Mau Hemat di Akhir Pekan? Coba Lakukan Hal-Hal Ini

Mau Hemat di Akhir Pekan? Coba Lakukan Hal-Hal Ini

Posted by

Setiap memasuki akhir pekan khususnya hari Jumat, banyak orang yang merasa bersyukur dan antusias. TGIF—Thank God It’s Friday, katanya. Akhir pekan kerap menjadi momen seru yang dinantikan karena berbagai faktor. Para pegawai dan eksekutif muda bisa bersantai dan rehat sejenak dari berbagai rutinitas harian nan padat dan mengikat. Sehingga tak heran rasanya jika weekend dielukan sebagai waktu yang pas untuk melonggarkan aktivitas. It’s time to take a break and relax.

Berakhir pekan merupakan momen keceriaan yang paling special dan ditunggu-tunggu. Tak tahan lagi rasanya untuk bersenang-senang bersama pasangan, teman atau pun keluarga. Ada juga yang meluangkan waktunya khusus untuk me time, rekreasi, makan-makan, jalan-jalan bahkan berbelanja. Wah, semuanya memang terdengar sangat seru untuk dilakukan!

Baca Juga: Gaya Hidup Minimalis? Kenapa Tidak? Keuntungannya Banyak Kok, Simak Dulu Yuk 

Kontrol Pengeluaran Saat Akhir Pekan

Namun untuk sebagian orang, akhir pekan merupakan  waktu yang menakutkan. Pasalnya, banyak dari mereka yang merasa tak mampu mengendalikan pengeluaran keuangan mingguan. Tak jarang dari mereka yang kerap mengeluhkan satu hal, yakni mengeluarkan uang tanpa kontrol. Shopping dan rekreasi memang terdengar asyik dan menyenangkan. Namun jika dilakukan tanpa kendali, tentu bisa membahayakan keuangan.

Biasanya, setelah ‘kalap’ bersenang-senang di akhir pekan, barulah setelahnya penyesalan datang. Isi dompet hilang dalam sekejap lantaran kurang mampu mengerem pengeluaran. Apa Kamu pernah mengalaminya?

Secara umum, beberapa pengeluaran tak terduga sering terjadi di akhir pekan. Atmosfer liburan dan rekreasi yang ada kerap mengaburkan rencana keuangan banyak orang untuk berhemat. Sehingga tanpa terasa, uang yang dikeluarkan malah jadi membengkak. Bagi beberapa orang, hal ini kerap menjadi tantangan tersendiri yang cukup sulit untuk ditaklukkan.

Meski begitu, sebenarnya bukan berarti situasi seperti ini tak bisa Kamu hindari. Ada beberapa kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Tak peduli seberapa pun besarnya penghasilanmu, pengelolaan uang merupakan hal yang tak kalah penting untuk dilakukan agar kesehatan finansialmu tetap terjaga. Untuk itu, ketahui beberapa langkah yang bisa membuatmu tetap berbahagia di akhir pekan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Sejatinya, berhemat tetap dapat dilakukan tanpa harus mengurangi porsi rekreasi yang memang layak Kamu dapatkan. Tetapkan rencana keuanganmu dan berkomitmenlah untuk bersenang-senang sesuai anggaran. Dengan demikian, niscaya keseimbangan hidup dapat senantiasa terjaga. Jadi, apa saja langkah-langkahnya? Simak rinciannya sebagai berikut.

1. Membuat Daftar Hiburan yang Gratis

Membuat Daftar Hiburan yang Gratis
Membuat Daftar Hiburan yang Gratis

Akhir pekanmu bisa tetap terasa seru dan mengasyikkan tanpa harus keluar banyak uang. Jika selama ini yang bisa membuatmu senang hanya belanja dan jalan-jalan, atau makan di luar, coba pertimbangkan lagi. Mungkin Kamu hanya memerlukan sedikit sentuhan kreatif untuk mendapatkan hiburan yang murah meriah dan gratis.

