Kamu Single Ternyata Hal Ini Bisa Bikin Kamu Hemat Lho! Cek Faktanya Berikut Ini

Kamu Single? Ternyata Hal Ini Bisa Bikin Kamu Hemat Lho! Cek Faktanya Berikut Ini

Posted by

Kamu masih single? Bagi kebanyakan orang, status pernikahan merupakan salah satu patokan untuk mengukur keberhasilan. Apalagi jika memandang bahwa menikah merupakan salah satu tuntutan masyarakat. Terutama bagi Negara Indonesia yang notabene budaya timurnya sangat kental. Meski begitu, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum seseorang betul-betul sudah matang dan mantap melangkahkan kaki ke jenjang hubungan yang lebih serius. Salah satunya adalah kondisi keuangan.

Tak dapat dipungkiri, status pernikahan seseorang bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi finansialnya. Beberapa orang yang menikah tanpa kondisi finansial yang matang pasti akan menghadapi sejumlah tantangan materi yang signifikan.

Bangun Fondasi Keuangan yang Mantap

Bangun Fondasi Keuangan yang Mantap
Bangun Fondasi Keuangan yang Mantap

Menikah dan berumah tangga idealnya memang membutuhkan fondasi keuangan yang mantap dan mapan. Pasalnya, ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pasangan suami istri (pasutri). Belum lagi jika mereka lantas memutuskan untuk segera mempunyai anak.

Di sisi lain, pasutri yang baru menikah memang berpeluang besar untuk lebih mantap secara keuangan. Tapi itu hanya bisa diwujudkan jika keduanya memilih untuk bekerja dan sama-sama mencari nafkah dulu di awal pernikahan mereka.

Bayangkan jika keduanya terbiasa bekerja dan mendapat apa yang mereka inginkan selama masih berpacaran. Setelah menikah dan segera memutuskan untuk punya keturunan, yang satu akan berhenti bekerja. Otomatis pendapatan akan berkurang dan terjadi sejumlah perubahan. Ada adaptasi yang perlu dilakukan agar keseimbangan finansial dapat terus dipertahankan. Salah satunya yakni dengan menjalani hidup secara lebih hemat.

Akan tetapi banyak juga orang yang setelah menikah bisa lebih fokus atau akhirnya terdorong untuk membenahi kondisi keuangannya. Mereka bisa jadi akan terdorong untuk lebih giat bekerja dan mulai membuat perencanaan keuangan. Itu semua bisa mencakup membangun emergency fund (dana darurat), menabung untuk membeli rumah pribadi, menabung untuk dana pensiun atau hari tua, serta menyiapkan dana pendidikan bagi masa depan anak.

Padahal, sebenarnya semua ini harus sudah dibenahi selagi Kamu masih single. Tak perlu menunggu nanti setelah punya pasangan untuk mulai mengelola keuanganmu dengan baik dan sehat. Karena pasalnya, kondisi keuangan yang sehat tak dapat dibangun hanya dalam satu malam. Dibutuhkan proses yang cukup memakan waktu. Semuanya memerlukan strategi, komitmen, disiplin, konsistensi dan pengorbanan.

Baca Juga: Biaya Nikah Kurang? Ini Cara Hemat yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Pasangan

Benahi Keuanganmu Sejak Dini

Di tengah masyarakat yang budayanya terus mengelu-elukan cinta dan pasangan romantis, Kamu mungkin pernah merasa sedih dan galau lantaran belum punya pasangan. Padahal, hidup single alias masih menjomblo tanpa kekasih ini tidak seburuk yang dibicarakan orang-orang.

Sebenarnya status lajangmu ini justru malah mendatangkan sejumlah keuntungan sendiri dalam segi finansial. Jadi, daripada Kamu menjadi sedih berlebihan, mengapa tidak Kamu memaksimalkan momen ini untuk membenahi keuanganmu sejak dini?

Karena rupanya, ada berbagai keuntungan dan manfaat yang bisa Kamu dapatkan selagi Kamu masih melajang. Ya, memang benar bahwa Kamu mungkin perlu bekerja dengan lebih giat, rajin dan tekun sendirian. Kamu juga perlu membangun leadership dan memotivasi dirimu sendiri agar tetap berada di track yang semestinya. Kamu pun perlu belajar untuk berbahagia secara mandiri dan tanpa pasangan.

Penting juga untuk ditekankan bahwa Kamu masih bisa menjalani hidup dengan berbahagia bersama keluarga dan teman-temanmu. Justru disinilah saatnya Kamu bisa berfokus secara maksimal untuk membenahi hidup dan mencapai sejumlah tujuan serta cita-cita.

Salah satu manfaat paling signifikan yang bisa Kamu raup dari status lajangmu ini adalah berhemat. Karena pasalnya, banyak orang jadi tak bisa hidup hemat lantaran sudah punya kekasih. Bayangkan saja skenarionya. Jika setiap minggu Kamu pergi berkencan dengan kekasih, berapa dana yang perlu dikeluarkan? Ada budget khusus yang perlu disiapkan untuk berkencan, mulai dari makan malam di luar, jalan-jalan, menonton konser musik atau menonton film di theater misalnya.

Jika pengeluaran ini tidak dianggarkan, maka cepat atau lambat hal ini bisa jadi akan menggerogoti keuanganmu. Padahal, perencanaan keuangan yang baik bisa senantiasa menjaga kondisi finansialmu tetap sehat. Apalagi jika ternyata Kamu pun masih punya sejumlah tujuan dan target keuangan yang perlu dicapai. Atau mungkin masih ada tunggakan yang perlu dibayarkan, barangkali? Seperti cicilan kendaraan bermotor atau gadget kesayanganmu.

