Buang Jauh 3 Pikiran Berikut agar Kamu Segera Bisa Membangun Bisnis yang Sukses

Buang Jauh 3 Pikiran Berikut agar Kamu Segera Bisa Membangun Bisnis yang Sukses

Posted by

Memulai suatu bisnis atau usaha baru memang terkadang cukup sulit. Sebagai pemain atau calon pebisnis baru, diperlukan banyak persiapan agar bisa memulai bisnis dengan baik. Persiapan membangun sebuah bisnis tidak terbatas pada modal atau uang saja, tetapi dibutuhkan juga mindset yang tepat agar bisa maju dan bertahan.

Mindset Positif Sebagai Modal Memulai Bisnis

Di luar sana, ada banyak calon pebisnis yang sudah memiliki modal yang cukup tetapi masih ragu untuk memulai bisnis baru. Keraguan ini muncul karena mereka terlalu berfokus terhadap hal-hal yang bisa membuat bisnis mereka tidak maju dan bukan sebaliknya. Memiliki mindset positif sebelum memutuskan memulai bisnis adalah modal utama agar kamu siap.

Tanpa pikiran yang positif, kamu tidak akan bisa mengelola bisnis kamu dengan efektif nantinya ketika sudah berjalan. Sebaik apapun persiapan atau modal yang kamu punya, tidak akan bisa membuat bisnis tersebut sukses apabila tidak disertai dengan pikiran yang positif dan siap menerima tantangan.

Agar kamu bisa lebih yakin memulai bisnis baru, cobalah kamu buang jauh-jauh pikiran berikut. Mungkin kamu masih memikirkan salah satunya.

1. Malu atau Segan Meminta Pendapat

Malu atau Segan Meminta Pendapat
Malu atau Segan Meminta Pendapat

Untuk memulai suatu bisnis yang baru kita tidak perlu malu atau segan meminta pendapat orang-orang yang sudah lebih sukses atau senior dari kita.

Bagi calon pebisnis, rasanya tidak mungkin membuka bisnis baru tanpa bantuan dari orang lain. Kita tidak perlu segan untuk bertanya atau meminta nasehat dari para pebisnis lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis mereka. Jangan segan untuk berbagi soal masalah apa saja yang kamu khawatirkan sekarang sebelum memulai bisnis.

Selalu ingat bahwa pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Karena itu, biasanya saran dari mereka yang sudah melangkah terlebih dahulu bisa kamu jadikan masukan agar lebih yakin memulai bisnis. Apalagi jika bisnis yang akan kita jalankan mirip atau mungkin di bidang yang sama. Sangat membantu bukan?

2. Khawatir Akan Penolakan

Khawatir Akan Penolakan 
Khawatir Akan Penolakan

Dalam memulai bisnis, penolakan atau perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Namun, hal ini bisa kamu jadikan masukan untuk membuat ide bisnis yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis, penolakan adalah hal yang wajar ketika bisnis kamu dibangun oleh banyak orang. Terkadang mengemukakan sebuah keputusan atau ide baru tidak bisa diterima mentah-mentah oleh rekan bisnis atau mungkin tim kamu sendiri. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kita memang sesekali perlu membuat keputusan yang tidak bisa menyenangkan semua Pihak.

Agar bisnis bisa terus maju atau berkembang, perbedaan pendapat bisa menjadi salah satu pemicu positif untuk membuat sebuah ide baru atau keputusan yang tepat. Malahan, jadikan hal tersebut sebagai sarana evaluasi untuk menemukan masalah apa yang sedang dihadapi sekarang sebelum membangun bisnis baru.

3. Takut Gagal atau Rugi

"<yoastmark

Takut apabila bisnis kamu tidak berhasil atau sukses adalah hal yang wajar. Namun untuk mendapatkan keuntungan yang besar, juga harus berani mengambil risiko yang besar pula.

Risiko kerugian atau gagal bisnis memang bisa saja terjadi. Akan tetapi jika karena hal ini kamu jadi takut berbisnis, mungkin perlu kamu pikirkan kembali. Pola pikir yang berada di zona aman tidak akan bisa membuat bisnis kamu maju.

Segala jenis bisnis pasti berisiko, namun kamu perlu tahu cara meminimalisir risiko tersebut agar bisnis kamu bisa tetap eksis. Risiko yang besar bisa berarti kesempatan yang besar juga. Sehingga bisa kamu manfaatkan untuk pengembangan bisnis baru kamu kedepannya. 

Tidak perlu ragu apabila kamu mencoba menjalankan bisnis yang belum pernah dijalankan sebelumnya. Meskipun berisiko, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk membuka bisnis yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Baca Juga: Mau Jadi Pengusaha? Kembangkan Mindset Berikut agar Lebih Sukses!

Yakin dan Jalankan Saja!

Mengutip kata-kata dari almarhum Bob Sadino, bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan. Kita harus membuang jauh-jauh pikiran negatif saat akan memulai bisnis baru. Mindset yang positif bisa membuat kita lebih yakin dan tenang saat melakukan persiapan. Jangan takut mengambil risiko dan jadikan masukan dari para senior bisnis sebagai kompas agar tidak kebingungan.

Yang terakhir, jangan lupa untuk selalu mengembangkan pengetahuan dan melakukan inovasi agar bisa menciptakan ide-ide bisnis baru yang belum terpikirikan sebelumnya. Salam Sukses!

Butuh Dana Tambahan untuk Buka Bisnis Baru? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Ajukan Pinjaman Online!

Download App Indodana Sekarang!