Peluang Usaha Modal Internet yang Bisa Kamu Coba Sambil Kerja

Usaha Modal Internet yang Bisa Kamu Coba Sambil Kerja

Posted by

Kesejahteraan hidup pada dasarnya sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang. Sudah selayaknya semua orang mencicipi kesuksesan finansial dan mewujudkan impian mereka. Guna meningkatkan taraf hidup dan menikmati kesejahteraan yang merupakan hak setiap individu, diperlukan kebebasan keuangan dan kesuksesan perekonomian. Itulah sebabnya pendapatan dari satu sumber saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Alhasil selain berkarya di perusahaan atau mata pencahariannya yang sekarang, tak jarang masyarakat kerap mencari penghasilan tambahan lewat usaha modal internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Mencari Penghasilan Tambahan dengan Berbagai Cara

Mencari peluang usaha sudah bukan hal yang aneh lagi. Selagi bisa berkarya dan menambah pundi-pundi uang untuk semakin makmur dan kaya raya, semua yang halal memang patut untuk dicoba. Hal ini terutama berlaku bagi Kamu yang mulai tahun baru nanti mau membuka peluang usaha untuk mendapat uang lebih.

Umumnya, salah satu kendala terbesar dalam membuka dan memulai usaha baru adalah ketiadaan modal. Banyak yang kemudian berupaya mendapat modal dengan cara meminjam dari berbagai lembaga keuangan. Sebut saja di antaranya seperti koperasi, bank, fintech, bahkan hingga ke teman dan keluarga mereka sendiri.

Di lain pihak, ada juga yang berusaha memanfaatkan kepemilikan kartu kreditnya sebagai modal, agar menjadi penghasilan tambahan. Cara ini kerap berhasil meski tidak selalu cocok untuk semua bidang usaha.

Baca Juga: Sulit Pinjam Modal Usaha ke Bank? Mungkin Anda Perlu Melengkapi Syarat-Syarat Ini 

Peluang Usaha Modal Internet Menjadi Solusi

Peluang Usaha Modal Internet menjadi Solusi
Peluang Usaha Modal Internet menjadi Solusi

Perubahan zaman membuat sejumlah perubahan signifikan pada kehidupan bermasyarakat dan ini termasuk dalam hal mencari penghasilan. Rupanya, kemajuan teknologi internet yang kian pesat, canggih dan mutakhir di era digital ini menciptakan banyak peluang baru dalam bidang usaha. Celah yang tadinya tidak ada, kini menjadi ada. Hal ini juga dibarengi dengan kemunculan pekerjaan yang tadinya tak mungkin, menjadi mungkin.

Contohnya menjadi selebgram. Dulu, profesi atau mata pencaharian semacam ini tentu tidak ada. Tapi sejak menjamurnya media sosial dan platform Instagram kian booming, mencari penghasilan sebagai selebgram  menjadi fenomenal. Selebgram mengandalkan penghasilan mereka dari endorse dan iklan, pemotretan, atau event .

Jika Kamu pandai melihat peluang, tentu Kamu pun tak ingin melepaskan kesempatan emas ini. Ada banyak impian dan tujuan yang bisa diraih dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada semaksimal mungkin. Ingatlah salah satu ciri khas orang yang berjiwa wirausaha: mereka lebih jeli dan pandai dalam melihat dan memanfaatkan peluang. Jadi, bagi Kamu yang sedang mencari peluang usaha dengan modal minim dan internet, ayo manfaatkan kemajuan zaman untuk menambah penghasilan.

Usaha Modal Internet yang Bisa Kamu Coba

Simaklah beberapa ide usaha yang bisa dikreasikan berikut ini. Dengan manajemen waktu yang tepat, beberapa jenis usaha ini sangat memungkinkan untuk dilakoni dalam waktu senggangmu. Siapa tahu dari sekian daftar berikut, ada beberapa yang bisa dilakoni sekarang juga.

1. Jastip (Jasa Titip) Barang

Jasa Titip Barang
Jasa Titip Barang

Usaha modal internet yang pertama adalah  jadi agen jastip alias jasa titip dari pembelian barang. Seperti apa mekanismenya? Dengan media sosial sebagai modalnya, Kamu bisa menyediakan jasa titip pembelian barang apapun. Contohnya seperti make up, tas dan fashion item, hingga souvenir dan kerajinan tangan di luar maupun dalam negeri.

Ambillah tarif dari jasa titip barang yang Kamu sudah belikan tersebut apalagi bila barang tersebut berasal dari luar negeri. Sehingga, semakin banyak item yang klien beli darimu dengan jastip, Kamu akan mendapat semakin banyak keuntungan.

2. Jasa Pembayaran Online

Jasa Pembayaran Online
Jasa Pembayaran Online

Buat Kamu yang punya kartu kredit dan ingin menggunakannya agar bisa menghasilkan uang, pelayanan jasa bayar ini bisa dicoba. Usaha modal internet ini mirip seperti poin pertama. Di luar sana, ada banyak orang yang ingin membeli berbagai barang dari etalase toko online luar negeri. Ada banyak juga yang ingin menikmati berbagai layanan premium dari aplikasi tertentu. Tapi kendalanya? Mereka tak punya kartu kredit.

