Jenis Bisnis Pariwisata dengan Modal Minim yang Bisa Kamu Coba Sekarang

Jenis Bisnis Pariwisata dengan Modal Minim yang Bisa Kamu Coba Sekarang

Posted by

Berencana menjalani bisnis pariwisata dengan modal minim? Hal itu bisa diwujudkan. Jika menilik perkembangan dalam industri pariwisata tanah air, dari waktu ke waktu kemajuannya tampak semakin menjanjikan. Minat turis asing dalam hal ini semakin bertambah besar lantaran berbagai faktor. Salah satunya seperti semakin mudahnya membeli tiket hotel, transportasi, sampai paket wisatanya.

Perkembangan tersebut tak lepas dari pergeseran gaya hidup anak muda dewasa ini yang cenderung lebih mengutamakan leisure ketimbang kepemilikan barang dan lainnya. Dengan perubahan zaman seperti ini, membuka bisnis di sektor pariwisata menjadi peluang emas yang bisa dikaryakan. Terlebih, kalian juga bisa meningkatkan ekonomi di daerah.

Potensi Bisnis Pariwisata yang Bisa Dimanfaatkan

Meski begitu, yang kerap menjadi permasalahan ialah modal yang tak memadai. Tapi kabar baiknya, ada beberapa profesi yang bisa dijadikan sumber penghasilanmu dalam bisnis pariwisata ini. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Bisnis Guesthouse atau Homestay

Bisnis Guesthouse atau Homestay
Bisnis Guesthouse atau Homestay

Bisnis pariwisata juga bisa dikaitkan dengan property. Jika Kamu mempunyai rumah atau property yang tidak terpakai, Kamu bisa mengubahnya menjadi guesthouse atau homestay. Penginapan yang ekonomis dengan harga terjangkau saat ini sangat populer di kalangan para backpacker dan wisatawan lainnya.

Saratnya suasana alam serta budaya daerah yang kental membuat para turis yang datang menyenangi keadaan itu. Atmosfir inilah yang biasanya kerap ditawarkan dari guesthouse atau homestay.

Dengan bekerja sama dan memanfaatkan jaringan travel agent online seperti Traveloka, Oyo, Reddorz, hingga Airy Room guna memasarkan hunian propertimu. Dengan begitu, target backpacker dan wisatawan bisa disasarkan dengan optimal.

Tak hanya itu, Kamu pun bisa mendaftarkan bisnismu di Google Maps. Hal ini bermanfaat  agar publik dapat dengan mudahnya menemukan apa yang mereka cari. Termasuk Homestay atau Guesthouse yang Kamu rintis.

Tak ubahnya, calon konsumen akan terlebih dahulu melakukan searching sebelum melakukan travelling. Jika bisnismu sudah diketahui orang banyak, maka besar kemungkinan akan semakin mudah bagimu untuk ditemukan oleh calon konsumen. Jadi ingatlah untuk memasang foto-foto terbaik yang disertai alamat lengkap dan jelas.

Harap diingat untuk selalu menjaga kebersihan serta pelayanan konsumen semaksimal mungkin. Harga yang bersaing juga bisa menjadi salah satu daya tarik bisnismu di mata para calon pelanggan.

Semakin baik rating dari bisnismu, maka semakin besar pula kemungkinan bagi bisnismu untuk menjadi dikenal dan melebarkan sayapnya.

Baca Juga: Bangun Usaha Modal Kartu Kredit? Ini Untung dan Ruginya

2. Bisnis Penerjemah dan Travel Guide

Bisnis Penerjemah dan Travel Guide
Bisnis Penerjemah dan Travel Guide

Bagi Kamu yang berdomisili di kawasan wisata, akan lebih mudah untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Salah satunya dengan menjadi Travel Guide dan penerjemah bahasa. Penerjemah bahasa tentu sangat diperlukan oleh para turis mancanegara. Contohnya jika

Kamu tinggal di wilayah wisata seperti Yogyakarta, Bali, Semarang, Padang, Manado, Lombok dan Makassar. Di wilayah ini, Kamu bisa mengembangkan usaha untuk menjadikan kedua profesi ini sebagai bisnis.

Manfaatkan pemahaman dan pengetahuanmu sebagai putra dan putri lokal dan perkenalkan keindahan tempat tinggalmu kepada para turis. Setiap daerah pada dasarnya mempunyai kearifan lokal yang menarik untuk disimak. Kamu bisa memperkenalkan hal itu kepada para wisatawan asing.

Pastikan budaya dan keindahan tempatmu diketahui orang banyak saat mereka bertamasya di daerahmu. Terutama jika Kamu sendiri menyukai bertemu dengan orang baru dan senang bersosialisasi. Bantulah wisatawan dengan menjadi Travel Guide dan Penerjemah.

Sebelumnya,lakukan promosi bisnismu ini dengan gencar. Gunakan media sosial dengan maksimal. Lakukan posting secara berkala tentang berbagai aktivitasmu. Dan ini termasuk keindahan panorama berbagai destinasi wisata di daerah tempatmu tinggal.

