Jenis Pemborosan yang Perlu Kamu Hentikan Sekarang agar Hidup Lebih Baik

Jenis Pemborosan yang Perlu Kamu Hentikan Sekarang agar Hidup Lebih Baik

Posted by

Sejatinya, semua orang tentu ingin hidup mapan, kaya raya dan sejahtera. Meski begitu, rupanya tak semua orang bisa berhasil dan sukses dalam untuk mewujudkannya. Padahal, agar dapat hidup lebih baik lagi, tentu tak hanya skill mencari uang saja yang perlu diasah. Setiap orang juga perlu menjadi cakap dalam mengatur dan mengelola keuangannya.

Biasanya, tipe kepribadian yang berbeda akan mempengaruhi cara seseorang mengatur keuangannya. Padahal, seni mengatur keuangan yang efektif merupakan salah satu kunci menuju kebebasan finansial yang diimpikan banyak orang. Tapi faktanya, tak mudah juga bagi orang-orang untuk berupaya melakukannya.

Seperti apa kebijakan keuangan yang kerap Kamu terapkan dalam kehidupan finansialmu? Meskipun tujuan setiap orang adalah sama yakni untuk mengendalikan kondisi keuangannya dengan tepat, tapi caranya kerap berbeda-beda.

Dan ini belum termasuk dengan sejumlah kendala atau hambatan yang kerap menghadang tiap individu yang umumnya tentu berbeda-beda. Sebut saja mulai dari prioritas, pola pikir, gaya hidup, kebiasaan hingga masih banyak lagi yang juga menjadi faktor penentunya.

Tak jarang, seseorang yang mempunyai penghasilan dalam jumlah besar malah selalu terlibat masalah keuangan. Sebaliknya, orang dengan jumlah pendapatan yang lebih kecil justru hidup baik-baik saja. Ia bahkan menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabungkan. Jadi, di mana letak kesalahannya?

Hindari Sejumlah Pemborosan yang Tak Perlu dan Kembangkan Potensi Diri

Jika ingin kehidupanmu jadi lebih baik lagi di kemudian hari, Kamu perlu keluar dari zona nyamanmu dan melakukan sejumlah perubahan. Percayalah meski pasti tidak mudah, namun hasilnya akan sesuai dengan effort yang sudah dikeluarkan. Self-development memang bukan perkara mudah dan perlu dilakukan secara kontinyu. Tapi hanya dengan cara itulah Kamu bisa memaksimalkan dan mengasah potensimu secara optimal.

Secara umum, potensi diri dapat dideskripsikan sebagai kekuatan dan kemampuan baik yang belum terwujud, maupun yang sudah berhasil diwujudkan yang dimiliki oleh seseorang. Demikian halnya dengan dirimu yang berpotensi mendapatkan kebebasan dan kesuksesan finansial yang Kamu idamkan. Sejatinya potensi itu berada di dalam dirimu dan menunggu untuk dikeluarkan jika saja Kamu berani keluar dengan segera dari zona nyaman. Salah satunya, dalam hal ini, yakni dengan cara mencoba berbagai metode penggunaan uang dengan baik.

Selain itu, Kamu pun akan ingin menghindari jenis-jenis pemborosan yang menghalangi dan menjadi hambatanmu sendiri dalam upaya meningkatkan taraf hidupmu. Jadi bila saat ini Kamu mendambakan kehidupan yang lebih mapan dan sejahtera lagi, itu semua dikarenakan Kamu mempunyai potensi di dalam dirimu yang ingin mewujudkan diri dengan optimal demi tercapainya tujuanmu itu.

Sebenarnya adalah sah-sah saja jika Kamu ingin membahagiakan diri serta mengusir stress. Meski begitu, coba siasati dengan cara lain yang tidak menguras isi dompetmu. Hal ini perlu dilakukan demi kondisi keuangan yang lebih baik lagi di kemudian hari. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dari jenis-jenis pemborosan yang perlu Kamu hindari sebagai berikut.

