Punya Rumah Minimalis Ini 5 Tips agar Desainnya Lebih Menarik dan Bagus

Punya Rumah Minimalis? Ini 5 Tips agar Desainnya Lebih Menarik dan Bagus

Posted by

Memiliki hunian yang nyaman merupakan keinginan setiap orang yang sudah berkeluarga. Hunian yang nyaman dan bagus tidak selalu identik dengan rumah mewah dan luas. Dengan mahalnya harga rumah dan tanah di wilayah perkotaan saat ini, tentu membuat Kamu berfikir dua kali untuk membangun sebuah rumah yang mewah dan besar.

Rumah minimalis pun bisa Kamu jadikan pilihan sebagai hunian yang nyaman. Selain mudah dalam hal perawatan, rumah minimalis memiliki keunggulan seperti pemanfaatan ruangan yang lebih efektif serta tidak membutuhkan banyak furniture.

Rumah Minimalis Lebih Praktis dan Fungsional

Keterbatasan lahan yang sudah mulai sempit, menjadikan rumah minimalis semakin diminati oleh keluarga kecil. Yang Tentunya desain rumah yang simpel dan fungsional dapat membuat hunian Kamu terlihat lebih rapi dan bagus.

Sementara dana yang harus Kamu keluarkan pun pasti akan lebih sedikit dibandingkan dengan membangun rumah besar yang luas. Memiliki rumah minimalis yang nyaman dapat dibentuk mulai dari pemilihan jenis-jenis properti yang sesuai dengan ukuran rumah minimalis dan juga penataan dari ruangan yang simpelserta sederhana

Untuk itu disini kita akan membahas mengenai tips agar desain rumah minimalis Kamu terlihat lebih rapi dan bagus.

1. Sesuaikan dengan Estetika

Rumah Minimalis Lebih Praktis dan Fungsional
Rumah Minimalis Lebih Praktis dan Fungsional

Sebelum membangun rumah dengan desain minimalis, sebaiknya Kamu membuat rencana awal mengenai bentuk desain dan penatannya terlebih dahulu bersama pasangan. Rumah minimalis umumnya memiliki 4 buah pembagian ruangan, yaitu ruang tamu, dapur dan 2 kamar tidur. 1 kamar untuk ayah ibu dan 1 kamar untuk anak.

Maksimalkan juga fungsi ruangan dengan meminimalisir sekat agar ruangan tampak lebih terlihat luas. Ada baiknya juga Kamu menyatukan dua ruangan menjadi satu seperti ruang tamu yang disatukan dengan ruang keluarga.

Ruangan yang tidak terlalu membutuhkan privasi sebaiknya juga tidak perlu disekat agar terlihat lebih luas. Beri sekat untuk ruangan tertentu saja yang membutuhkan privasi seperti kamar mandi, dapur dan kamar tidur.

2. Menggunakan Jasa Arsitek

Gunakan Jasa Arsitek
Gunakan Jasa Arsitek

Agar rumah minimalis kamu lebih bagus, ada baiknya kamu menggunakan jasa arsitek bila memiliki dana lebih.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang jarang menggunakan jasa arsitek dengan alasan karena harus mengeluarkan budget lebih hanya untuk membangun sebuah rumah minimalis. Padahal dengan memakai jasa dari arsitek akan sangat membantu Kamu untuk mendapatkan konsep serta fitur yang pas untuk rumah minimalis.

Kamu cukup memberikan konsep yang sesuai dengan selera, maka si arsitek akan membuat pertimbangan desain yang pas dan sesuai dengan konsep tersebut.

3. Memilih Properti yang Sesuai

Memilih Properti yang Sesuai
Memilih Properti yang Sesuai

Setelah pembahasan mengenai tips ruangan, sekarang kita akan membahas bagian yang tak kalah penting dalam membuat rumah minimalis Kamu terlihat rapih dan bagus. Pemilihan properti yang tepat dan sesuai merupakan kunci utama dari penataan rumah minimalis.

Lebih baik menggunakan properti atau furnitur yang besar akan tetapi hanya satu. Misalkan, satu lemari pada ruang tamu, satu lampu gantung dan satu karpet lantai. Pemakaian furnitur yang kecil namun dalam jumlah yang banyak malah akan membuat ruangan terkecal sempit. Sementara furnitur yang besar namun jumlahnya sedikit akan membuat kesan ruangan lebih luas.

4. Menaruh Cermin Besar Sebagai Pemantul Ruangan

Penempatan cermin yang besar akan membuat ruangan rumah minimalis semakin bagus dan terkesan luas. Kamu juga bisa melapisi pintu atapun lemari dengan cermin sehingga membuat ruangan sempit bekesan lebih luas dengan efek pantulan ruangan yang diberikan.

Namun, bagi Kamu yang kurang menyukai dengan penambahan cermin besar pada ruangan, Kamu bisa mengakalinya dengan menaruh perabotan rumah yang dapat merefleksikan sebuah objek. Misalnya vas bunga yang terbuat dari kaca atau bisa juga pajangan yang berbahan aluminium. Benda-benda yang permukaannya dapat merefleksikan objek membuat ruangan lebih terasa ringan dan memberi kesan minimalis.

5. Pilih Warna Cat yang Cerah dan Hindari Cat Putih

Pilih Warna Cat yang Cerah
Pilih Warna Cat yang Cerah

Pilihlah cat dengan warna terang dan sebisa mungkin hindari warna putih untuk bagian dalam rumah. Banyak orang yang beranggapan bahwa memberi warna cat putih pada tembok akan memberikan kesan luas pada ruangan, padahal sebagian besar ahli desain sangat tidak menganjurkan memberi cat warna putih pada ruangan rumah minimalis.

Karena apabila penerangan yang di dalamnya redup sementara cat berwarna putih malah akan menimbulkan  bayangan yang membuat kesan ruangan malah terlihat sempit dan kotor. Untuk itu, siapkan  pencahayaan yang terang dengan warna cat cerah lain agar ruangan tampak lebih luas dan nyaman.

Baca Juga: Mau Ajukan KPR Jangka Panjang? Perhatikan dulu 8 Hal ini Sebelum Salah Pilih

Perhitungkan dengan Baik

Berikut beberapa tips membuat rumah minimalis Kamu terlihat lebih rapih dan bagus sehingga akan memberikan kenyaman lebih bagi penghuninya. Jangan lupa detail yang dipilih pun harus melalui  proses beserta pemilihan properti yang harus diperhitungkan juga, sehingga akan semakin membuat rumah sederhana Kamu terlihat bagus dan rapih.

Butuh Dana Cepat untuk Renovasi Rumah? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Download App Indodana Sekarang!