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag yang sesuai dan tepat di seluruh platform media sosialmu. Termasuk juga di dalamnya jaringan konsumen berteknologi digital. Kamu juga bisa memasarkan bisnismu dengan membuat situs khusus, mengiklankannya di Instagram serta Facebook.

3. Bisnis Sewa Kendaraan

Bisnis Sewa Kendaraan
Bisnis Sewa Kendaraan

Bisnis yang bisa Kamu rintis selanjutnya adalah penyewaan kendaraan. Terutama jika Kamu mempunyai beberapa kendaraan lebih. Baik itu roda dua maupun roda empat. Sewakan kendaraanmu kepada wisatawan domestik dan juga turis mancanegara.

Umumnya, wisatawan akan cenderung memilih menyewa kendaraan yang cepat, mudah, dekat dengan tempat-tempat yang strategis seperti stasiun, bandara, terminal dan pelabuhan.

Meski begitu, merintis bisnis ini mengharuskanmu untuk ekstra hati-hati. Pasalnya, ada risiko dan konsekuensi tinggi yang mengintai jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Alangkah baiknya jika Kamu mengharuskan penyewaan beserta sopirnya. Atau, Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu seperti apa calon penyewa kendaraan yang bersangkutan.

Jadikan dokumen penting atau tanda pengenal sebagai jaminan agar penyewa tidak kabur serta terhindar dari kendaraan hilang. Jangan lupa untuk menyematkan teknologi GPS pada kendaraan yang Kamu sewakan. Dengan demikian, kendaraan milikmu bisa dimonitor sejelas mungkin di setiap waktu.

4. Bisnis Kuliner Khas Lokal

Bisnis Kuliner Khas Lokal
Bisnis Kuliner Khas Lokal

Berbagai tempat kerap diidentikkan dengan kuliner tertentu yang sudah menjadi ciri khasnya. Seringkali kuliner khas di suatu daerah dikaitkan dengan kearifan lokal dan budaya di sana. Salah satu contohnya seperti tempat makan angkringan yang identik dengan D.I.Yogyakarta. atau juga masakan bubur Manado serta rica-rica yang tersohor di Minahasa sana.

Umumnya, para turis akan mencari berbagai kuliner khas lokal yang menjadi ciri khas di suatu daerah. Tak lengkap rasanya jika mereka berkunjung ke satu tempat tanpa mencicipi terlebih dahulu apa yang menjadi ciri khas disana.

Selain kuliner khas yang berhubungan dengan budaya, yang dicari selanjutnya adalah kuliner unik yang menawarkan sesuatu yang berbeda. Bagi Kamu yang hobi memasak dan andal dalam bidang ini, Kamu pun bisa membuka gerai makanan.

Optimalkan keberadaan ojek daring (dalam jaringan) agar produk makananmu bisa lebih mudah menjangkau para pelanggan di berbagai tempat. Tanpa perlu keluar modal dalam jumlah banyak, manfaatkan segala perlengkapan masak yang sudah ada. Maksimalkan dengan baik.

Yang terpenting untuk diperhatikan adalah kebersihannya, cita rasa yang menggigit, serta harga yang masih terjangkau dan ramah di kantong. Itulah faktor-faktor penting yang harus dipenuhi di bidang kuliner.

Untuk menambah ide dan inspirasi, Kamu bahkan bisa mengikuti jejak para selebritas dan artis tanah air. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali dari publik figur yang ikut menjajal keberuntungannya di bisnis kuliner. Mereka bahkan membuka tempat makan di berbagai tempat wisata. Termasuk juga guest house dan home stay yang aman dan nyaman. Ini tentu merupakan peluang emas untukmu memulai bisnis dari tempatmu berasal.

5. Bisnis Penjualan Oleh-Oleh/Buah Tangan

Jual Oleh-Oleh
Jual Oleh-Oleh

Jenis bisnis satu ini juga mempunyai peluang sangat besar untuk dikembangkan di berbagai daerah wisata. Sebagai turis pendatang, baik lokal maupun mancanegara, minat untuk membeli souvenir dan buah tangan seakan tak pernah lekang oleh waktu.

Oleh-oleh yang terkenal dari suatu daerah akan sangat digemari oleh semua umur. Jenisnya pun beragam baik untuk tua maupun muda, seperti kaos, gelang, topi, gantungan kunci, batik dan lain sebagainya. Terutama untuk dihadiahkan kepada sanak saudara, rekan, teman dan kenalan lainnya.

Sebagai contoh, Kamu bisa mencoba membuat berbagai oleh-oleh tersebut. Yang paling umum adalah kaos dan berbagai souvenir khusus yang berbau etnis. Untuk daerah Bali, lulur, produk perawatan kecantikan dan beraneka macam souvenir lainnya bisa dikaryakan untuk dijual.

