Pertimbangkan Memiliki Asuransi Jiwa Bila 5 Hal Ini Berlaku Pada Anda

Pertimbangkan Memiliki Asuransi Jiwa Bila 5 Hal Ini Berlaku Pada Anda

Posted by

Produk asuransi jiwa memang sedang marak dimiliki banyak orang.  Sebagian besar menganggap asuransi jiwa adalah sesuatu yang wajib dimiliki.  Namun tahukah Anda bahwa asuransi jiwa tidak harus dimiliki semua orang?

Lalu apakah Anda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Sebelum menjawab pertanyaaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui apa itu Asuransi Jiwa. Asuransi jiwa adalah Asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan oleh meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.

Namun meski sudah banyak orang telah tahu manfaat asuransi jiwa yang sebenarnya, masih banyak orang yang enggan untuk membelinya. Alasan yang  paling sering dikatakan adalah mahalnya biaya premi asuransi yang dibayarkan.

Baca Juga: 2 Alasan Pentingnya Harus Tes Kesehatan untuk Pengajuan Asuransi Kesehatan

Namun jika Anda mengalami hal berikut, mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan kepemilikian asuransi jiwa.

1. Sudah Memiliki Keluarga

Sudah Memiliki Keluarga
Sudah Memiliki Keluarga

Memiliki keluarga di sini berarti sudah menikah, baik belum mempunyai anak maupun jika sudah.

Lalu mengapa orang yang memiliki keluarga memerlukan sebuah produk asuransi jiwa? Alasannya ialah karena dengan adanya keluarga, berarti kita sudah mempunyai tanggungan.  Tanggungan biaya kebutuhan sehari-hari serta tanggungan biaya pendidikan anak di masa depan. Bila Anda suatu saat mendapat musibah yang tidak diduga, keluarga bisa mendapatkan dana pertanggungan dari perusahaan asuransi yang bisa digunakan untuk berbagai keperlua tersebut.

2. Tulang Punggung dalam Keluarga

Tulang Punggung dalam Keluarga
Tulang Punggung dalam Keluarga

Alasan utama untuk menjadi pemilik polis asuransi jiwa adalah jika Anda seorang tulang punggung keluarga. Tulang punggung keluarga ini bisa berlaku bagi ayah maupun ibu, siapa pun itu yang menjadi pencari nafkah utama di dalam keluarga Anda.

Tapi yang paling wajar adalah seorang ayah, karena biasanya ibu lebih berfokus mengurus rumah tangga. Seperti alasan pertama, dengan membeli dan menjadi peserta asuransi jiwa, seorang ayah bisa lebih tenang memikirkan masa depan keluarganya.

Sebab, ada dana pasti yang dapat digunakan oleh anak dan istri ketika Ia mendapat musibah atau meninggal dunia.  Dalam kondisi tersebut, dana pertanggungan yang cair dari asuransi jiwa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

3. Punya Utang atau Kredit Jangka Panjang

Punya Utang atau Kredit Jangka Panjang
Punya Utang atau Kredit Jangka Panjang

Waktu mendapat kredit pemilikan rumah (KPR), bank akan meminta Anda untuk membayar premi asuransi jiwa. Tujuannya adalah agar keluarga tak perlu pusing melanjutkan cicilan ketika kita meninggal.  Karena, cicilan KPR bisa langsung dilunasi dengan uang pertanggungan apabila uang tersebut mencukupi.

Hal ini juga berlaku untuk fasilitas kredit lainnya, misalnya saja kredit kendaraan bermotor atau kredit multiguna dengan tenor panjang. Namun, masih banyak yang menganggap soal asuransi ini merupakan masalah sepele, atau bahkan mengeluh saat diminta bayar biaya asuransi.

4. Risiko Pekerjaan yang Tinggi

Pekerjaan dengan Risiko Tinggi
Pekerjaan dengan Risiko Tinggi

Semakin tinggi tingkat risiko dalam pekerjaan, semakin mendesak kebutuhan Anda akan asuransi jiwa. Contohnya saja, jika Anda seorang pekerja lapanganseperti operator bandara atau petugas operator mesin pabrik.

Sebagaimana hati-hati nya kita, kecelakaan selalu mungkin terjadi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Inilah waktu dimana asuransi jiwa bermanfaat. Sekalipun perusahaan sudah menyediakan asuransi karyawan bagi Anda, tidak ada salahnya kita memegang polis asuransi pribadi, karena manfaat keduanya bisa digabungkan.

5. Sering Bepergian

Sering Bekerja di Luar Kota
Sering Bekerja di Luar Kota

Biasanya semua penyedia jasa transportasi akan menawarkan asuransi, bahkan ada pula yang mewajibkan penumpang mengambil asuransi mengingat adanya risiko kecelakaan ketika dalam perjalanan.

Namun asuransi perjalanan ini mungkin saja tidak cukup untuk memastikan keamanan masa depan finansial keluarga.  Jika sering bepergian baik karena hobi traveling atau pergi karena diberi tugas dinas ke luar kota.selain asuransi kesehatan dari penyedia transport  kita juga butuh asuransi jiwa.

Baca Juga: Pilih Asuransi Kesehatan yang Bagus untuk Masa Depan Anda dengan Kiat-Kiat Berikut

Prioritaskan Asuransi Sesuai Kebutuhan

Intinya adalah asuransi jiwa secara umum dibutuhkan semua orang.  Tapi ada orang-orang yang wajib memiliki asuransi jiwa melebihi yang lainnya.

Tentunya pihak yang mendapatkan manfaat asuransi jiwa secara langsung kelak bukanlah kita sendiri selaku pembayar premi melainkan keluarga yang ditinggalkan.  Fungsi asuransi jiwa ini sebenarnya adalah melindungi kehidupan finansial orang terdekat yang ditinggalkan, terutama keluarga.

Tidak ada yang mau keluarganya hidup berantakan setelah Ia meninggal atau saat kita tak bisa lagi produktif sebagai pencari nafkah.  Mengingat risiko itu selalu ada dan bisa menimpa kita kapan saja. Jadi, mempersiapkan diri tidak ada salahnya bukan?

Kembangkan Gaya Hidup Positif dan Mulai Berinvestasi! Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!