6 Gaya Hidup yang Perlu Kamu Terapkan agar Bisa Mulai Sukses Secara Finansial copy

6 Gaya Hidup yang Perlu Kamu Terapkan agar Bisa Mulai Sukses Secara Finansial

Posted by

Ada beberapa faktor vital yang menjadi penentu dari kesuksesan seseorang. Tak hanya murni beraksi saja, pencapaian hidup yang sukses tentu mesti dibarengi dengan iman dan doa. Selain itu, banyak orang yang berhasil meraih cita-cita dan kesuksesan yang didambakannya melalui pola pikir tertentu. Pola pikir dan sikap dalam menjalani hidup itulah yang bisa menjadi penyebab seseorang lebih cepat meraih sukses.

Di sisi lain, sebagian orang masih terus bergumul dengan sejumlah faktor yang membuatnya gagal. Sebagai contoh, banyak orang yang tak pandai mengukur diri sehingga kurang cerdas dalam menentukan batasan. Banyak juga yang terkendala dalam menerapkan disiplin diri. Sehingga hal itulah yang membuatnya tersandung sendiri.

Tidak Menetapkan Gaya Hidup Sukses dan Disiplin Diri

Tidak Menetapkan Gaya Hidup Sukses dan Disiplin Diri
Tidak Menetapkan Gaya Hidup Sukses dan Disiplin Diri

Sebagaimana diketahui, kebanyakan orang jadi gagal lantaran tak dapat menetapkan gaya hidup sukses. Ada kiat-kiat khusus yang perlu diterapkan agar sukses datang lebih cepat. Banyak juga yang tak berhasil lantaran tak mampu menerapkan disiplin terhadap diri sendiri. Hal itulah yang kerap menghambat orang dari keberhasilannya sendiri.

Sehingga disiplin diri kerap menjadi kebiasaan yang tak mudah untuk diterapkan. Karena pasalnya, menerapkan disiplin pada diri sendiri merupakan masalah terbesar bagi banyak orang. Sehingga tak ayal, mereka pun gagal.

Gaya hidup hemat merupakan salah satu cara yang perlu diterapkan untuk menjadi sukses, terutama sukses di bidang keuangan. Gaji yang besar tidak menjamin seseorang akan menjadi kaya raya. Selain mempunyai penghasilan besar, pengelolaan yang tepat dalam manajemen keuangan pun perlu diperhatikan. Banyak orang yang menjadi bangkrut lantaran tak mampu mengendalikan arus pengeluarannya. Sehingga sangat disarankan untuk Kamu menghindari sikap boros dalam menggunakan uang.

Baca Juga: Jenis Investasi Unik yang Bisa Kamu Coba Mumpung Masih Muda

Rahasia Orang Sukses dari Berpikir Positif

Berpikir Positif
Berpikir Positif

Layaknya resep masakan yang lezat selalu ditanya dan diminta untuk dibagikan kepada khalayak banyak, demikian juga mengenai resep kesuksesan. Apa rahasianya resep kesuksesan mereka? Banyak orang yang mempertanyakannya. Bagaimana cara agar mereka bisa mengenyam kesuksesan dan kekayaan yang dicapai?

Kamu bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah lebih dulu berhasil menjadi kaya dan sukses secara umum. Pasti ada jejak kesuksesan yang dapat diikuti. Jadi ikutilah kiat-kiatnya. Karena kebanyakan dari orang-orang sukses ini pun pernah merasakan pahit manis asam garam kehidupan. Dalam artian, tak semuanya berasal dari keluarga atau orangtua yang berada. Mereka berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi yang biasa saja.

Namun dengan mengubah mindset dan sejumlah kebiasaan yang diperlukan secara umum mereka pun berhasil mengubah nasib dan masa depannya. Yang penting untuk dijadikan fondasi adalah berpikir positif.

