Mau Cepat Kaya Terapkan Hal- Hal Sederhana Ini Dalam Hidup Kamu

Mau Cepat Kaya? Terapkan Hal- Hal Sederhana Ini Dalam Hidup Kamu

Posted by

Sejatinya, mencapai kebebasan finansial dan hidup dengan makmur, serta cepat kaya merupakan impian semua orang. Tak hanya merupakan impian, sudah sepatutnya setiap orang hidup layak dan menikmati haknya untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan lahir batinnya.

Mempunyai banyak uang dan menjadi kaya raya memang bisa memudahkan hidup. Saat terkena sakit penyakit, dibutuhkan biaya berobat serta perawatan yang tak bisa dibilang sedikit. Untuk mengenyam bangku sekolah tinggi pun membutuhkan uang yang tak sedikit.

Ditambah lagi dengan biaya hidup yang dari hari ke hari menjadi makin mahal, mau tak mau kesuksesan  finansial mau tak mau menjadi penting untuk diraih. Apalagi dengan adanya fakta bahwa inflasi terus terjadi setiap tahunnya.

Kepemilikan uang juga memungkinkan orang untuk lebih mudah meraih impian dan cita-citanya setinggi mungkin. Mereka jadi bisa membeli apa saja yang diinginkan, atau pergi ke mana saja sesuai impiannya. Dengan demikian, tak heran jika banyak orang rela bekerja keras memerah keringat mati-matian demi mengumpulkan uang dan kekayaan.

Bekerja Cerdas dan Ketekunan adalah Kunci Cepat Kaya

Bekerja Cerdas dan Ketekunan adalah Kunci Cepat Kaya
Bekerja Cerdas dan Ketekunan adalah Kunci Cepat Kaya

Tentunya, bekerja keras merupakan salah satu soft skill yang diperlukan dalam banyak hal. Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketekunan ialah salah satu kunci menuju kesuksesan. Meski begitu, tak hanya bekerja keras. Bekerja cerdas pun diperlukan untuk membantumu segera mencapai kesuksesan finansial yang diinginkan.

Dalam keseharian, ternyata ada beberapa hal kecil yang bisa dihindari dan dilakukan agar menjadi cepat kaya. Semua orang tentu ingin tahu apa rahasia dan jalan pintas menuju kekayaan. Sayangnya, tak ada jalan pintas karena semua membutuhkan proses yang berkelanjutan. Beberapa kebiasaan bahkan perlu diubah dan dilakukan dengan berkesinambungan.

Memang tidak ada cara yang instan. Tahap demi tahap, langkah demi langkah memang perlu dilakukan dalam proses yang berkelanjutan. Seperti yang Kamu ketahui, segala sesuatu yang instan biasanya tak bisa bertahan lama. Ambil contoh saja, ada beberapa selebritas dan artis yang mampu mencapai ketenaran dalam waktu singkat dengan cara yang instan.

Tapi nyatanya, mempertahankan ketenaran tersebut sudah lain lagi ceritanya. Popularitas mereka tak bisa bertahan lama. Umumnya, yang didapatkan secara instan akan hilang dengan seketika juga.

Sama halnya dengan mengumpulkan kekayaan. Biasanya, jatuh bangun beberapa kali mesti dialami oleh seseorang sebelum akhirnya ia berhasil menapaki puncak kesuksesannya. Bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian menjadi peribahasa yang cocok untuk kondisi ini. faktanya, akan ada banyak perjuangan, keringat dan air mata yang harus dialami sebelum akhirnya bisa berbuah manis.

Baca Juga: 4 Alasan Utama Mengapa Susah Mengatur Keuangan Selagi Muda 

Cara-Cara Sederhana agar Kamu Bisa Cepat Kaya

Jadi, bersediakah Kamu berjuang dan jatuh bangun terlebih dahulu agar bisa lebih cepat menjadi kaya? Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa cepat kaya. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Hidup Sederhana

Hidup Sederhana
Hidup Sederhana

Hal pertama dan terkesan sepele yang bisa Kamu lakukan agar cepat kaya adalah mengubah pola pikirmu. Hindari pemborosan dan mulailah berhemat dalam segala hal. Terutama dalam menggunakan uang.

