Susah Lepas Dari Utang Mungkin 3 Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Susah Lepas Dari Utang? Mungkin 3 Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Posted by

Memiliki utang adalah hal yang wajar bagi sebagian besar masyarakat. Seiring bertambahnya biaya hidup dan meningkatnya jenis kebutuhan, banyak orang mencari alternatif pinjaman dana untuk memenuhinya. Sebut saja mengambil pinjaman KTA atau menggunakan kartu kredit supaya uang bisa terus berputar.

Berutang itu sah-sah saja, tetapi apabila dilakukan tanpa perhitungan tentu saja bisa merugikan kita. Hal ini tentu saja sangat bergantung terhadap cara kita mengatur keuangan agar bisa membayar utang-utang tersebut dengan efektif tanpa mengalami defisit keuangan. Sayangnya, banyak dari kita yang masih belum memiliki kemampuan mengatur keuangan dengan baik.

Tidak Mampu Mengatur Keuangan dengan Baik

Pengaturan keuangan yang buruk ini membuat proses pembayaran utang menjadi tidak efektif dan berlarut-larut. Sehingga utang yang misalnya sudah bisa dilunasi dalam jangka waktu tertentu jadi lebih lama. Bahkan, bisa saja malah utang kita semakin bertambah. Ada beberapa hal-hal sederhana yang masih luput kita lakukan yang membuat kita sulit lepas dari utang.

Indodana dan Duwitmu.com merangkum beberapa hal-hal sederhana berikut agar Kamu tidak ikut terjebak dalam jeratan utang yang berkepanjangan. Yuk kita lihat apa saja di bawah ini.

Baca Juga: Bikin Cepat Kaya! Inilah Cara-cara Menabung Zaman Dulu yang Kini Jadi Idola Milenial

1. Tidak Punya Tabungan atau Dana Cadangan

Tidak Punya Tabungan atau Dana Cadangan
Tidak Punya Tabungan atau Dana Cadangan

Apabila Kamu tidak memiliki tabungan, sebaiknya urungkan niatmu untuk berutang karena akan semakin menambah beban keuanganmu. Fokuskan terlebih dahulu untuk menambah jumlah tabungan atau dana cadangan agar bisa dipakai sewaktu dibutuhkan.

Tidak memiliki tabungan atau dana cadangan yang cukup tentu saja bisa jadi masalah apabila ingin mengajukan pinjaman atau menggunakan kartu kredit. Sehingga Kamu menjadi terbiasa berutang dibandingkan menambah tabungan agar bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan.

Jadi agar kamu tidak perlu terikat dengan utang, biasakan untuk selalu memprioritaskan menambah jumlah tabungan atau dana cadangan agar bisa kamu gunakan sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan .

2. Selalu Menunda Pembayaran dan Hanya Membayar Jumlah Minimum

Selalu Menunda Pembayaran dan Hanya Membayar Jumlah Minimum
Selalu Menunda Pembayaran dan Hanya Membayar Jumlah Minimum

Apabila Kamu memiliki tagihan atau cicilan, melakukan pembayaran minimum agar tidak memberatkan memang tidak ada salahnya. Tetapi apabila dilakukan terus-menerus hanya akan menambah panjang jumlah utangmu.

Banyak dari kita yang hanya membayar cicilan pinjaman atau kartu kredit dengan jumlah minimum saja. Untuk jangka pendek hal ini bisa meringankan, apalagi hanya dilakukan sekali atau dua kali. Tetapi jika dilakukan secara berkala nantinya akan semakin menambah panjang waktu cicilan kita. Hal ini juga nantinya bisa menjadi sebuah kebiasaan yang tidak sehat.

Lantaran cicilan yang dulu belum lunas kita sudah menambah utang baru lagi yang perlu dilunasi. Kebiasaan membayar dengan jumlah minimum ini juga bisa membuat catatan kredit kita menjadi lebih buruk dibandingkan membayar penuh tagihan setiap bulan. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan Kamu selalu membayar tagihan tepat waktu sesuai dengan jumlah yang sesuai tiap bulan,

3. Gaya Hidup Boros

Gaya Hidup Boros
Gaya Hidup Boros

Sebisa mungkin, janganlah kamu berutang karena gengsi atau boros. Kita perlu senantiasa memisahkan kebutuhan dan keinginan dengan seimbang setiap saat.

Gaya hidup boros menjadi salah satu penyebab kita memutuskan untuk berutang. Hal ini disebabkan karena pilihan gaya hidup dengan kebutuhan tinggi. Hidup hemat dan boros itu adalah pilihan.

Apabila Kamu memilih untuk hidup boros dan mengikuti gengsi semata, tentu cepat atau lambat akan menumpuk utang. Tentu saja hal ini disebabkan karena Kamu membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan. Sehingga hasrat untuk berutang menjadi lebih besar karena tidak mampu memisahkan antara kebutuhan dan keinginan dengan baik.

Jangan jadikan berutang sebagai cara untuk memenuhi gaya hidup kamu yang boros. Belilah barang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu sekarang ini agar tidak berutang. Ada baiknya apabila kamu menabung terlebih dahulu dan membeli barang secara tunai agar tidak terlilit utang.

Baca Juga: Cara Menabung yang Baik, Unik, dan Kreatif yang Bisa Kamu Coba Biar Cepat Kaya

Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Untuk lepas dari utang, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menerapkan gaya hidup sederhana. Dengan gaya hidup sederhana, kamu bisa mengatur keuanganmu dengan lebih efektif karena tidak ada pengeluaran yang berlebih. Kamu juga bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kamu beli sesuai dengan kebutuhan,

Yang terakhir, apabila Kamu memang harus berutang, pastikan bisa dibayarkan tepat waktu dan sesuai dengan kemampuan. Pastikan juga agar sebisa mungkin utang tersebut digunakan untuk kebutuhan jangka panjang yang bermanfaat dan bukan hanya untuk keinginan semata. Selamat Mencoba!