Berpikir positif bisa sangat membantumu agar bisa senantiasa optimis tapi memang bukan berarti naïf. Sebaliknya berpikir dan bertindaklah dengan positif. Berikan yang terbaik darimu sehingga hasilnya pun diharapkan merupakan yang terbaik. Pikirkan dan bayangkan hal-hal yang baik terjadi kepadamu di dalam hidupmu.

Selalu Terima Tantangan dan Fokus

Terima Tantangan dan Fokus
Terima Tantangan dan Fokus

Selain itu, Kamu juga perlu berani menerima tantangan dan mengambil risiko. Mengapa ini penting? Banyak orang yang jadi kalah sebelum berperang karena mereka gagal dan tak berani mencoba. Jika mencoba saja tidak berani, apalagi menang? Sehingga perlu diingat bahwa setiap orang yang berhasil mencapai puncak kesuksesan, adalah mereka yang berani berusaha lebih dan mencoba sekali lagi. Di balik setiap tantangan dan kegagalan, pasti ada peluang untuk menang.

Berikutnya adalah fokus. Jangan remehkan kekuatan pikiranmu. Jangan sepelekan kekuatan konsentrasi karena pikiranmu sangat berdaya ketika sedang terfokus. Tapi tentu semua usahamu tak akan membuahkan hasil jika hanya sebatas berada di dalam nalar saja. Kamu juga harus menyiapkan mental dan fisik untuk kerja keras. 

Ingatlah bahwa semua membutuhkan proses. Jadi berkomitmenlah untuk teguh menjalani proses. Jangan sedih dan kecewa jika saat ini upayamu belum membuahkan hasil. Ubah caramu. Ubah strategi dan sikapmu. Lakukan evaluasi dan koreksi agar proses pencapaian dan hasilnya bisa segera diperbaiki jika usahamu belum berbuah manis. Ulangi prosesnya dan coba lakukan lagi, kali ini dengan lebih baik.

Sebelum Kamu berhenti berupaya, ingat juga bahwa jika Kamu berhenti, Kamu hanya akan berakhir gagal. Tapi jika Kamu memutuskan untuk terus berusaha, bangkit dan berfokus pada kesuksesan, maka kisahmu tidak jadi berakhir gagal. Orang yang berhenti hanya akan menjadi gagal. Namun jika Kamu maju terus, Kamu masih berpeluang untuk mengubah kisah keberhasilanmu.

Lebih lanjut, Kamu bisa mulai menerapkan sejumlah gaya hidup yang bisa membawamu menjadi orang sukses. Simak uraiannya sebagai berikut.

1. Luangkan 20 Menit Per Hari untuk Belajar Keterampilan Baru

Belajar Hal atau Keterampilan Baru
Belajar Hal atau Keterampilan Baru

Kuasai berbagai keterampilan baru yang bisa mendatangkan benefit, manfaat, keuntungan dan income ke dalam hidupmu selama 20 menit setiap hari. Pelajari dan latih terus kemampuan tersebut setiap harinya. Dengan begitu, Kamu pun dapat mengembangkan kualitas diri sehingga tambah kompeten dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, bacalah berbagai buku dengan tema yang berbeda dari apa yang menjadi profesimu. Misal jika Kamu seorang ahli ekonomi, coba pelajari jiu jitsu sebuah aliran bela diri yang berasal dari Jepang. Siapa tahu ke depannya Kamu bisa menjadi seorang sensei dan membuka sanggar bela diri. Kamu juga bisa mengikuti seminar atau workshop tertentu, hingga bergabung dengan beberapa komunitas profesional.

Mempelajari hal-hal baru berarti Kamu keluar dari zona nyamanmu. Hal ini dikarenakan Kamu akan memasuki hal baru yang belum Kamu kenali sebelumnya. Meski tidak mudah, menguasai skill baru nyatanya bisa membantumu mendapatkan pekerjaan. Karena siapa tahu kemampuan barumu ini malah membawa rezeki baru.

