Millenials Butuh Dana Segar Coba Cara Berikut Ini Agar Bisa Nikmati Pinjaman Dengan Mudah!

Millenials Butuh Dana Segar? Coba Cara Berikut Ini Agar Bisa Nikmati Pinjaman Dengan Mudah!

Posted by

Kebutuhan akan uang nyatanya tak hanya dibutuhkan oleh mereka yang telah berumur saja, bagi generasi millenials nyatanya pun juga banyak membutuhkan dana. Terlebih generasi satu ini terkenal dengan sifatnya yang konsumtif lantaran sering kali mengalokasikan pemasukannya untuk liburan hingga membeli barang-barang tak berguna dalam jangka panjang. 

Pinjaman Sebagai Solusi Keuangan

Siapapun yang membutuhkan uang tentunya dengan mengajukan pinjaman adalah salah satu solusinya. Seiring berkembangnya waktu saat ini sudah ada banyak sekali lembaga yang dapat memberikan pinjaman. Mulai dari lembaga perbankan, lembaga non-perbankan seperti perusahaan multifinance hingga financial technology atau fintech yang memanfaatkan sistem online

Baca Juga: Tips Mudah Ajukan Pinjaman yang Justru Kerap Diabaikan

Untuk Anda yang masih bingung memilih produk pinjaman apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menutupi kebutuhan dana Anda, artikel kita kali ini akan membahas beberapa produk perbankan yang bisa Anda pergunakan. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Salah satu produk keuangan paling laris digunakan oleh nasabah perbankan adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Salah satu kelebihan dari produk keuangan satu ini adalah mudahnya syarat yang diberikan oleh pihak bank. Selain itu pihak bank juga tak mewajibkan setiap calon nasabahnya untuk mengagunkan aset yang dimilikinya. 

Namun perlu Anda ketahui, salah satu syarat paling umum yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pinjaman KTA ini adalah kepemilikan kartu kredit. Kartu kredit ini berfungsi untuk proses penilaian kualitas kredit calon nasabah untuk selanjutnya pihak bank akan memberikan pinjaman. Salah satu kekurangan dari jenis pinjaman ini adalah  suku bunganya yang terbilang besar jika dibandingkan dengan produk pinjaman lain. Oleh karenanya ada baiknya Anda menghindari penggunaan KTA untuk keperluan yang sifatnya konsumtif seperti membeli gadget, membayar hutang yang tertunggak, hingga membeli barang-barang yang tidak berguna.

2. Pinjaman dengan Jaminan (Kredit Multiguna)

Produk keuangan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keuangan adalah produk pinjaman dengan jaminan atau agunan. Berbeda dengan pinjaman tanpa agunan yang tak mewajibkan calon nasabahnya untuk memberikan dokumen berharga sebagai jaminan, pada produk keuangan satu ini setiap nasabahnya diwajibkan untuk memberikan dokumen berharga sebagai jaminan. 

Menariknya produk keuangan satu ini tak hanya dimiliki oleh perbankan, namun juga dimiliki oleh perusahaan multifinance, hingga pegadaian. Selain itu nominal pinjaman yang bisa Anda dapatkan pun cukup besar berbeda dengan produk KTA yang nominalnya terbilang lebih kecil. 

Perlu Anda perhatikan, proses pencairan dana produk keuangan ini juga memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan pihak bank akan melakukan survey yang cukup mendalam terhadap calon nasabah yang mengajukan pinjaman.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Salah satu program pemerintah Indonesia yang cukup fenomenal adalah mendorong perbankan untuk menerbitkan pinjaman dengan bunga yang lunak dengan nama Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Jenis pinjaman satu ini cocok untuk Anda yang hendak mengembangkan usaha yang Anda miliki. Hal tersebut dikarenakan jenis pinjaman satu ini ditujukan bagi mereka yang memiliki usaha mikro, kecil atau menengah. Untuk bisa menikmati pinjaman satu ini, Anda cukup menyertakan dokumen Surat Ijin Usaha Perdagangan atau SIUP. 

Tujuan dari diterbitkannya produk keuangan satu ini adalah untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dan untuk memberantas kemiskinan. Hingga saat ini terdapat beberapa jenis Kredit Usaha Rakyat yang bisa Anda nikmati yakni : 

  • KUR Ritel, produk pinjaman satu ini diperuntukkan untuk Anda yang memiliki usaha mikro dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 25 juta hingga yang tertinggi yakni Rp 500 juta. 
  • KUR Mikro, selanjutnya untuk Anda yang memiliki usaha dengan skala perusahaan menengah Anda bisa menggunakan produk pinjaman KUR Mikro dengan plafon pinjaman antara Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. 
  • KUR TKI, adalah produk pinjaman yang diberikan pada calon Tenaga Kerja Indonesia yang bertujuan untuk memberangkatkan calon TKI dengan plafon mencapai Rp 25 juta.

4. Pinjaman Online (P2P Lending)

Produk keuangan selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mendapatkan dana segar adalah mengajukan pinjaman online atau yang biasa dikenal dengan P2P Lending. Jenis pinjaman satu ini biasanya diprakarsai oleh startup fintech. Untuk plafon pinjamannya biasanya P2P Lending hanya menawarkan pinjaman dengan kisaran Rp 10 juta. 

Pinjaman satu ini sangat cocok untuk Anda membutuhkan dana darurat dengan waktu yang cepat. Untuk bisa menikmati pinjaman satu ini persyaratannya pun cukup mudah. Anda hanya cukup unduh aplikasi pinjaman mengisi persyaratan d an melengkapi dokumen pendukung seperti KTP, KK hingga slip gaji. 

Namun perlu Anda perhatikan besaran bunga yang diterapkan oleh pinjaman satu ini terbilang cukup besar. Bahkan beberapa kreditur pinjaman online menerapkan besaran Bunga hingga 1% per harinya. Begitu banyaknya financial technology yang bermunculan bakan OJK telah merilis beberapa fintech yang masuk dalam kategori illegal lantaran tidak mendaftarkan perusahaan mereka dalam sistem OJK

Baca Juga: Hindari Menutup Pengeluaran-Pengeluaran Ini Dengan Pinjaman Online!

Perhatikan Penyedia Pinjaman Resmi

Disinilah Kita sebagai calon nasabah patut memperhatikan fintech yang bermasalah dan mana fintech yang memang resmi dibawah pengawasan OJK. Sehingga transaksi keuangan Kita tak akan mengalami masalah dikemudian hari.

Demikianlah beberapa sumber pinjaman dana segar yang dapat millenials coba. Perhatikan kembali pos alokasi pinjaman. Jangan sampai pinjaman yang Anda miliki justru digunakan untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif dan tidak memberikan return dikemudian hari. Hal ini dikarenakan setiap pinjaman umumnya menerapkan sistem bunga sehingga yang Anda alami justru merugi. Semoga berguna!

Butuh Dana Tambahan untuk Penuhi Kebutuhan? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Ajukan Pinjaman Anda!

Download App Indodana Sekarang!