Ide Usaha Ibu Hamil yang Bisa Kamu Coba agar Tidak Bosan Saat di Rumah

Ide Usaha Ibu Hamil yang Bisa Kamu Coba agar Tidak Bosan Saat di Rumah

Posted by

Di era modern seperti sekarang ini, sepak terjang wanita modern tak lagi hanya bergumul sebagai ibu rumah tangga di rumah. Cepat atau lambat, setiap wanita dewasa pada akhirnya akan dihadapkan pada dua pilihan: menjadi ibu rumah tangga atau wanita karier. Seiring perkembangan zaman yang bergemuruh, pola pikir wanita terus bergeser dan kian berkembang. Hal ini tak hanya terjadi di negara maju tapi juga di negara berkembang seperti di Indonesia.

Sejak dulu, tuntutan masyarakat akan pernikahan yang harus terjadi dengan cepat selagi masih muda masih terus bergaung hingga kini. Meski modernisasi global sudah menyemaikan diri di mana-mana, namun kebudayaan serta adat istiadat yang mengakar pun tetap tumbuh subur. Untuk wilayah Asia yang ranah budaya timurnya masih kental, hal ini tentu bukan sebuah fakta baru. Khususnya di Tanah Air sendiri, masyarakat masih mengelukan dominasi laki-laki dalam kehidupan bermasyarakat.

Paham Patrilineal yang Membatasi Wanita

Sistem kekerabatan patrilineal menjadi santapan sehari-hari dalam bermasyarakat. Di mana, pihak pria diperbolehkan dominan mengatur alur dan tradisi masyarakat. Selain itu, alur keturunan pun berasal dari pihak bapak. Sehingga pada umumnya, Kaum Adamlah yang paling berkuasa. Sedangkan wanitanya, seolah seperti yang sudah tak punya pilihan lain selain menjadi ibu rumah tangga.

Wanita lajang yang kemudian menikah kerap dihadapkan dengan pilihan untuk melepaskan karier atau usahanya demi untuk mengurus rumah tangga. Selain harus meletakkan karier di nomor yang kesekian dan hanya diam di rumah, wanita juga harus sanggup mengurus rumah tangga, anak dan suami. Sedangkan untuk tanggung jawab mencari nafkah umumnya akan diserahkan seluruhnya ke suami.

Padahal, di tengah meningkatnya harga kebutuhan hidup dewasa ini, perspektif yang demikian belum tentu benar serta efektif dan efisien. Selain kurang memberdayakan, status pernikahan seorang wanita tak semestinya menghentikannya dari kemandirian keuangan. Terutama jika pasangan suami istri (pasutri) sedang menantikan kelahiran sang buah hati.

Peluang Usaha untuk Ibu Hamil

Peluang Usaha untuk Ibu Hamil
Peluang Usaha untuk Ibu Hamil

Di satu sisi, menjadi ibu penuh waktu merupakan keharusan demi kesejahteraan fisik, mental, spiritual dan emosional sang anak. Sebagai sosok yang pertama merawat, mengasuh dan mendidik anak, menjadi ibu merupakan amanah besar yang perlu diemban dengan baik.

Namun di sisi lain, perlu juga biaya lebih guna menyokong kesejahteraan rumah tangga dan peningkatan taraf hidup. Jika sudah begitu, mungkinkah bagi wanita yang sudah menikah—terutama ibu hamil (bumil) untuk dapat menghasilkan uang dari rumah? Jawabannya sangat dimungkinkan.

Ada beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dan ibu hamil (bumil) walaupun cuma dari rumah. Biasanya, wanita yang sudah berbadan dua akan mengambil cuti atau memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya. Sejumlah kebiasaan tentu berubah. Aktivitas jadi berkurang demi kesehatan yang aman nyaman untuk sang bunda dan debay (dede bayi).

Lagipula idealnya memang calon ibu harus lebih memfokuskan diri untuk menyambut kedatangan sang buah hati ke dunia. Terutama saat memasuki hamil besar. Meski begitu, beberapa perempuan yang umumnya aktif di luar rumah akan merasa jenuh dan bosan lantaran sejumlah perubahan yang ada.