2. Punya Mentor

Mentor dalam Bekerja dan Hidup
Mentor dalam Bekerja dan Hidup

Memiliki mentor berarti ada seseorang yang akan bersedia mengarahkanmu untuk mengubah kebiasaan agar lebih cepat sukses. Yang perlu dikenali adalah sejumlah kebiasaan tak produktif yang tanpa sadar telah menghambat dirimu sendiri. Itulah sebabnya Kamu memerlukan seseorang yang bersedia mengarahkanmu kembali ke jalur yang sebagaimana mestinya. Sebagai koreksi.

Ada peribahasa lama berbunyi, “Show me your friends and I will show you your future”. Tunjukkan kepada saya siapa teman-temanmu, maka Saya akan menunjukkan bagaimana masa depanmu.

Tak dapat dipungkiri bahwa pergaulan sedikit banyaknya akan membentukmu. Bukan hanya karakter, tapi juga pola pikir dan kebiasaanmu. Sehingga alangkah baiknya jika Kamu bersosialisasi dengan mereka yang sudah lebih dulu sukses darimu. Bergaul dekatlah dengan orang-orang yang memberikan pengaruh positif ke dalam hidupmu.

Kelilingi diri dengan mereka yang sama-sama termotivasi diri untuk berkembang, terutamanya yang mempunyai target yang sama. Dengan begitu, Kamu pasti termotivasi untuk jadi sosok yang lebih baik, dengan hasil-hasil yang juga lebih baik lagi. Teman dengan motivasi positif bisa menguntungkanmu karena Kamu akan ikut terbawa dan terpengaruh untuk berkembang.

Biasanya, teman yang punya motivasi kuat terhadap dirinya sendiri akan memicumu untuk melakukan hal yang sama. Semangat yang menular itu tentu membantumu dalam bekerja maupun menjalankan usaha. Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang yang berhasil menjadi kaya dan sukses lantaran pengaruh kenalan dan koneksi mereka. Jadi sangat disarankan untuk menambah kenalan dan memperluas koneksimu. Siapa tahu salah satu dari mereka merupakan jalan untukmu mengecap kesuksesan.

3. Ciptakan Lebih Banyak Penghasilan

Ciptakan Penghasilan Tambahan
Ciptakan Penghasilan Tambahan

Untuk menambah uang ekstra, Kamu tak hanya perlu hidup berhemat. Kamu juga perlu menambah uang tambahan dengan menciptakan lebih banyak penghasilan. Terutama jika saat ini penghasilanmu hanya didapatkan dari satu sumber saja. Pasalnya, salah satu siasat dari banyak orang kaya adalah mempunyai sumber penghasilan yang banyak.

Tentu Kamu perlu banyak bersyukur atas apa yang Kamu punya. Meski begitu, jangan cepat puas dalam pengembangan diri. Jangan cepat puas dalam meningkatkan taraf hidupmu. Karena biasanya orang kaya akan menjadikan hal ini sebagai gaya hidup mereka. Tak hanya menjalankan gaya hidup hemat, mereka bahkan menjadikan “mencari pendapatan ekstra” sebagai bagian dari gaya hidup.

Seperti yang diungkapkan oleh Thomas C. Corley dalam buku Rich Habits, umumnya orang-orang kaya raya memiliki setidaknya tiga sumber income. Artinya, jika Kamu saat ini hanya masih mengandalkan gaji saja, Kamu perlu menambah dua lagi sumber penghasilanmu. Kamu bisa membuka bisnis online serta mengambil pekerjaan sampingan.

4. Temukan Penawaran Lebih Menarik atau Negosiasi Gaji

Negosiasi Gaji yang Kurang
Negosiasi Gaji yang Kurang

Kamu mungkin belum puas dengan besaran gajimu saat ini. Sebagai alternatif, temukan penawaran lain yang lebih menarik. Atau Kamu juga bisa menegosiasikan besaran gajimu dan meminta kenaikan. Dengan catatan, pastikan juga kinerjamu sudah mencapai kualitas terbaik sebagai kontributor bagi perusahaan.

