Mau Produktif Saat Akhir Pekan Coba Hindari 3 Kebiasaan Ini

Mau Produktif Saat Akhir Pekan? Coba Hindari 3 Kebiasaan Ini

Posted by

Menikmati waktu istirahat saat weekend memang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama karyawan kantoran. Setelah disibukkan selama 5 hari dengan urusan kantor, menikmati libur di hari Sabtu dan Minggu bisa menjadi solusi melepas stress dan jenuh. Kebanyakan dari kita tentu memilih menghabiskan waktu di akhir pekan dengan caranya masing-masing.

Banyak yang menghabiskan waktu sendiri dengan menekuni hobi atau travelling. Namun, tidak sedikit juga yang menikmati waktu bersama teman, pasangan, atau keluarga untuk melepas stress lewat berbagai kegiatan. Meskipun begitu, ada banyak dari kita yang lebih memilih untuk tetap bekerja bahkan saat akhir pekan.

Meluangkan waktu untuk tetap produktif di akhir pekan memang baik untuk dilakukan. Tujuannya pun bermacam-macam, mulai dari mengerjakan usaha atau pekerjaan sampingan, sampai mengembangkan pengetahuan atau kemampuan agar lebih matang. Namun tentunya, untuk melakukan hal ini kita perlu menghindari berbagai kebiasaan buruk agar bisa terlaksana.

Berikut adalah beberapa contoh kebiasan buruk yang perlu kamu hindari agar bisa tetap produktif saat weekend.

1. Kebanyakan Tidur

Kebanyakan Tidur
Kebanyakan Tidur

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tidur saat akhir pekan adalah kebiasaan buruk dan bisa mengakibatkan kurangnya produktivitas apabila dilakukan secara terus menerus.

Banyak dari kita yang memanfaatkan waktu saat akhir pekan untuk tidur atau beristirahat lebih lama dibandingkan hari biasa. Hal ini tentu tidak salah, namun apabila dilakukan terlalu sering akan membuatmu kehilangan waktu cukup banyak. Padahal ada banyak hal yang bisa kamu lakukan apabila tetap bangun pagi seperti biasa saat libur.

Apabila kamu bangun lebih pagi seperti hari kerja, kamu bisa menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih produktif. Misalnya berolahraga atau membaca, yang biasanya tidak bisa dilakukan pada hari biasa. Selain kurang produktif, kebiasaan ini tentu bisa membuat kamu sulit bangun apabila dilakukan terus-menerus dan bisa terbawa saat hari kerja.

Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, namun jangan terlalu banyak tidur karena bisa mengurangi waktumu untuk lebih produktif di akhir pekan. Sebaliknya, biasakan untuk bangun lebih pagi dan lakukan berbagai kegiatan agar lebih segar. Alternatifnya, kamu bisa tidur siang sejenak untuk menambah waktu istirahat dibandingkan tidur terlalu lama saat malam hari karena begadang di hari sebelumnya.

2. Kebanyakan Jalan-Jalan atau Belanja

Kebanyakan Jalan-Jalan atau Belanja
Kebanyakan Jalan-Jalan atau Belanja

Menghabiskan waktu di akhir pekan dengan terlalu banyak pelesiran atau belanja akan menyebabkan keuanganmu tidak sehat serta tidak produktif.

Tidak salah memang menghabiskan uang untuk jalan-jalan atau berbelanja untuk memanjakan diri saat akhir pekan. Namun apabila terlalu sering dilakukan, tentu akan membuat kamu boros dan menyita waktumu. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan belanja atau jalan-jalan berlebih saat akhir pekan dan sisihkan uangnya untuk menabung atau investasi.

Hindari kebiasaan belanja hanya karena gengsi atau sekedar mengejar postingan di sosial media. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu. Kurangi juga volume jalan-jalan setiap minggu dan cobalah untuk menghabiskan waktu dengan lebih produktif.

Lebih baik belajar atau mengerjakan sesuatu yang bisa menghasilkan uang dan mengembangkan kemampuan diri di rumah bukan?

3. Takut Bergaul dengan Orang Baru

Takut Bergaul dengan Orang Baru
Takut Bergaul dengan Orang Baru

Bergaul dengan teman atau orang yang sama tiap akhir pekan tanpa melakukan hal baru bisa membuatmu bosan dan tidak berkembang. Sesekali luangkan waktu untuk mencoba berkenalan dengan orang-orang baru di sekitarmu.

Bergaul dengan teman dekat, keluarga, dan pasangan tentu menyenangkan dan bisa melepas stress. Tapi perlu diperhatikan, terkadang kita perlu memperluas lingkaran sosial kita dengan berkenal dengan orang-orang baru. Caranya bisa beragam, bisa lewat komunitas ibadah kita, kenalan teman atau keluarga.

Memiliki lingkaran pergaulan yang luas juga bisa membuka wawasan kita dan membuat kita lebih produktif. Karena lewat cara ini kita bisa saling bertukar informasi dan pengalaman seputar pekerjaan atau kehidupan. Tentunya hal ini bisa membuka wawasan kita dan membuka kesempatan baru dalam hidup.

Siapa tahu orang-orang baru ini bisa menawarimu pekerjaan atau kesempatan baru bukan?

Baca Juga: Atasan Kamu di Kantor Galak? Ini 6 Cara Sederhana untuk Menghadapinya

Bagi Waktu dan Komitmen dengan Baik Saat Akhir Pekan

Untuk melakukan kegiatan yang positif selama akhir pekan, diperlukan manajamen waktu yang baik serta niat untuk melakukannya. Bagilah waktumu dengan baik untuk mengembangkan diri atau bekerja dengan efektif. Jangan lupa juga untuk berkomitmen agar bisa dilakukan secara rutin. Yang terpenting jangan lupa untuk bersenang-senang agar tidakĀ stress ya!

Butuh Modal Tambahan untuk Mulai Bisnis! Dapatkan Pinjaman Online Cepat Cair Sekarang Juga!

Download App Indodana Sekarang!