Baca Juga: Tips Anti Boros Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan agar Budget Tetap Aman 

Mulai Bisnis Sampingan yang Ringan Sebagai Seorang Ibu Hamil

Bisnis Sampingan yang Ringan Sebagai Seorang Ibu Hamil
Bisnis Sampingan yang Ringan Sebagai Seorang Ibu Hamil

Tapi untuk mengusir rasa bosan dan menambah pendapatan, Kamu juga bisa mulai membuka usaha sendiri dari rumah. Tentunya memulai bisnis sampingan yang ringan saja. Yang sekiranya tidak terlalu membuat lelah. Opsi ini bisa dijadikan alternatif agar tidak berimbas buruk terhadap kandungan dan janin di masa yang akan datang.

Jadi sudah siapkah untuk menjemput rezeki langsung dari rumah? Ada banyak ide dan peluang bisnis yang bisa dikaryakan untuk menghasilkan extra money. Apalagi jika mengingat di era digital ini, ide bisnis sudah semakin bervariasi. Dan kabar gembiranya, Kamu bisa tetap menghasilkan uang dalam jumlah banyak tanpa harus menguras peluh dan keringat.

Lebih lanjut, berikut Ide usaha yang bisa dijajal oleh bumil agar tidak bosan saat di rumah. Apa saja?

1. Jual Craft/ Kerajinan Tangan

Ibu Hamil Menjual Kerjinan Tangan
Ibu Hamil Menjual Kerjinan Tangan

Bumil yang kreatif dan senang membuat keterampilan tangan atau prakarya akan cocok menjalankan bisnis ini. Sambil menunggu si jabang bayi lahir ke dunia, Kamu bisa mereka-reka berbagai macam prakarya. Buatlah kerajinan tangan yang Kamu suka dan sekiranya menarik bagimu. Salah satu contohnya seperti membuat sarung tangan bayi, taplak meja, syal dan lainnya.

Kamu bisa mempromosikan hasil kreasimu ini di internet dan media sosial. Tak hanya itu, Kamu juga bisa menawarkan ke tetangga di sekitar tempat tinggalmu. Sertakan juga informasi bahwa Kamu menerima pesanan dan costum. Siapa tahu bisnismu ini malah maju dan melambung tinggi. Seperti kisah Stefanie Schwartz, seorang psikolog klinis dari Australia.

Saat hamil tua, ia memutuskan untuk mengambil cuti. Namun siapa sangka jika Stefanie Schwartz lantas terpikir untuk membangun sebuah bisnis. Yang tak disangka-sangka, bisnisnya malah sukses berkembang. Yang penting adalah bagaimana caranya membangun bisnis sembari mengurus keluarga.

Yang menarik, saat itu, Stefanie baru saja melahirkan dua anaknya. Dan selama cuti, ia ingin tetap bisa bekerja meski tidak sepenuh waktu. Ia pun lantas merilis brand aksesoris kreasinya yang dinamakan Chuchka. Dalam bisnis ini, ia menyediakan handuk, tas dan lain sebagainya.

Kepada media Dailymail, ia mengatakan ingin mendapat pekerjaan yang sesuai agar tetap bisa menjalankan tugasnya sebagai ibu sepenuh waktu. Stefanie juga ingin lebih mengeksplorasi hal yang disenanginya dan berkreasi.

Ia pun lantas membagikan kiat-kiatnya untuk para ibu lain di luar sana. Apa saja tipsnya? Menurut Stefanie, yang pertama harus tahu bahwa merintis bisnis pasti tidak mudah. Terutama di awal. Pekerjaan ini, pasalnya, bisa menguras waktu ibu-ibu muda sehingga perlu persiapan lebih.

Tips yang kedua, Kamu disarankan untuk memilih sesuatu yang betul-betul disukai. Yang ketiga, manajemen waktu harus tepat dan seimbang antara keluarga dan pekerjaan. Selain itu, refreshing pun hendaknya jangan sampai ditinggalkan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan. Demikian sebagaimana dilansir dari halaman Wolipop.Detik.com.

2. Berjualan pulsa

Jual Pulsa Saat Hamil
Jual Pulsa Saat Hamil

Di era digital seperti saat ini, kebutuhan untuk eksis di social media dan internet seakan telah menjadi keutamaan sehari-hari masyarakat modern. Itulah sebabnya berjualan pulsa untuk data internet bisa menjadi lahan rezeki bagimu. Terutama jika Kamu sudah mempunyai jaringan konsumen yang banyak dan juga luas.

Bisnis ini sering disebut sebagai batu loncatan yang cocok untuk memulai rintisan usahamu. Keuntungannya pun sangat menjanjikan lantaran setiap smartphone yang dimiliki semua usia umumnya akan membutuhkan pulsa. Selain itu, tidak butuh banyak modal untuk Kamu mulai berjualan pulsa.