Keuntungan Finansial Apabila Kamu Masih Single

Untuk lebih rinci lagi, berikut adalah sejumlah keuntungan dari status lajangmu yang akan sangat bermanfaat bagi kondisi finansial

1. Lebih Mudah Merencanakan Anggaran Keuangan

Lebih Mudah Merencanakan Anggaran Keuangan
Lebih Mudah Merencanakan Anggaran Keuangan

Ya, status lajang bisa membuat hidupmu lebih simple. Artinya, Kamu jadi bisa lebih mudah untuk fokus membenahi hidup. Mungkin Kamu secara pribadi punya sejumlah cita-cita dalam hidup yang masih ingin dicapai terutama dalam hal keuangan. Saat masih single kamu jadi bisa lebih mudah membuat rencana keuangan pribadi dan mencapai target-target yang kamu tetapkan.

Secara umum, banyak orang baik pria maupun wanita yang masih betah melajang lantaran ingin berfokus kepada kesuksesan dan kemapanan finansialnya terlebih dahulu.

Mari akui saja, menikah itu tidak mudah. Biayanya juga tidak murah. Terutama jika Kamu masih menggunakan mindset harus menggelar resepsi besar-besaran untuk merayakan momen bahagiamu itu. Berapa budget yang dibutuhkan? Bisa jadi anggarannya melambung tinggi hingga ke angka ratusan juta. Sudah siapkah keuangan pribadimu untuk membiayainya? Atau masih memerlukan sokongan dana dari orangtua?

2. Fokus Bekerja Tanpa Terganggu

Fokus Bekerja Tanpa Terganggu
Fokus Bekerja Tanpa Terganggu

Saat melajang, Kamu bisa lebih fokus bekerja tanpa gangguan yang berarti. Bagi banyak orang, bekerja tanpa gangguan bisa memaksimalkan hasilnya. Dan karena lebih fokus, pekerjaanmu pun bisa jadi lebih cepat selesai dibandingkan terus diganggu oleh pacar atau istri setiap saat ketika di kantor.

Meski begitu, tentu tidak disarankan Kamu menjadi sosok yang workaholic (gila kerja) atau mengorbankan waktu senggangmu untuk refreshing dan relaksasi. Realitanya, saat Kamu terlibat dalam suatu hubungan, hubungan itu bisa membatasimu dalam hal energi, uang dan waktu.

Selain itu, Kamu bisa mengembangkan sayap lebih luas dalam ranah karier dan profesimu. Siapa tahu jika ke depannya Kamu mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik di kemudian hari. Mumpung masih single, Kamu bisa mengecap berbagai pengalaman kerja dan hidup dengan lebih luas. Dan Kamu tak perlu khawatir melakukannya hanya karena takut langkahmu itu bisa mempengaruhi hidup pasanganmu lantaran Kamu masih melajang.

3. Lebih Bebas Berbelanja dan Melakukan Apa yang Kamu Inginkan

Bebas Berbelanja Saat Lajang
Bebas Berbelanja Saat Lajang

Akui saja, hidup single sesungguhnya membuatmu lebih bebas dan merdeka. Dalam artian, Kamu bisa membelanjakan uangmu untuk kebutuhan apa pun yang dierlukan tanpa harus pusing memikirkan budget untuk berpacaran. Selain itu, Kamu pun bebas melakukan apa pun yang Kamu inginkan seperti menggunakan uangmu untuk investasi, ditabungkan untuk traveling ke destinasi impianmu, untuk berolahraga dan mendapatkan bentuk tubuh dambaan, atau untuk membiayai hobimu.

Kamu tak perlu dipusingkan dengan perkara harus membayar kencan dengan kekasih (makan malam dan menonton film).

4. Tagihan Credit Card Tidak Membengkak

Tagihan Credit Card Tidak Membengkak
Tagihan Credit Card Tidak Membengkak

Hidup melajang juga bisa menghemat tagihan credit card kamu tiap bulan. Keuangan yang tidak sehat juga bisa menyebabkanmu terlilit utang credit card. Dewasa ini, tak jarang kita temui beberapa orang yang jadi berutang karena gaya hidup yang tak sehat. Gunakan kartu kredit dengan sehat maka hasilnya pun bisa sangat bermanfaat. Tapi jika tidak dimanfaatkan dengan bijak dan cerdas, akan lain lagi ceritanya.

Sebagian orang malah menggunakan kartu kreditnya untuk kesenangan sesaat saja. Bisa jadi membelikan barang eksklusif dan mewah untuk kekasihnya hingga mentraktir di restoran mahal dan lain-lain. Padahal, cara seperti ini hanya akan membuatmu terjerumus ke dalam jeratan utang credit card yang merusak ketenanganmu setiap saat.

Baca Juga: Jenis Pemborosan yang Perlu Kamu Hentikan Sekarang agar Hidup Lebih Baik

Gunakan Kesempatan Melajang Sebagai Waktu untuk Memperbaiki Kondisi Keuangan

Tak perlu ciut atau bersedih hati jika saat ini Kamu masih melajang. Seperti contoh uraian di atas, ada beberapa hal bermanfaat yang bisa Kamu lakukan untuk membenahi hidup dan mengisi hari-harimu dengan baik dan berbahagia. Sebaliknya, sambil menunggu jodoh sejatimu, manfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin untuk memaksimalkan kondisi keuanganmu agar semakin mantap, sejahtera dan mapan. Jadilah high quality jomblo yang berbahagia dan tetap semangat!

Mau Hidup Lebih Mapan di Masa Depan? Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!