Bikin Cepat Kaya! Inilah Cara-cara Menabung Zaman Dulu yang Kini Jadi Idola Milenial

Bikin Cepat Kaya! Inilah Cara-cara Menabung Zaman Dulu yang Kini Jadi Idola Milenial

Posted by

Menabung. Satu kata yang mudah diucapkan tapi bisa menjadi tantangan hebat bagi sebagian orang untuk dipraktekkan. Pasalnya, tidak semudah itu kita bisa telaten dan disiplin menyisihkan uang setiap waktu.

Apalagi bagi generasi milenial yang notabene lebih boros karena gaya hidup dan karakternya yang royal dalam menggunakan uang.

Salah satu faktor penyebabnya tak lain adalah gaji yang pas-pasan sedangkan kebutuhan hidup saat ini juga semakin besar. Padahal jika hendak ditelaah lebih lanjut, penyebab utamanya adalah gaya hidup.

Padahal, jika uang tersebut ditabungkan demi kondisi finansial yang mapan dan sukses di masa depan, tentunya hasil kerja Anda itu akan jadi lebih bermanfaat.

Terutamanya jika uang yang Anda tabungkan kemudian dialihkan juga ke investasi. Jika sudah begitu, bukan tak mungkin seiring dengan berjalannya waktu, kondisi keuangan Anda bisa makin mapan dan kaya raya.

Menabung Pangkal Kaya

Menabung Pangkal Kaya
Menabung Pangkal Kaya

Ungkapan “Menabung pangkal kaya” pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Menabung merupakan langkah antisipatif untuk mencegah berbagai macam kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa siapa pun.

Itulah sebabnya keuangan yang sehat idealnya memerlukan pembentukan dana darurat (Emergency Fund). Menabung memang perlu dilakukan sedini mungkin agar Anda dapat membentuk dana darurat (Emergency Fund) dan dana pensiun untuk menyokong hari tua nanti.

Fakta lainnya yang tak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan adalah ini: menabungkan uang Anda juga merupakan langkah awal dalam mempersiapkan kehidupan yang lebih baik. Siapa di antara kita yang tidak memimpikan masa depan cerah nan gemilang di kemudian hari? itulah sebabnya menabung penting untuk dilaksanakan.

Namun seperti yang diketahui, menabung merupakan tantangan tersendiri bagi generasi milenial dewasa ini. Tak jarang, pendapatan yang tidak begitu tinggi kerap menjadi penyebabnya. Jika nominal penghasilan seseorang tidak seberapa besar, maka tak heran dirinya akan lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari terlebih dahulu.

Baca Juga: Pengeluaran Kamu Membengkak Tiap Kali Belanja? Ini Cara Unik Untuk Mengatasinya 

Cara Asyik untuk Menabung

Untuk Anda para milenial, ada beberapa cara menabung asyik yang tidak akan membosankan dan seolah menjadi beban. Bahkan konon cara-cara zaman dulu ini disebut sebagai idolanya generasi milenial. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

1. Arisan

Arisan
Arisan

Cara pertama yang terhitung jadul ini adalah arisan. Anda tentu sudah familiar mendengar acara arisan. Mulai dari arisan keluarga, arisan teman kuliah, arisan teman SMA, hingga arisan di kantor, pokoknya arisan ini seringkali diadakan di mana pun dan oleh banyak komunitas.

Kegiatan ini memang menyenangkan. Selain tak hanya bermanfaat untuk menjaga tali silaturahmi, arisan tanpa disadari merupakan salah satu cara paling konsisten untuk menabung.

Bagi Anda yang kerap kesulitan menabung, cara ini bisa dicoba. Ambil contoh, misalkan Anda mengikuti arisan sebesar Rp 300 ribu per bulannya. Sedangkan jumlah total peserta yang bergabung arisan adalah 20 orang. Maka Rp 300 ribu x 20 orang peserta = Rp 6 juta.

Hasilnya bisa langsung diamankan atau disangkutkan ke dalam bentuk investasi. Cukup signifikan, bukan?

2. Celengan

Menabung Lewat Celengan
Menabung Lewat Celengan

Cara menabung yang satu ini memang nostalgic. Generasi milenial di masa kecil dan sekolahnya pasti pernah mengalami menyisihkan uang koin di dalam celengan. Anda bisa menyisihkan sejumlah pecahan uang baik receh maupun kertas ke dalam celengan setiap harinya.

Trik enabung dalam celengan ini memang membuat Anda tak bisa melihat uangnya. Sehingga mungkin Anda akan terkejut sendiri saat celengan sudah penuh dan dibuka. Karena bukan tak mungkin uang yang terkumpul bisa mencapai jutaan Rupiah.

Itulah sebabnya Anda disarankan untuk menggunakan celengan yang besar. Bisa juga dengan bentuk yang unik dan lucu untuk menambah keseruan Anda menyisihkan uang. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali jika hendak memecahkan celengan sebelum ia penuh benar.

3. Money in a Jar

Membuat Toples Tabungan
Membuat Toples Tabungan

Serupa tapi tak sama dengan celengan, menabung di dalam toples (jar) ini juga bisa dijadikan alternatif. Cara ini juga telah cukup banyak diterapkan orang-orang dan terbukti efektif. Anda bisa gunakan wadah atau toples apapun dengan kaca transparan untuk mulai menyisihkan uang setiap hari.

Menabung di toples transparan membuat Anda bisa dengan mudah melihat jumlah uangnya. Semakin banyak uang yang terkumpul bisa memotivasi Anda untuk terus menabung dengan lebih semangat lagi.

Anda bisa berkomitmen dengan mudah, seperti menyisihkan uang pecahan Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu setiap harinya ke dalam jar. Ambil contoh, jika Anda menyisihkan setidaknya Rp 20 ribu setiap hari, maka dalam satu bulan Anda akan mengumpulkan total Rp 600 ribu.

Jika dalam setahun Anda konsisten melakukannya, maka uang yang terkumpul bisa mencapai Rp 7,2 juta.

Baca Juga: Punya Uang Pas-Pasan Tapi Masih Ingin Bergaya? Coba Terapkan Cara-Cara Ini 

Menabung untuk Investasi

Anda bisa menginvestasikan uang yang sudah terkumpul atau untuk langsung diinvestasikan ke dalam bentuk emas, reksadana, saham, atau P2P Lending. 

Demikianlah ketiga cara simple dan mudah yang bisa diterapkan setiap hari untuk menabung bagi para milenial. Selain ringkas dan tidak menyiksa, keuntungan yang Anda dapatkan pun bisa sangat besar. Semoga sukses ya! Salam hangat dan tetap semangat.

Persiapkan Dana Untuk Masa Depan! Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!