Dewasa ini, banyak orang yang menilai kesuksesan orang lain berdasarkan apa yang digunakan dan dikenakannya. Tapi ingat, hal ini bisa menipu. Bahkan faktanya, seringkali banyak orang yang mengenakan busana dan aksesoris branded malah tak punya apa-apa dalam rekening banknya. Dengan demikian penampilan yang keren tak bisa dibilang sebagai tolak ukur yang mutlak.

Perhatikan saja Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook dan Bill Gates yang merupakan pemilik Microsoft. Alih-alih tampil glamour, mereka justru hidup sederhana dengan gaya yang santun dan simple. Mereka bahkan tak terlihat seperti orang kaya yang mempunyai banyak uang.

Padahal, laporan Liputan6.com pada Agustus 2018 lalu menyebutkan Zuckerberg mendapatkan USD 1,7 juta, atau setara Rp 25 miliar (USD 1 = Rp 14.619) di setiap jamnya. Ini berarti, Zuck mempunyai pendapatan lebih kurang Rp 417 juta per 60 detiknya. Demikian berdasarkan perhitungan dari Business Insider.

Hitungan ini didasarkan pada harta yang Zuck miliki menurut daftar Forbes di Maret 2018 lalu. Dalam daftar itu, Zuck terhitung mempunyai kekayaan sebesar USD 71 miliar, yang setara Rp 1.037 triliun.

Bagaimana penampilan Zuck? Alih-alih tampil dengan setelan jas yang mahal, setiap harinya ia hanya mengenakan T-shirt polos warna abu-abu.

Berhemat, hidup sederhana dan jauh dari foya-foya merupakan sebuah cara agar kamu cepat kaya. Dengan begitu, Kamu bisa menggunakannya untuk hal-hal lain yang tidak dangkal dan lebih bermanfaat.

2. Hindari Gengsi

Hindari Gengsi
Hindari Gengsi

Apakah gengsi yang besar akan membuatmu cepat kaya? Apa rasa gengsi berlebih efektif untuk menambah pundi-pundi keuanganmu? Faktanya, gengsi hanya akan menjauhkanmu dari hidup yang berkecukupan. Mengapa? Karena banyak orang yang tak mau dipandang seperti ‘orang susah’. Padahal di sinilah sumber masalahnya berawal. Demi menjaga gengsi, banyak dari mereka yang kemudian mengadopsi gaya hidup orang kaya. Padahal, pendapatan mereka tidak setinggi itu. Semua hanya semata-mata karena tak ingin dipandang sebelah mata.

Sadarilah bahwa gengsi tidak bisa membuatmu menjadi kaya. Sebaliknya, gengsi malah akan membuatmu jadi tambah boros karena ingin terlihat kaya. Alhasil, semakin banyak pengeluaran yang harus dilakukan demi untuk terlihat kaya.

Menyikapi hal ini, tentu Kamu sadar betul bahwa tujuan utamamu adalah untuk menjadi kaya. Bukan untuk terlihat kaya. Jika terus-terusan memprioritaskan gengsi, akan sulit bagimu untuk menjadi kaya sungguhan. Pasalnya, butuh modal yang tak sedikit agar Kamu bisa tampil seolah kaya. Alhasil, Kamu malah hanya akan melakukan pemborosan. Jika Kamu tak sanggup menahan diri dan menghindari gengsi, menjadi kaya tak akan terwujud dan hanya berakhir sebagai impian yang tak tercapai.

3. Jangan Jadi Social Climber

Jangan Jadi Social Climber
Jangan Jadi Social Climber

Demi  bisa memasuki sebuah lingkungan pergaulan di kalangan jetset, banyak orang yang terlalu memaksakan diri. Salah satu contohnya seperti memaksakan diri membeli tas dan sepatu yang branded buatan desainer terkenal yang harganya sangat fantastis dan tak masuk akal.

