Jangan Terlalu Pelit untuk 3 Jenis Pengeluaran Ini agar Hidup Kamu Lebih Positif

Jangan Terlalu Pelit untuk 3 Jenis Pengeluaran Ini agar Hidup Kamu Lebih Positif

Posted by

Membatasi pengeluaran adalah sebuah hal  umum yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini merupakan bagian dari penerapan gaya hidup hemat yang dilakukan agar kondisi keuangan tetap terjaga dengan baik setiap waktu. Apabila dilakukan secara berkala, tentu akan membuat hidup kita jauh dari kata boros dan impulsif.

Namun, terkadang ada saatnya kita perlu mengeluarkan uang untuk menikmati hal-hal yang kita sukai terlepas dari gaya hidup irit yang diterapkan tiap hari. Terkadang membeli barang atau melakukan aktivitas yang bisa membuat kita bahagia tentu akan membantu mengurangi stress akibat pekerjaan atau rutinitas yang melelahkan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari menghabiskan waktu bersama teman, pasangan, atau keluarga, sampai menikmati hobi yang kita sukai. Hidup irit itu boleh kok, asal jangan terlalu irit sampai kamu tidak bisa menikmatinya. Coba sesekali pertimabangkan pengeluaran kamu untuk hal-hal berikut agar hidup lebih positif.

1. Dana untuk Liburan

Dana untuk Liburan
Dana untuk Liburan

Kalau kamu berencana untuk pergi berlibur, pastikan kamu jangan terlalu pelit agar liburan kamu bisa lebih nikmat.

Meluangkan waktu  beberapa hari bersama pasangan, teman, atau keluarga untuk berlibur tentu menyenangkan. Akan tetapi, perlu diingat saat berlibur kamu tidak boleh terlalu pelit agar bisa lebih menikmatinya. Liburan adalah waktu dimana kamu harus bersenang-senang dan menikmati waktu sendiri atau bersama orang-orang yang kamu cintai.

Alokasikan dana lebih untuk tinggal di tempat yang lebih  nyaman saat berlibur. Jangan lupa juga untuk melebihkan budget untuk makan atau melakukan wisata kuliner agar perut tetap kenyang dan bahagia selama liburan. Bila perlu, sisihkan juga dana lebih untuk membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga saat kamu kembali.

Dana lebih yang kamu keluarkan saat liburan ini tentu tidak akan merugikanmu kok. Yang terpenting kamu bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Toh kamu juga tidak terus-terusan berlibur setiap hari bukan?

2. Dana untuk Amal

Dana untuk Amal
Dana untuk Amal

Jangan pernah sesekali menyesalkan atau menghitung ulang uang yang kamu sisihkan untuk beramal atau membantu sesama. Kalau bisa malah berikan lebih banyak.

Masih banyak di luar sana teman atau saudara kita yang hidupnya kurang beruntung. Kita jangan sampai lupa untuk sebisa mungkin menyisihkan sebagian besar pendapatan untuk membantu mereka. Terkadang kita seringkali lupa,  di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya kurang beruntung dan terkena musibah.

Jangan terlalu perhitungan saat kamu ingin membantu mereka yang kurang beruntung. Menyisihkan uang untuk amal memang jumlahnya sukarela. Namun yang terpenting, kita harus tetap ikhlas dan memiliki niat yang baik saat melakukannya.

Bahkan apabila memungkinkan, berikan dalam jumlah yang lebih besar agar kita bisa berbagi lebih banyak. Sisihkan uang untuk membantu sesama secara berkala sesuai dengan kemampuan kita.

3. Dana untuk Investasi

Dana untuk Investasi
Dana untuk Investasi

Dana untuk persiapan masa depan itu penting, alokasikan dengan jumlah yang sesuai agar dalam jangka panjang hasilnya bisa kamu nikmati.

Memiliki simpanan atau investasi jangka panjang tentu sangat penting untuk semua orang. Kita tidak ingin hidup kita sulit secara finansial saat usia kita tidak produktif lagi. Sebisa mungkin, sisihkan uang dengan jumlah yang cukup besar untuk melakukan investasi dari sekarang.

Untuk investasi jangka panjang, kamu bisa pertimbangkan untuk mengalokasikan uang kamu di berbagai jenis  investasi. Contohnya seperti membeli emas, membeli reksadana, membuka rekening deposito, atau melakukan investasi lewat platform p2p lending.

Kembali lagi, sebisa mungkin alokasikan dana dengan jumlah besar untuk mulai investasi. Ingat, uang yang kamu sisihkan akan bisa kamu nikmati nanti di masa depan. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih banyak untuk masa depan yang lebih terjamin bukan?

Baca Juga: Hindari 3 Hal Sederhana ini Jika Kamu Ingin Hidup Sukses

Tetap Jaga Pengeluaran

Ada kalanya kita perlu mengeluarkan uang lebih untuk hal-hal yang bisa membuat hidup kita lebih baik. Jangan terlalu pelit untuk hal-hal yang sifatnya penting atau positif. Namun perlu diingat, selalu lakukan manajemen keuangan yang sehat dan terapkan gaya hidup hemat agar keuangan kamu tetap aman.

Kembangkan Gaya Hidup Positif dan Mulai Berinvestasi! Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!