatif

Betul, saat ini sudah ada banyak leasing yang menyediakan fasilitas tersebut. Sejatinya, DP alias down payment merupakan hal yang utama dalam kredit kendaraan bermotor. Biasanya, jumlah DP  yang wajib dibayarkan ke leasing yakni 20 persen dari total harga mobil yang hendak dibeli konsumen. Sebagai contoh, jika DP sebesar 20 persen, maka 80 persen sisanya akan jadi total jumlah pinjaman.

Salah satu contoh, showroom di Pasar Mobil Kemayoran saat ini menerapkan mekanisme kredit mobil bekas tanpa uang muka bagi para calon pembelinya. Dengan begitu, jangan heran jika saat ini Anda bisa tiba-tiba ditawari kredit mobil tanpa DP. Atau bahkan, Anda bisa  juga ditawari kredit tanpa survei terlebih dahulu.

Dengan kata lain, Anda hanya tinggal membayar angsuran pertama dan mobil pribadi pun bisa langsung dibawa pulang. Akan tetapi, tak semua kredit mobil second tanpa DP ini menguntungkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mekanisme ini. Apa saja? Simak uraiannya berikut.

1. Umumnya, Tenor Kredit Mobil Second Tanpa DP Hanya 4 Tahun

Umumnya, showroom yang menawarkan program mekanisme seperti ini hanya memberlakukan tenor maksimal empat tahun. Artinya, selama empat tahun Anda akan dibebani dengan cicilan per bulan yang jumlahnya besar.

Opsi lainnya selain empat tahun adalah 36 bulan (tiga tahun). Bila misalkan mobil bekas yang Anda lirik berusia masih satu tahun dan Anda tertarik mencicil dalam jangka panjang, maka fasilitas tersebut tak mudah untuk didapatkan.

2. Cicilan Lebih Berat

Saat ditawari kredit mobil bekas tanpa uang muka tapi bertenor pendek, maka dapat dipastikan cicilannya akan lebih besar dari yang pakai Down Payment. Dengan begitu, Anda perlu melakukan peninjauan terlebih dahulu di situs-situs jual beli online.

Tanpa DP , otomatis jumlah pinjaman yang Anda ajukan adalah 100 persen dari harga mobil. Hal ini akan membuat cicilan per bulan yang Anda bayarkan jauh lebih berat ketimbang mengkredit mobil dengan DP.

Saat cicilan itu melebihi 30 persen dari pendapatan Anda per bulan, bukan tak mungkin akan membuat kondisi finansial Anda jadi berantakan. Sedangkan kebutuhan pokok yakni pangan, sandang dan papan tentu tak dapat dikorbankan hanya karena punya cicilan.

Selain itu, seiring dengan berjalannya waktu, kendaraan pribadi yang merupakan kebutuhan tertier (pelengkap) ini harganya juga mengalami depresiasi. Itulah sebabnya kenapa DP kadang menjadi cukup penting. Rasionya, semakin besar DP yang Anda bayar, semakin kecil pula jumlah pinjaman Anda. Dengan demikian, jumlah angsuran Anda per bulannya pun akan semakin ringan.

3. Saat Mobil Butuh Dibengkelkan, Pengeluaran Jadi Semakin Besar

Yang perlu diingat disini adalah Anda sedang membeli mobil bekas—bukan mobil baru yang fresh baru keluar dari dealer agen pemegang merek (APM). Dengan begitu, Anda akan ingin mengetahui seluk-beluk riwayat mobil tersebut. Berhati-hatilah mengingat penjual juga tentu tak ingin merugi. Bisa jadi Anda akan melihat tampilan luar yang bagus dan mulus seperti baru.

Tapi siapa yang tahu dulunya mobil tersebut ternyata sudah pernah digunakan untuk menerobos banjir. Atau mungkin bisa jadi mobil yang bersangkutan pernah alami tabrakan parah tapi sudah direstorasi ulang, sehingga bekas cacatnya jadi sama sekali tak terlihat dengan kasat mata.

Hendaklah teliti dalam membeli. Bisa jadi saja ternyata ada kerusakan di bagian kaki-kaki misalnya, yang membuat Anda mau tak mau harus mengeluarkan biaya perbaikan plus biaya beli sparepart baru. 

4. Jika Mobil Dijual Lagi dalam Waktu Singkat, Anda Akan Sangat Merugi

Saat Anda memutuskan kredit mobil bekas tanpa DP dan ternyata tak cocok dengan mobilnya, tak jarang opsi yang selanjutnya harus dipilih adalah dijual. Dengan over kredit mobil bekas tangan kedua, tak terbayang jatuhnya harga mobil Anda. 

Masalah seperti ini umumnya tak hanya menimpa mereka yang lakukan kredit tanpa uang muka saja, tapi juga mereka yang memutuskan kredit mobil bekas. Ingatlah bahwa mobil bekas tangan pertama saja sudah terdepresiasi, maka mobil tangan kedua otomatis akan lebih jatuh lagi harganya.

Baca Juga: Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil? Simak Tipsnya Berikut Ini Supaya Lancar

Tips Kredit Mobil Second Tanpa DP

Setelah memperhatikan keempat hal di atas, Anda mungkin akan mempertimbangkan lagi apa mengenai keputusan yang akan Anda ambil. Jika memang sudah yakin dan tak berubah pikiran, beberapa hal ini perlu Anda lakukan guna terhindar dari  kerugian finansial di kemudian hari. Berikut uraiannya:

1. Pilih Mobil Paling Umum yang Berusia Muda

Umumnya, showroom hanya memberlakukan program ini untuk menjual mobil-mobil yang kurang laris manis. Itulah sebabnya Anda wajib mencari tahu apa saja penyakit mobil yang bersangkutan. Ajak mekanik andalan Anda bila perlu. Anda juga bisa mengandalkan situs-situs tertentu guna memeriksa kondisi mobil.

Jika ingin lebih aman lagi, sederhanakan keinginan dengan tidak membeli mobil merek atau tipe tertentu yang lebih rumit. Sebaliknya, pilih mobil paling umum yang perawatannya murah, suku cadangnya di mana-mana, irit bensin dan serba praktis. 

Anda juga disarankan untuk memilih mobil yang usianya masih muda, belum terlalu berumur. Karena jika lebih dari lima tahun, umumnya mobil tersebut akan membutuhkan lebih banyak dana. Alih-alih memilih mobil yang tak pasaran tapi perawatannya malah mahal, lebih baik pilihlah mobil yang jelas-jelas akan memudahkan Anda.

2. Temukan Showroom yang Direkomendasikan

Saat ini, sudah banyak ditemukan tawaran kredit mobil bekas tanpa DP di situs jual beli online. Rata-rata untuk menemukannya pun tidaklah susah dan cukup mudah. Tapi bukan berarti Anda jadi tidak berhati-hati dan tak selektif dalam memilih. Sangat disarankan untuk senantiasa memilih yang benar-benar terpercaya.

Misalnya, meskipun di showroom tertulis bahwa mobil sehat tanpa bermasalah dalam deskripsinya, tidak ada yang bisa menjamin mobil tersebut benar-benar sehat. Demikianlah pembahasan soal kredit mobil tanpa uang muka (DP/ Down Payment). Anda tentu dapat memanfaatkan fasilitas ini setelah mempertimbangkan untung ruginya dengan jelas dan matang.

Butuh Dana Tambahan untuk DP Mobil? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Ajukan Pinjaman Anda!

Download App Indodana Sekarang!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.