Baca Juga: Batasi Pengeluaran Kamu Dari Hal-Hal Ini agar Hidup Kamu Lebih Hemat 

1. Sering Membeli Gadget Baru

Sering Membeli Gadget Baru
Sering Membeli Gadget Baru

Perkembangan teknologi terus maju pesat dalam hitungan tahun bahkan bulan. Dengan berbagai pembaruan yang ada, tentu tak mungkin jika terus saja mengikuti tren yang begitu cepat berubah tersebut.

Jadi selama gadget di genggaman tanganmu masih berfungsi dengan prima, tak perlu diganti dengan mengikuti rilisan terbaru yang menggoda. Apalagi jika mengingat biasanya barang keluaran terbaru akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Lain halnya jika kelak harga dan pasarannya sudah mulai menurun.

Sehingga, sangat tidak disarankan jika Kamu gonta-ganti beli gadget hanya demi sekadar memenuhi gaya hidup atau gengsi semata. Terutamanya jika uang yang Kamu dapatkan itu merupakan hasil kerja kerasmu memeras keringat yang didapatkan dengan susah payah. Malahan Kamu bisa mengalokasikan uang itu ke kas Dana Darurat atau Dana Pensiun. 

2. Sering Pakai Transportasi Online

Sering Pakai Transportasi Online
Sering Pakai Transportasi Online

Kebutuhan masyarakat modern yang ingin semuanya serba cepat, praktis dan mudah membuat transportasi online jadi laris manis di pasaran. Sah-sah saja jika sesekali Kamu menggunakan jasa transportasi online jika memang sedang sangat diperlukan. Tapi jika sudah setiap saat, tinjaulah kembali, bukankah itu sudah menjadi pemborosan?

Agar pengeluaran tak membengkak dan dompet tak menjadi tipis, Kamu bisa menggunakan transportasi umum yang lebih murah dan ekonomis. Lalu lintas bisa jadi selalu macet dan tak kondusif. Jika memang begitu keadaannya, maka ambillah solusi dengan berangkat lebih awal agar Kamu bisa berhemat pengeluaran.

Ingat bahwa semakin jauh jarak yang ditempuh dengan transportasi online, maka harganya pun akan semakin tinggi. Demikian juga halnya dengan memesannya di jam-jam tertentu yang rawan macet. Jadi pintar-pintarlah menyiasatinya agar uangmu tetap aman dan selamat dari pengeluaran yang tak terkendali.

3. Sering Makan di Restoran Mahal

Sering Makan di Restoran Mahal
Sering Makan di Restoran Mahal

Masih suka tanpa terkontrol makan siang di luar hampir setiap hari? Duh, jika begitu terus, bisa-bisa uangmu sudah ludes sebelum gajian bulan depan. Daripada terlalu menghamburkan uang dengan makan dan jajan di luar atau café yang notabene mahal, Kamu bisa mencoba opsi lain.

Caranya dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Selain dijamin masakannya pasti sesuai lidah dan selera, Kamu pun bisa menghemat uang banyak dengan cara ini.

Tak hanya lebih irit, kesehatan dan kebersihan pun akan terjamin dengan bekal makanan dari rumah. Memang benar Kamu perlu effort lebih, seperti masak sendiri dan bangun lebih pagi. Tapi jika jumlah uang yang bisa Kamu hemat ternyata sangat signifikan, mengapa tidak?

4. Sering Minum Kopi Premium

Sering Minum Kopi Premium
Sering Minum Kopi Premium

Berapa kali dalam seminggu Kamu mampir ke coffee shop cuma demi menikmati kopi premium yang harganya dibanderol tidak murah? Coba pertimbangkan lagi, hidup bukan hanya untuk hari ini karena masa pensiun nanti pun Kamu masih membutuhkan dana. Sudahkah Kamu punya rencana untuk masa depan dan masa yang akan datang?

Sedangkan faktanya, biaya hidup semakin mahal dari hari ke hari. Dan kelak Kamu tidak akan sesehat dan seproduktif seperti saat ini untuk mencari nafkah. Daripada uangmu digunakan untuk hanya sekadar minum kopi mahal, sudah waktunya untuk berinvestasi dan mempersiapkan dana pensiun.

