3 Alternatif Berutang yang Bisa Kamu Coba untuk Mendapatkan Uang

3 Alternatif Berutang yang Bisa Kamu Coba untuk Mendapatkan Uang

Posted by

Dewasa ini, berutang sudah bukan merupakan hal yang tabu. Karena biaya kebutuhan hidup yang melambung tinggi, sebagian orang memilih untuk berutang sebagai solusi. Terutama jika terjadi hal-hal yang tidak diduga.

Berutang Karena Terpaksa

Terkadang, ada situasi khusus yang membuat kita membutuhkan dana cepat dalam jumlah besar. Contohnya pun beragam seperti terkena kecelakaan, bencana alam, penyakit, dan lain-lain Untuk mengatasinya, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk berutang.

Keputusan untuk berutang ini juga umumnya disebabkan karena mereka sebelumnya tidak membentuk dana darurat (emergency fund). Dana ini merupakan bentukan uang tabungan yang sengaja disisihkan untuk mengantisipasi berbagai kondisi tak terduga yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Dan celakanya, jika dana ini tidak dibentuk terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi, maka besar kemungkinan Kamu pasti akan berutang untuk menutupi biaya yang harus dipenuhi dengan segera tersebut.

Terapkan Cara Sederhana Sebagai Alternatif Berutang

Walaupun begitu, bisa dibayangkan bahwa mempunyai utang cenderung menciptakan kondisi yang mengkhawatirkan. Terutama jika ternyata rasio utang yang Kamu miliki sudah tergolong tak lagi ideal.

Jadi, adakah cara efektif yang mencegahmu dari keadaan darurat berujung utang? Berikut beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba.

1. Jual atau Gadaikan Barang yang Ada

Jual atau Gadaikan Barang yang Ada

Cara pertama adalah menggadaikan barang-barangmu yang jarang terpakai untuk mendapatkan uang tambahan.

Kamu mungkin sedang kekurangan uang. Tapi bisa jadi ada beberapa aset atau barang bernilai milikmu yang bisa dijual dan atau digadaikan. Ketimbang berutang, Kamu bisa menjual barang bernilai yang jarang Kamu gunakan. Apalagi dengan kemudahan transaksi di online shop dan berbagai media sosial dewasa ini, Kamu bisa memaksimalkannya untuk mendapatkan uang.

Di luar sana, akan selalu ada orang yang mau membeli barang bekas yang masih layak pakai darimu. Sebagai alternatif, Coba lakukan garage sale dan keluarkan semua barang yang masih layak jual. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan sebagai ajang bersih-bersih yang baik untuk lingkungan rumahmu.

Alternatif lainnya, gadaikan barang-barang berhargamu ke pegadaian. Langkah ini merupakan solusi cepat untuk menutupi kebutuhanmu. Hal ini dikarenakan pegadaian senantiasa menerima barang berharga seperti perhiasan, elektronik, atau surat berharga.

Kamu bisa mendapatkan uang ekstra dengan cara menyewakan sesuatu agar bisa menghasilkan uang. Bisa jadi beberapa barang yang Kamu miliki saat ini tengah dibutuhkan oleh orang lain.

Sebagai contohnya, sewakan kendaraan bermotormu hingga kamar kosong yang ada di rumah agar menghasilkan uang yang dibutuhkan. Dengan demikian, setidaknya Kamu tak perlu berutang dan kondisi keuangan pun masih bisa terselamatkan.

2. Sewakan Sesuatu Agar Menghasilkan Uang

Sewakan Sesuatu Agar Menghasilkan Uang
Sewakan Sesuatu Agar Menghasilkan UTips KeTips

Kamu bisa mendapatkan uang ekstra dengan cara menyewakan sesuatu agar bisa menghasilkan uang. Bisa jadi beberapa barang yang Kamu miliki saat ini tengah dibutuhkan oleh orang lain.

Sebagai contohnya, sewakan kendaraan bermotormu hingga kamar kosong yang ada di rumah agar menghasilkan uang yang dibutuhkan. Dengan demikian, setidaknya Kamu tak perlu berutang dan kondisi keuangan pun masih bisa terselamatkan.

3. Cari Kerjaan Sambilan

Cari Kerjaan Sambilan
Cari Kerjaan Sambilan

Cara cepat kedua sebagai alternatif utang adalah mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan tambahan. Entah itu pekerjaan part time ataupun bisnis kecil-kecilan yang bisa dengan cepat mendatangkan keuntungan.

Sebagai contoh, kamu menjadi reseller atau dropshipper untuk online shop untuk membantu memasarkan barang-barang mereka. Selain cepat, kamu juga cukup menyediakan HP dan Intenet sebagai modal menjalankan usaha ini.

Apabila kamu punya keahlian khusus lain seperti menjahit, bermain alat musik, atau memperbaiki barang elektronik, tentu juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan.

Ada beberapa situs yang tersedia di Indonesia untuk membantumu mengumpulkan dana cepat secara online. Jelaskan siapa Kamu dan apa sebabnya Kamu membutuhkan dana yang dibutuhkan. Jika beruntung, beberapa pihak yang tergerak hatinya akan membantumu dan memberikan donasi bagi Kamu yang tengah ditimpa masalah finansial.

Baca Juga: Hindari 3 Hal Sederhana ini Jika Kamu Ingin Hidup Sukses

Lakukan Pencegahan Agar Tak Terulang Kembali

Agar terhindar dari utang, segera bentuk dana darurat untuk ke depannya. Selain itu, evaluasi juga berbagai keputusan keuanganmu selama ini. Ada sebabnya mengapa Kamu bisa berutang. Mungkinkah karena manajemen dan pengelolaan keuangan yang kurang baik? Atau karena disebabkan oleh gaya hidup yang terlalu boros? Segera koreksi semua kekeliruan yang ada dan lakukan pencegahan.

Butuh Dana Cepat untuk Kebutuhan Darurat? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Download App Indodana Sekarang!