Fokus pada keuangan yang sehat dan aman serta hati yang gembira. Kamu bisa menyusun daftar kegiatan apa saja yang membuat uangmu tetap aman dan mood tetap nyaman. Apa saja yang bisa dilakukan? Buat list tdan rekomendasi tempat hiburan yang murah, ekonomis dan bahkan gratis yang bisa dikunjungi.

Masukkan juga di dalamnya berbagai kegiatan seru (termasuk hobimu) yang sekiranya bisa dilakukan tanpa harus menguras isi dompet dan saldo rekeningmu. List kegiatan yang Kamu suka dan tidak memakan biaya. Daftar ini mencakup beberapa tempat wisata dan kedai makan yang murah meriah, misalnya.

Ingat, Kamu tentu tak mau jika uang yang sudah didapat dari hasil jerih payahmu itu jadi menguap seketika hanya karena keinginan sesaat. Contohnya seperti berbelanja barang yang tak Kamu perlukan, atau menganut gaya hidup yang bukan dirimu, hanya demi untuk mengesankan orang yang sebenarnya tidak Kamu sukai.

3. Atur Ulang Prioritas

Atur Ulang Prioritas
Atur Ulang Prioritas

Termasuk di dalamnya, Kamu juga akan ingin menuangkan pengaturan ulang prioritas hidupmu. Langkah awal utuk mengatur ulang prioritasmu adalah menjawab beberapa pertanyaan yang bersifat evaluatif. Contohnya seperti kehidupan yang bagaimana yang cocok untuk dirimu? Ingat bahwa hal yang diinginkan tak selalu hal yang Kamu butuhkan. Demikian juga dengan gaya hidupmu. Jadi, tak ada salahnya untuk melakukan koreksi.

Apakah hobimu cenderung ‘terlalu mahal’ dan menguras kocek? Jika ya, tak perlu ragu untuk membuang dan menggantinya dengan yang baru dan lebih menguntungkan. Karena bagaimana pun, bersenang-senang bukan berarti menjadi boros dan tanpa perhitungan. Ingatlah salah satu saran keuangan yang cerdas dan bijak berikut: “Jangan habiskan uang lebih banyak dari pada yang bisa Kamu hasilkan.” Jadi ini semua hanyalah soal bagaimana Kamu menyusun prioritas. Yang mana yang lebih penting bagimu?

4. Menonton di Rumah

Menonton di Rumah
Menonton di Rumah

Salah satu hiburan yang bersifat rekreasi adalah menonton film. Meski begitu, menonton film di luar saat ini bisa menghabiskan uang yang lumayan besar. Agar bisa lebih berhemat, menggantinya dengan menonton di rumah adalah alternatif yang patut dicoba. Ajak teman, keluarga atau pasangan untuk menonton film favoritmu di rumah.

Berkumpul di rumah bisa menekan pengeluaranmu secara signifikan bila dibandingkan dengan di bioskop. Jika menonton di luar, Kamu perlu uang transportasi, membeli camilan dan tiket. Belum lagi jika Kamu kemudian memutuskan untuk makan di luar pula setelahnya. Bisa jadi minimal Kamu akan mengeluarkan Rp 300 ribu hanya sekali jalan. Tapi menonton di rumah bisa menekan pengeluaranmu sehingga Kamu pun bisa tetap hemat.

5. Mencoba Memasak Resep Makanan Terbaru di Rumah

Mencoba Memasak Resep Makanan Terbaru di Rumah
Mencoba Memasak Resep Makanan Terbaru di Rumah

Sudah bukan rahasia lagi jika makan di rumah bisa menghemat pengeluaranmu. Selain lebih terjamin kebersihannya karena Kamu sendiri yang mengolahnya, Kamu juga bisa bereskperimen dapurmu sendiri untuk membuat makanan yang enak. Manfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lemari es Kamu. Temukan beragam resep yang kreatif dan unik dari internet dan media sosial. Kamu bisa menyulap bahan makanan yang menjadi menu baru yang sehat dan menggiurkan.