Jika Kamu mampu, itu sah-sah saja. Tapi bagaimana jika Kamu dan keuanganmu jadi lebih besar pasak daripada tiang hanya gara-gara memaksakan diri dan menjadi social climber? Tentunya ini bukanlah opsi yang cerdas dan bijak. Pasalnya, pilihan ini hanya akan membuat keuanganmu jadi susah sendiri.

Banyak orang yang akhirnya jadi berutang dan menguras limit kartu kredit mereka sampai habis. Jangankan untuk menabung, pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari pun bisa terganggu demi ingin gaya berlebih dan diterima oleh kalangan tertentu.

Karena Kamu adalah seorang pengelola keuangan pribadi yang bijak, Kamu tentu tak mau menghabiskan semua uangmu hanya demi gaya seperti ini. Sebaliknya, jadilah diri sendiri dan tak perlu memaksakan diri bila ingin cepat kaya. Jika keuanganmu hanya mampu membeli tas seharga ratusan ribu, tak perlu membeli yang dibanderol hingga jutaan Rupiah.

Uangnya bisa Kamu alokasikan untuk hal lain yang lebih berfaedah ketimbang barang. Kamu bisa cepat kaya dengan berinvestasi, menabung, membentuk dana pensiun dan dana darurat, hingga beramal.

4. Hilangkan Biaya yang Tak Perlu

Hilangkan Biaya yang Tak Perlu
Hilangkan Biaya yang Tak Perlu

Karena sekarang fokusmu adalah mengumpulkan kekayaan, maka hidup hemat merupakan pilihan cerdas yang bisa Kamu ambil. Dalam berhemat dan menghindari pemborosan, Kamu perlu cakap menyusun prioritas hidupmu agar bisa cepat kaya. Dahulukan yang paling penting dan hakiki. Hilangkan hal-hal lain yang tidak perlu dan tak penting. Contohnya?

Apakah mengunjungi café mewah dan restoran mahal setiap minggu merupakan prioritas penting bagimu? Bersosialisasi sambil wisata kuliner memang sah-sah saja untuk refreshing. Meski begitu, kurangi intensitasnya dan lihat berapa besar jumlah uang yang bisa Kamu hemat karena telah melakukannya.

Jumlahnya pasti sangat signifikan. Kamu tentu tak mau dompetmu jebol hanya karena tak mampu menyusun prioritasmu dengan baik. Berfokuslah pada tujuan keuanganmu dan bulatkan tekad untuk mencapainya sesegera mungkin. Dengan begitu, Kamu bisa senantiasa terpacu dan melatih diri agar terbiasa hidup lebih hemat lagi.

Siasat lainnya, Kamu masih bisa bersosialisasi di café dengan teman-temanmu. Tapi makanlah makanan berat terlebih dahulu di rumah. Dan pesan minuman ringan saja di café nanti. Cara ini bisa membantumu cepat kaya dan menekan pengeluaran yang tak penting.

5. Ayo Rajin, Jangan Malas

Jangan Malas
Jangan Malas

Hanya keajaiban saja yang bisa membuat seorang pemalas mendadak kaya secara instan. Tak peduli seberapa besar pun penghasilanmu saat ini, semua bisa habis jika tidak dikelola dengan benar. Terlebih, jika ternyata Kamu masih malas mengelola keuanganmu.

Sudah bukan rahasia lagi jika kemalasan merupakan salah satu faktor penting yang menghalangi banyak orang dari pencapaian kesuksesan. Selain tak boleh malas menghasilkan uang, Kamu pun harus rajin dan giat mencari tahu. Temukan berbagai metode yang paling tepat untuk berhemat.