Kamu mungkin berdalih butuh asupan kafein untuk menunjang kinerjamu. Solusinya, Kamu bisa tetap menyeduh atau membuat kopo sendiri di kantor. Harganya akan jauh lebih murah ketimbang minum di Starbucks, dengan rasa yang tak kalah nikmatnya.

5. Perawatan Kecantikan yang Berlebihan

Merawat wajah dan tubuh agar tetap menarik dan cantik memang penting. Walau demikian, bukan berarti Kamu lepas kendali menghabiskan tabunganmu hanya demi mementingkan tampilan fisik semata. Terutama ini berlaku jika Kamu sedikit-sedikit pergi ke salon.

Meski sangat memedulikan soal penampilan, tapi bukan berarti mengesampingkan soal keuangan. Secara rutin, gunakanlah berbagai jenis skincare di rumah saja. Jadi Kamu tak perlu pergi ke salon dan bisa lebih hemat.

6. Sering Ikut Kelas Yoga

Sering Ikut Kelas Yoga
Sering Ikut Kelas Yoga

Merawat dan menjaga kebugaran tubuh juga sama pentingnya dengan mengelola keuangan. Tapi lakukanlah dengan penghematan. Saat ini, kelas yoga memang sedang tren dan disukai banyak orang. Olahraga satu ini memang sedang naik daun dan lebih populer di kalangan anak muda. Namun bukan berarti Kamu perlu ikut kelas yoga di gym.

Padahal jika mau lebih hemat lagi, Kamu bisa melakukannya di rumah sendiri. Selain bisa jadi lebih fokus dan tenang, Kamu bisa mencontoh berbagai tutorial yoga yang ada di YouTube. Paket kuota internet tentu jauh lebih murah jika dibanding dengan membayar kelas yoga. Jika sudah begitu, tubuh bisa tetap sehat prima dan keuanganmu pun tetap makmur sentosa.

7. Upgrade Layanan Televisi

Kamu berlangganan layanan TV berbayar? Jika ya, jangan terlalu sering melakukan upgrade layanan. Pasalnya, Kamu tentu tak mau jika sudah diperbarui dan bayar lebih, tapi malah jadi mubazir lantaran tidak digunakan.

Kamu bisa lebih menghemat pengeluaran dengan berbagai cara. Misalnya, jika yang lebih dibutuhkan di rumah hanyalah jaringan internet tanpa perlu TV kabel, maka ambil layanan internetnya saja. Nikmati saja layanan channel cuma-cuma yang disediakan gratis tanpa perlu melakukan upgrade.

Perhatikan juga agar tidak terpengaruh oleh penawaran promo tertentu dari sales. Dengan demikian, Kamu bisa terhindarkan dari pemborosan dan pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga: Tips Anti Boros Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan agar Budget Tetap Aman 

Jangan Biarkan Kebiasaan Buruk dan Pemborosan Membuatmu Bangkrut

Demikianlah beberapa jenis pemborosan yang harus dicoret dari agenda hidupmu demi masa depan keuangan yang lebih baik. Siasati neraca keuanganmu dari sekarang. Jangan biarkan kebiasaan burukmu malah membawamu ke dalam kebangkrutan. Pasalnya, kesheatan finansialmu  bisa terganggu jika kebiasaan seperti ini tidak segera ditanggulangi.

Imbas buruknya, bisa-bisa Kamu malah jadi punya utang dan mengalami kebangkrutan. Belajarlah untuk lebih menyederhanakan gaya hidupmu. Terapkan kebiasaan yang cerdas, bijak dan bersahaja demi masa depan keuangan yang lebih cerah dan gemilang. Selamat berhemat dan salam sejahtera!

Butuh dana Tambahan untuk Kebutuhan Mendadak? Download Aplikasi Indodana dan Lengkapi Data Anda Sekarang!

Download App Indodana Sekarang!