Meski terasa tidak nyaman dan tak mudah untuk keluar dari zona nyaman, Kamu bisa mengajukan negosiasi kenaikan gajimu. Jadikan peningkatan kinerja dan profesionalitas sebagai imbalan bagi perusahaan.

Jika negosiasi gaji bukan pilihan, maka temukan penawaran lain yang lebih menarik di luar sana. Siapa tahu ada banyak opsi yang lebih cocok dan menggiurkan. Ada banyak peluang lain yang bisa menjadi solusi keuangan untuk meningkatkan income.

5. Investasikan 20% Pendapatanmu

Investasikan 20% Pendapatan
Investasikan 20% Pendapatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berinvestasi merupakan salah satu gaya hidup orang kaya. Namun sebagian besar masyarakat awam masih kurang memahami seluk-beluk berinvestasi. Padahal, seluruh lapisan masyarakat sesungguhnya bisa berinvestasi.

Sebagai opsi, Kamu bisa memilih investasi yang paling cocok untukmu. Salah satunya seperti tabungan berjangka, emas, deposito, saham, obligasi hingga reksadana dan P2P Lending. Investasi saham atau P2P Lending akan memberikan return rata-rata mencapai 16-20 persen per tahun. Meski begitu, ada risiko cukup besar yang mengintai.

Jika ingin aman berinvestasi, Kamu bisa pilih emas, tabungan berjangka, deposito hingga obligasi pemerintah. Tapi memang, untuk jenis investasi yang terhitung aman ini, return yang dihasilkan tidak akan sebesar investasi saham misalnya.

6. Jangan Tingkatkan Gaya Hidup Setelah Income Bertambah

Kebanyakan orang akan mengubah gaya hidupnya segera setelah penghasilannya bertambah. Mereka akan segera meningkatkan taraf hidup agar lebih baik dan memuaskan. Namun begitu, justru hal inilah yang akan menghambatmu dari kondisi keuangan yang lebih baik. 

Ingatlah bahwa misimu yang sesungguhnya adalah menjadi kaya dan sukses, bukan hanya sekadar tampak seperti orang kaya dan sukses. Orang sukses dan kaya dikenal karena etos kerja dan usaha mereka. Bukan karena apa yang mereka kenakan dan seperti apa penampilan mereka. Bahkan jika Kamu perhatikan, Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang kaya raya saja masih mengenakan kaos dan sweater yang tampak biasa dan sederhana. Jauh dari kesan glamour.

Seperti Warren Buffett, ia juga tak berlebihan dan tetap sederhana ketimbang memamerkan kekayaannya. Padahal, ia tentu sangat mampu mengingat dirinya dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Majalah Forbes, menurut halaman Wikipedia. Tapi sebaliknya, ia tetap masih menghabiskan US$ 3,17 atau Rp 44 ribuan untuk makan di McDonald’s.

Baca Juga: Tips Pemula untuk Memulai Bisnis Baru Agar Cepat Berkembang dan Sukses

Praktekkan Kebiasaan-Kebiasaan Baru yang Bisa Mengubah Diri

Semua tergantung dari prioritasmu dalam menggunakan uang. Gaya hidup yang boros dan menjerumuskan bisa membuatmu mengalami kesulitan uang. Jika sudah begitu, keamanan finansial hanya menjadi angan-angan belaka. Untuk meraih kesuksesan, totalkan keputusan, pilihan dan aksimu. Mengubah mindset saja tidak akan cukup. Praktekkan juga kebiasaan-kebiasaan baru yang bisa lebih memberdayakan, yang mengantarkanmu lebih cepat menggapai kesuksesan.

Mau Cepat Sukses Secara Finansial ? Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.