Hindari rasa malas untuk menerima tantangan yang lebih tinggi. Cita-cita menjadi kaya berarti meningkatkan taraf hidupmu. Otomatis akan ada beberapa hal yang harus Kamu tingkatkan lagi agar hidup dan penghasilanmu pun meningkat. Salah satunya adalah dengan meningkatkan ketekunan dan menghapus rasa malas dari keseharianmu. Jika Kamu lebih memilih hidup rajin ketimbang malas, sudah tentu Kamu akan menemukan berbagai solusi untuk lebih cepat kaya. Salah satunya seperti menemukan pekerjaan baru atau membuka usaha untuk menambah pundi-pundi uang.

6. Kumpulkan Uang Receh

Kumpulkan Uang Receh
Kumpulkan Uang Receh

Masih suka mengabaikan koin kembalian? Uang tetaplah uang meski pun yang paling kecil nominalnya. Mulailah lebih menghargai uang dengan mengumpulkan uang receh yang Kamu punya. Banyak orang yang kerap menyepelekan koin recehan mereka. Anggapannya, receh tak akan berpengaruh besar untuk kondisi finansial mereka.

Terlebih, saat ini sudah banyak kisah dari berbagai penjuru dunia yang menuturkan bagaimana mereka bisa berhasil lantaran koin recehan. Mereka bisa cepat kaya dan membeli berbagai barang mewah hanya dari menabung uang recehan. 

Jadi mulai sekarang Kamu bisa menerapkan cara sederhana ini. siapkan toples khusus untukmu menabungkan koin recehan. Jika sudah banyak jumlahnya, tabunganmu bisa ditukarkan ke bank atau ke mini market yang kerap membutuhkannya untuk uang kembalian. Percayailah peribahasa sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit.

7. Jangan Tunda Investasi

Jangan Tunda Investasi
Jangan Tunda Investasi

Pundi-pundi uangmu bisa beranak pinak dengan cara ini. Berinvestasi, bagaimanapun akan membawamu lebih cepat kaya ketimbang hura-hura dan foya-foya. Sewasa ini, sudah tersedia banyak opsi untukmu berinvestasi. Namun jika Kamu masih pemula, maka bentuk investasi yang disarankan adalah investasi emas dan reksadana.

Kamu bisa memilih jenis investasi yang paling sesuai dan cocok dengan kemampuanmu. Investasi emas bisa dibilang menguntungkan dan aman mengingat harganya yang pasti naik di setiap tahunnya.

Adapun untuk reksadana, dana yang Kamu miliki akan dikelola dan diatur oleh manajer yang sudah ahli di bidang investasi. Dengan demikian, investasi ini terbilang menjanjikan dan juga aman.

Berjuang untuk menjadi kaya raya akan mengharuskanmu kreatif dalam mencari solusi. Sehingga hal pertama dan utama yang perlu dijadikan modalmu di sini adalah kuat secara mental. Kreatiflah dalam mencari solusi, bukan mengeluh. Hidup di zaman yang sudah serba modern ini membuat orang mudah terjerumus bermanja-manja dalam kenyamanan.

Hadapilah berbagai tantangan dan situasi sulit dengan menemukan solusi yang diperlukan. Alih-alih mengeluh, cara ini akan jauh lebih efektif dan membuatmu menjadi pribadi yang lebih tangguh lagi di kemudian hari. Karena bagaimanapun, berubah ke arah yang lebih baik membutuhkan usaha nyata dan signifikan.

Baca Juga: Jurus-Jurus Cerdas Atur Keuangan untuk Keluarga agar Semakin Makmur 

Cepat Kaya dan Meraih Kesuksesan adalah Proses yang Panjang

Ingatlah bahwa tidak ada yang instan. Semua orang kaya dan sukses telah melalui jatuh bangun berkali-kali, dengan jalan yang penuh liku. Mereka juga telah menaklukkan beragam rintangan dalam perjalanan yang tak singkat itu. Jika Kamu hanya mengeluh tanpa berusaha mencari solusi, Kamu tak akan mungkin meraih kesuksesan yang sama layaknya para orang kaya. Jadi, tetaplah semangat dalam berjuang meraih cita-citamu. Berkah selalu.

Mau Cepat Kaya? Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Online Sekarang dan Dapatkan Keuntungannya!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!