Berjualan pulsa merupakan opsi paling mudah dan tanpa modal besar. Jika terus ditekuni dengan giat, kelak Kamu bisa membuka counter pulsa dan menambah produk yang ditawarkan. Salah satunya seperti aksesoris telepon selular dan masih banyak lagi.

3. Jadi Penerjemah

Ibu Hamil Bekerja Sebagai Penerjemah
Ibu Hamil Bekerja Sebagai Penerjemah

Maksimalkan kemampuanmu berbahasa asing dengan menjadi penerjemah lepas di internet. Selain bisa dikerjakan online dari rumah, opsinya pun cukup beragam seperti jasa menerjemahkan film asing, buku hingga karya tulis dari berbagai tokoh terkemuka.

Kemampuan bahasa asing yang tambah terasah juga bermanfaat bagi kecerdasan janin yang ada di dalam kandungan. Pendapat umum mempercayai bahwa ibu yang terus belajar selagi mengandung bisa membuat janinnya bertumbuh kembang lebih cerdas dari rata-rata.

Jadi Kamu bisa menemukan klien yang membutuhkan jasa penerjemah di internet. Menjadi seorang penerjemah dari rumah merupakan salah satu profesi yang mudah untuk para bumil yang memenuhi kriteria.

4. Menjadi YouTuber

Youtuber Ibu Hamil
Youtuber Ibu Hamil

Siapa sangka jika profesi ini juga terhitung sangat menjanjikan untuk mendatangkan uang. Pasalnya, banyak YouTuber di luar sana yang berpenghasilan jauh lebih besar ketimbang pemasukan karyawan kantoran. Di sinilah menariknya. Kendati income yang didapatkan murni hanya dari iklan Adsense, namun jumlahnya cukup besar.

Jadi, Kamu bisa mulai membuat konten yang menarik dan mudah. Contohnya seperti mengenai resep masakan,

Kamu pun bisa membuat konten yang mudah. Misalnya resep membuat kue, resep memasak, hingga berbagai tips untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Kamu juga bisa membagikan kiat-kiat seputar kehamilan sampai perawatan bayi yang baru saja lahir.

Untuk besaran penghasilan, profesi ini berpotensi memberimu income yang besar. Mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Jadi, tak ada salahnya bukan untuk ditekuni?

5. Dropshipper/ Reseller

Jadi Drophipper atau Reseller Saat Hamil
Jadi Drophipper atau Reseller Saat Hamil

Kamu pun bisa memaksimalkan kegiatan belanja online agar mendatangkan pemasukan. Caranya yakni dengan menjadi dropshipper dan atau reseller. Kamu tak harus mempunyai produknya atau menyimpan stock barang di rumah. Ikuti saja berbagai platform yang menyediakan peluang untuk menjadi dropshipper/ reseller.

Jadi dengan begitu, Kamu hanya perlu modal jaringan internet dan media sosial saja. Kamu hanya perlu memasarkan barang atau produknya. Ada pun untuk pengemasan serta pengirimannya akan dilakukan oleh supplier yang sudah Kamu tentukan.

Ada berbagai opsi untuk barang atau produk yang dapat Kamu jual. Barang atau produk yang dikirimkan memang berasal dari supplier. Meski begitu, nama yang akan dicantumkan dalam info pengiriman adalah nama toko online milikmu sendiri.

Baca Juga: Tips Hemat Ala Orang Jepang yang Bisa Kamu Tiru Agar Gaji Tetap Awet 

Maksimalkan Waktu dan Peluang Saat Hamil

Jadi meski pun sedang berbadan dua, Kamu masih bisa memaksimalkan waktu dan peluang yang ada untuk menjemput rezeki. Mulailah dari yang paling mudah dan cocok untukmu. Sesuai dengan modal yang tersedia. Siapa tahu jika sudah berkembang pesat, bisnismu ini bisa melambung tinggi dan sukses secara pesat dan hebat.

Jika sudah begitu, keuangan rumah tangga pun otomatis akan semakin sejahtera. Dan sebagai istri, Kamu pun bisa lebih meringankan beban suamimu sebagai pencari nafkah. Waktu bersama anak tetap terjaga dan rezeki pun datang dengan berlimpah, amin. Semoga sukses selalu, ya!

Butuh Dana Tambahan untuk Mulai Berbisnis Saat Hamil? Download Aplikasi Indodana dan Lengkapi Data Anda Sekarang!

Download App Indodana Sekarang!