Keuangan Mendadak Bocor Mungkin Kamu Lupa Perhitungkan 5 Hal Ini

Keuangan Mendadak Bocor? Mungkin Kamu Lupa Perhitungkan 5 Hal Ini

Posted by

Mengatur anggaran keuangan bulanan bisa dibilang wajib untuk dilakukan secara rutin. Budgeting alias penganggaran ini bisa menyelamatkan Kamu dan keuanganmu dari malapetaka. Sebagai cara paling aman dalam mengatur keuangan, melakukannya sedini mungkin dapat membantumu merinci pengeluaran apa saja yang diperlukan dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya saja seperti alokasi uang makan, transportasi, belanja kebutuhan bulanan, cicilan, dsb. Segalanya perlu dipisahkan per kategori agar lebih mudah dan terkontrol.

Pengeluaran Mendadak yang Tidak Terduga

Meski begitu, sebagian orang juga kerap menjumpai bahwa banyak pengeluaran yang terjadi di luar rencan. Terkadang, masih banyak kebocoran yang terjadi di sana-sini. Alhasil, pengaturan tersebut pun malah menjadi sia-sia. Jadi di mana letak kesalahannya?

Umumnya, ada beberapa pengeluaran keuangan yang tak terduga dan Kamu tak menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi hal ini sebelumnya. Agar tidak pusing dalam memperhitungkannya, coba perhatikan 5 hal ini bila kondisi uangmu mendadak bocor.

Baca Juga: Cara Sederhana Mengelola Keuangan di Usia 20 Tahun

1. Lupa Persiapkan Dana Darurat

Lupa Persiapkan Dana Darurat
Lupa Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan tabungan khusus untuk menutupi terjadinya hal-hal tak terduga. Misal, jatuh sakit sehingga harus berobat dan menjalani perawatan medis atau mungkin kendaraan kamu tiba-tiba mogok di jalan.

Peristiwa tak terduga semacam ini tentu tak terjadi setiap hari, namun bisa saja terjadi kapan saja. Itulah sebabnya dana darurat perlu selalu dipersiapkan. Gunanya, agar kategori budgeting-mu yang lain tetap berjalan aman tanpa gangguan.

Solusinya? Antisipasi hal-hal tak terduga tersebut dengan mempersiapkan dana darurat. Berapa pun besaran jumlahnya. Sisihkan sebagian pengeluaran untuk dana darurat setiap bulan secara rutin agar pengeluaran lebih terkendali.

2. Terlalu Irit, Jadi Lupa Hiburan

Terlalu Irit, Jadi Lupa Hiburan
Terlalu Irit, Jadi Lupa Hiburan

Jangan potong budget hiburan terlalu banyak. Cara ini kerap mengecoh banyak orang. Mungkin tadinya Kamu berniat agar semua serba irit sehingga budget tetap terjaga. Padahal, semakin Kamu bahagia, semakin sehat juga lahir batinmu.

Akibatnya bisa-bisa seperti kuda liar lepas kandang, keinginanmu untuk bersenang-senang bisa jadi malah meledak suatu waktu. Alhasil, uang yang keluar bisa lebih banyak lagi.

Meski terbatas, Kamu perlu menyiapkan sejumlah dana untuk hiburan murah dan relaksasi yang harganya masuk akal serta masih berada dalam jangkauan. Ingat, Kamu juga berhak bersenang-senang setelah bekerja keras.

Kamu tak mau fisik dan mentalmu kelelahan akibat stress bertumpuk dan kurang hiburan. Jadi, pilihlah hiburan yang murah meriah dan menyenangkan dengan porsi secukupnya, agar budget yang Kamu persiapkan tidak kebablasan.

3. Lupa Mempersiapkan Dana untuk Perkawinan Teman

Mempersiapkan Dana untuk Perkawinan Teman
Mempersiapkan Dana untuk Perkawinan Teman

Memasuki usia dewasa muda, satu-persatu temanmu akan melangkah ke pelaminan. Bahkan bisa jadi beberapa undangan perkawinan akan datang setiap minggu atau bulannya.

Untuk  menghadiri acara tersebut, Kamu pun harus persiapkan dana untuk memberikan “amplop”  di perkawinan temanmu itu. Cobalah sisihkan setidaknya minimal 200 ribu untuk berjaga-jaga. Apabila tidak digunakan bisa kamu alokasikan ke tempat lain.

4. Lupa Mencatat Tanggal Tagihan

Lupa Mencatat Tanggal Tagihan
Lupa Mencatat Tanggal Tagihan

Beberapa tagihan bulanan seperti listrik, air dan sewa tempat tinggal tentu akan Kamu ingat di luar kepala. Namun beberapa lainnya seperti biaya kartu keanggotaan gym atau layanan lain seringkali luput dari ingatan.

Agar semuanya tetap berjalan lancar dalam proses budgeting yang Kamu persiapkan, coba evaluasi kembali tagihan apa saja yang perlu kamu bayar tiap bulan. Bila perlu setel pengingat di HP atau kompute rkamu agar tidak lupa. Dengan demikian, Kamu masih bisa mengatur secara pasti anggaran keuanganmu agar tetap berjalan efektif sesuai rencana.

5. Tidak Mengatur Dana Jajan Harian

Kebutuhan makan merupakan salah satu keperluan yang paling mendasar bagi kita. Baik itu makanan berat maupun ringan, semuanya harus diperhitungkan. Namun salahnya, seringkali sebagian orang lupa mengatur dana jajan hariannya.

Jangan salah, dana untuk makanan/ minuman ringan dan camilan ini juga lumayan menyita isi dompetmu apabila tidak direncanan. Jadi tak ada salahnya jika lain kali lebih Kamu perhatikan dan perhitungkan.

Coba perhitungkan hal ini. Jika setiap hari Kamu menghabiskan uang sebesar Rp 5.000 hingga Rp 20.000 untuk jajan, berapa besaran totalnya dalam sebulan? 

Jika demikian yang terjadi, buat saja kategori “jajan camilan” dalam budgeting bulananmu agar Kamu tak jadi pusing menghitungnya. Batasi pengeluaran maksimal Rp 15.000 dalam sehari untuk pengeluaran ini apabila kamu memang hobi jajan.

Baca Juga: Tips Praktis untuk Kamu Para Freelancer Agar Pengeluaran Kamu Tidak Bocor Setiap Bulan

Selalu Cermat dan Transparan dalam Mengelola Keuangan

Kesimpulannya, memang diperlukan kecermatan dan transparansi dalam membuat anggaran keuangan bulanan ini. Perhitungkan semua pengeluaranmu, mulai dari yang paling kecil dan sepele hingga yang paling besar.

Ingat, sebuah kapal bisa tenggelam jika ada kebocoran kecil yang dibiarkan terus-menerus. Demikian juga dengan neraca keuanganmu. Segera atasi hal-hal itu dengan membuat perencanaan keuangan yang cerdas. Amankan anggaranmu demi kemapanan finansial yang gemilang di masa depan. Sukses selalu dan semoga bermanfaat!

 

Butuh Dana Tambahan untuk Penuhi Kebutuhan Kamu? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Ajukan Pinjaman Online!

Download App Indodana Sekarang!