Rata-rata turis akan tertarik membeli kenang-kenangan selama travelling ke suatu daerah wisata. Jadi kerajinan tangan pun bisa laris manis untuk dijual. Jika Kamu cukup terampil dalam membuat craft semacam ini, bisnis ini pun patut dicoba.

Berwisata ke suatu tempat akan sangat percuma jika Anda tak membeli sesuatu yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi. Ya, untuk itulah bisnis penjualan oleh-oleh menjadi sangat lazim ditemui di daerah dekat tempat wisata. Beberapa oleh-oleh yang cukup laris manis adalah souvenir, kerajinan khas daerah setempat, kaos atau busana yang bercorak atau bergambar tempat wisata setempat.

6. Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis Jasa Fotografi
Bisnis Jasa Fotografi

Meskipun saat ini semua smartphone sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni, namun bisnis satu ini tidak akan terganti. Belum tentu semua turis yang datang berwisata siap dengan perlengkapan fotografi yang memadai. Padahal mengabadikan momen merupakan hal yang penting selama berlibur. Sedangkan kamera di ponsel tetap saja dalam satu dan lain hal tidak memberikan hasil yang maksimal.

Disinilah peluang untuk memulai bisnis jasa fotografi bisa dimulai. Jasa fotografi kerap dibutuhkan untuk menangkap momen keceriaan yang manis selama liburan. Dengan begitu, membuka usaha fotografi dan percetakan bisa menjadi ladang uang yang menguntungkan. Bukalah usaha ini di dekat beberapa titik wisata yang paling populer di sekitar tempat tinggalmu.

Gandeng beberapa fotografer keliling untuk memudahkan bisnismu melebarkan sayapnya. Dengan demikian Kamu pun bisa membuka lapangan kerja dan merekrut pegawaimu.

7. Bisnis Event Organizer

Bisnis Event Organizer
Bisnis Event Organizer

Saat ini tak jarang juga masyarakat mengadakan kegiatan dan acara khusus di berbagai daerah objek wisata. Contohnya antara lain seperti melangsungkan pernikahan, pertemuan bisnis, reuni, bahkan hingga perilisan (launching) suatu produk dan lain sebagainya.

Tingginya tingkat penyelenggaraan acara di berbagai tempat wisata ini rupanya bisa menjadi celah bisnis bagi Kamu yang andal di dalam organizing. Jasa event organizer dalam hal ini dibutuhkan untuk mensukseskan kelangsungan berbagai acara ini. Dengan demikian, merupakan hal yang lumrah jika Kamu memilih membuka usaha event organizer di dekat tempat wisata yang terdapat di daerahmu.

8. Bisnis Kios dan Counter

Bisnis Kios atau Warung
Bisnis Kios atau Warung

Keberadaan counter dan kios serta warung yang menjual berbagai kebutuhan bagi para wisatawan akan terus dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. Contohnya seperti menjual makanan dan minuman ringan, obat-obatan generik, bahkan hingga pulsa elektrik. Banyak dari para wisatawan yang ingin tetap terhubung dan mudah dikontak. Kamu akan mendapat untung besar jika banyak dari mereka yang datang ternyata kehabisan paket data dan pulsa.

9. Bisnis Travel Blogging

Menjadi Travel Blogger
Menjadi Travel Blogger

Bisnis yang satu ini khusus bagimu yang punya banyak pengalaman dalam travelling dan suka menulis. Sudah mengawali kesuksesannya, Trinity mendokumentasikan seluruh kisah perjalanannya saat melakukan liburan dengan cara backpacking. Awalnya hal ini ditulisnya di dalam sebuah blog, yang kemudian berkembang menjadi buku yang diterbitkan.

Berkat keberhasilannya dalam menuliskan ulang kisah tersebut, bukunya yang berjudul The Naked Traveler sukses besar di pasaran. Menyusul kemudian kesuksesan lain setelah kisahnya diangkat menjadi film layar lebar.

Triknya adalah manfaatkan secara maksimal endorsement dari sponsor yang memanfaatkan blog serta media sosial mediamu. Seiring dengan berjalannya waktu, tak jarang biaya perjalananmu akan dibayarkan langsung oleh sponsor.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis dengan Maksimal agar Lebih Cepat Untung 

Minat dan Keseriusan Menjadi Modal Utama Bisnis Sukses

Itulah beberapa bisnis menjanjikan yang bisa Kamu rintis yang berhubungan dengan pariwisata. Selain modalnya minim, memulainya pun bisa dibilang cukup mudah jika memang sesuai dengan kesanggupanmu.  Selalu ingat untuk menjalankan bisnis sesuai dengan minat atau ketertarikan kamu. Kerja keras dan totalitas merupakan modal utama agar bisnis bisa cepat besar dan sukses. Selamat berbisnis dan semoga bermanfaat.

Butuh Dana Tambahan untuk Mulai Usaha? Download Aplikasi Indodana dan Lengkapi Data Anda Sekarang!

Download App Indodana Sekarang!