Boros Belanja Pakai Kartu Kredit

Kamu Boros Belanja Karena Kartu Kredit? Siasati dengan Cara Berikut

Posted by

Kartu Kredit bukanlah kartu hutang maupun uang lebih. Jika Kamu masih menyimpan pikiran seperti itu, cobalah untuk mulai merubah pola pikir sebelum Kamu terlilit masalah yang lebih serius di masa yang akan datang.

Kartu kredit bisa dikatakan sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi, Kamu bisa mendapatkan diskon atau potongan saat berbelanja. Namun di lain sisi, kartu kredit juga bisa mengembangkan perilaku konsumtif lantaran mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi.

Apabila Kamu orang yang cukup boros saat berbelanja menggunakan kartu kredit, berikut ini adalah beberapa cara hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasinya

1. Buatlah Limit Sendiri

Buatlah Limit Sendiri
Buatlah Limit Sendiri

Cobalah tentukan sendiri limit penggunaan kartu kredit dibawah limit yang tersedia agar lebih hemat.

Terkesan aneh? Tentu saja tidak. Kamu yang memiliki kartu kredit, Kamu pula yang berhak mengatur seberapa besar alokasi dana yang dikeluarkan. Misal kartu kredit Kamu memiliki limit sebesar Rp 6 juta.

Agar tak tergoda dengan promo promo menarik yang ditawarkan oleh merchant, Kamu bisa membatasi penggunaan dana melalui kartu kredit sebesar Rp 4 juta. Jika kartu Kamu sudah mencapai transaksi hingga Rp 4 juta, segera stop penggunaannya.

Sebagai alternatif Kamu masih bisa menggunakan kartu debit untuk bertransaksi. Dengan begitu, Kamu bisa terhindar dari perilaku konsumtif yang berlebih.

2. Pikir Dulu 2 Kali Sebelum Belanja

Pikir Dulu 2 Kali Sebelum Belanja
Pikir Dulu 2 Kali Sebelum Belanja

Sebelum kamu belanja, coba pikirkan dan bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kamu terlalu impulsif berbelanja hal-hal yang tidak perlu akibat keinginan belaka.

Jangan mudah tergiur pada kemudahan bertransaksi dan discount besar yang di tawarkan. Cobalah pikirkan berulangkali sebelum membeli barang, apakah barang tersebut penting dan mendesak bagi Kamu? Atau hanya tergiur karena discount yang ditawarkan?

Alternatifnya, coba sisihkan uang belanja tersebut untuk menabung atau investasi di masa depan. Tentu manfaatnya bisa lebih dirasakan bukan?

3. Utamakan Kartu Debit

Utamakan Kartu Debit
Utamakan Kartu Debit

Saat belanja, cobalah lebih sering gunakan kartu kredit dibandingkan kartu kredit. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat kamu lebih hemat karena uangnya langsung diambil dari rekening.

Kamu pasti sudah tau perbedaan kartu debit dan kartu kredit itu apa. Kartu debit hanya bisa digunakan jika did alam tabungan Kamu ada saldo, Pastinya hal ini akan membuat kamu berpikir 2 kali sebelum belanja.

Gunakanlah kartu debit terlebih dahulu untuk membeli berbagai kebutuhan yang penting. Selanjutnya, simpanlah kartu kredit untuk membeli kebutuhan yang sifatnya mendesak.

4. Manfaatkan Orang Terdekat Kamu Sebagai Pengingat

Langkah terakhir yang harus Kamu lakukan adalah, mintalah pada orang terdekat Kamu untuk mengingatkan supaya terhindar dari penggunan penggunaan kartu kredit secara berlebih.

Sama seperti halnya kecanduan narkoba, kecanduan kartu kredit pun perlu pendekatan persuasif dari teman, keluarga maupun pasangan. Dengan dukungan tersebut diharapkan kamu bisa lebih cakap mengendalikan keinginan dan hobi belanja yang berlebih. Untuk kamu yang sudah berpasangan atau menikah, tentu lebih bagus lagi apabila pasanganmu adalah orang yang suka berhemat.

Uangnya tentu bisa kamu tabungan untuk hal lain seperti untuk jalan-jalan atau investasi. Atau bisa juga menyiapkan tabungan pendidikan anak di masa depan. Lebih baik bukan?

Sebaliknya, jika kamu belum mempunyai pasangan, kamu bisa meminta dukungan dari orang keluarga dan teman dekat kamu. Mintalah mereka untuk mengiatkan apabila kamu mulai belanja secara berlebih setiap bulan. Atau bila perlu, titipkan kartu kreditmu ke orang tua agar bisa lebih terjaga pemakaiannya.

Baca Juga: Tips Sederhana Menggunakan Kartu Kredit Saat Bepergian agar Lebih Aman

Gunakan Sesuai Kebutuhan dan Terkendali

Meski seringkali dicap sebagai penyebab perilaku konsumtif, nyatanya kartu kredit juga bisa digunakan untuk berhemat. Asalkan, Kamu paham betul bagaimana memanfaatkan kartu kredit tersebut sesuai dengan porsinya.

Dimanapun yang bersifat berlebihan tentu saja tidak direkomendasikan.  Pakailah kartu kredit sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Jika Kamu hanya menuruti keinginan sampai kapan pun Kamu tidak akan mencapai kebebasan finansial. Itulah beberapa tips yang bisa Kamu. Semoga berhasil ya!

Stop Gunakan Kartu Kredit Berlebih! Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Download App Indodana Sekarang!

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.