6. Mencoba Olahraga Baru Saat Akhir Pekan

Mencoba Olahraga Baru Saat Akhir Pekan
Mencoba Olahraga Baru Saat Akhir Pekan

Bagaimanapun, olahraga merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga kesehatan Men sana in corpore sano. Healthy mind in a healthy body.  Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Jika sebelumnya Kamu tak terbiasa atau kurang menjaga kesehatanmu, maka sekaranglah saat yang tepat untuk mencoba olahraga baru.

Kamu bisa menghabiskan akhir pekanmu dengan mencoba berbagai jenis olahraga seperti lari, renang atau yoga. Dengan begitu, bukan hanya kesehatan keuangan saja yang terjaga, tapi juga kesehatan jiwa ragamu.

Serunya lagi, Kamu juga bisa mencoba modern dance, pound fit hingga pilates. Tak perlu instruktur yang berbayar, siapkan terlebih dulu wawasanmu berkenaan olahraga yang hendak Kamu coba ini melalui YouTube channel para instruktur olahraga yang andal dan terpercaya.

Beberapa penelitian di seluruh dunia sudah menguji bahwa hanya dengan berolahraga 20 menit saja bisa membuat suasana hati seseorang jadi lebih baik selama 12 jam. Inilah sebabnya mengapa berolahraga dapat mempengaruhi kondisi mentalmu, terutama ketika misalkan Kamu sedang berada dalam suasana hati atau mood yang tidak baik.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika orang yang lebih aktif berlatih fisik akan merasa lebih bahagia di dalam hidupnya. Ini dikarenakan berolahraga dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini dikenal dengan sebutan “hormon kebahagiaan” dan baik untuk otak.

Olahraga bisa membantumu mengurangi hormon kortisol. Kortisol diketahui dapat memicu adrenalin dan stres dalam tubuh. Terbukti, olahraga adalah obat yang manjur untuk mengatasi rasa cemas dan depresi.

Jiwa yang sehat dan berbahagia bisa dimiliki setiap orang bukan dengan berbelanja atau makan di luar secara berlebihan. Kamu bisa menyehatkan jiwa (dan juga keuanganmu) dengan berolahraga 30-60 menit setiap tiga atau lima hari dalam seminggu. Orang-orang yang membiasakan hal ini disebut akan mempunyai jiwa yang sehat. Menurut reportase Kompas.com, hal ini sudah terbukti berdasarkan riset dari US Departement of Health and Human Services. Bahkan para peneliti di sana menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan jarak dekat sekalipun bisa meningkatkan suasana hatimu menjadi lebih baik.

7. Coba Berkebun di Beranda

Berkebun di Rumah
Berkebun di Rumah

Berbahagia di akhir pekan juga bisa sesederhana seperti menata kembali tanaman di taman beranda rumahmu. Sudah bukan rahasia lagi jika berkebun sangat bermanfaat bagi pikiran dan tubuhmu. Karena tanpa disadari, sesungguhnya berkebun membuat tubuh jadi lebih banyak bergerak. Sebut saja mulai dari memotong rumput, merapikan pot, memangkas tanaman, menggali tanah, memberi pupuk, menanam bunga dan tanaman, menyiram tanaman dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Batasi Pengeluaran Kamu Dari Hal-Hal Ini agar Hidup Kamu Lebih Hemat 

Lakukan Berbagai Hal Kreatif Sesuai dengan Kondisi Keuangan

Demikianlah uraian mengenai berbagai hal yang bisa Kamu lakukan untuk berhemat di akhir pekan. Kamu masih bisa berhemat tanpa mengurangi porsi bersenang-senangmu setiap minggu. Pilihlah cara paling kreatif yang paling sesuai dengan minat dan konsidi keuanganmu. Semoga bermanfaat!

Butuh Uang Tambahan untuk Berakhir Pekan? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!