Jadi, Kamu bisa memanfaatkan peluang dengan mempermudah mereka dengan menyediakan layanan jasa bayar. Tentunya dengan menetapkan tarif jasa yang bersahabat. Contohnya, seorang teman ingin belanja barang dari situs luar negeri seperti Alibaba dan Amazon. Atau mereka ingin dibantu dalam urusan membayar perpanjangan membership dari aplikasi Netflix atau Spotify.

Kamu bisa membantu mereka dengan membuka jasa ini di blog. Buat sebuah blog dan tuliskan dengan informatif mengenai jasa pembayaran untuk apa saja yang Kamu sediakan. Buat tulisanmu mudah dan nyaman untuk dibaca sehingga para calon konsumenmu bisa mempercayakan urusan mereka kepadamu.

3. Content Writer/Blogger dan Freelancer Online

Content Writer Blogger dan Freelancer Online
Content Writer Blogger dan Freelancer Online

Karena saat ini sudah memasuki era digital, peluang usaha modal internet dengan menjadi content writer atau menulis konten online sudah bisa diandalkan sebagai profesi sampingan untuk menghasilkan uang ekstra. Kamu hanya perlu menulis artikel atau karya lainnya yang dibutuhkan klienmu secara online dari rumah. Artinya waktu dan jarak bukan lagi masalah dan sudah bisa diatasi karena kecanggihan gawai yang ada. Misalnya, Kamu tinggal di Surabaya tapi menjadi kontributor penulis untuk sebuah perusahaan yang berada di Bandung.

Jenis freelancer yang tersedia di sini juga sangat variatif. Selain menulis, umumnya konten sosial media, pembuatan website, jasa desain grafis, marketing sampai bidang teknologi informasi (IT) pun kerap dibutuhkan.

Bagaimana mekanismenya? Semua proses mulai dari kesepakatan hingga pembayaran akan berjalan secara online (tanpa harus bertatap muka di dunia nyata). Untuk pembayaran akan langsung dibayarkan ke rekening bank milikmu. Jadi jika Kamu punya hard skill dalam media sosial, desain, jurnalistik hingga bahkan teknologi informasi, mungkin cara ini bisa kamu coba

Untuk mendapatkan project, coba kunjungi berbagai situs semacam Sribulancer dan Projects.co.id. Kendati persaingannya cukup ketat dan kompetitif, tapi jika Kamu memang andal, mengapa ragu untuk mencoba?

Sedikit tips untuk menulis konten, umumnya syarat yang wajib dipenuhi adalah karyamu harus SEO friendly. Dengan begitu, tulisan yang diposting di situs yang bersangkutan jadi bisa lebih mudah dicari di search engine seperti Google. Setelah tulisanmu menjadi yang pertama muncul dari mesin pencarian Google, diharapkan orang jadi makin mudah untuk mengklik tulisan tersebut. Dengan begitu, traffic (jumlah pengunjung website) terkait jadi makin bertambah.

4. YouTuber dan Vlogger

YouTuber dan Vlogger
YouTuber dan Vlogger

Jika blogger adalah penulis artikel dan konten lainnya yang dibayar, maka kini yang lebih menjadi trend adalah vlogger (video blogger) dan YouTuber. Saat ini, makin banyak YouTuber dan vlogger yang bermunculan dan menjadi ladang uang.

Video-video yang ditampilkan pun sangat variatif dan kreatif. Sebut saja seperti soal kecantikan dan make up, wisata kuliner, memasak, tutorial gadget, bahasa, musik, fashion, bahkan hingga dating coach dan pengembangan diri. Para vlogger ini pun terdiri dari berbagai usia dan jenis kelamin. Sangat beragam, bukan?

Jadi jika Kamu ingin berkreasi dan menyalurkan bakatmu di sini, usaha modal internet ini sangat mungkin untuk dilakukan. Bisnis ini bahkan bisa membuatmu menghasilkan sejumlah uang di waktu senggang. Yang penting, buatlah kontenmu semenarik mungkin agar banyak penonton yang senang dan kemudian menjadi viral.

5. Jasa Email Blast (Email Marketing Campaign)

Jasa Email Blast (Email Marketing Campaign)
Jasa Email Blast (Email Marketing Campaign)

Hampir dapat dipastikan Kamu sudah pernah menerima email promosi. Email blast (email marketing campaign) ini juga merupakan kegiatan promosi yang dilakukan berbagai pemilik bisnis melalui email. Contohnya sebut saja seperti dari bermacam bank serta situs yang di-subscribe olehmu.

Untuk email blast ini, pengirimannya tak bisa dilakukan dengan manual melalui email pribadi atau kantor. Pertimbangannya sebagai berikut: jika sebuah brand atau perusahaan memiliki 2 juta data surel pelanggan, tentu pihak brand tak bisa mengirimkan semua secara langsung ke semua pelanggan melalui email biasa.

Agar kampanye promosi ini berjalan semakin lancar, maka cara yang dinilai cukup efektif adalah melakukan email blast. Selain itu, cara ini pun tergolong lebih murah dan ekonomis dibandingkan cara lainnya. Untuk platform dari email blast sendiri, yang umum digunakan adalah EmailOctopus dan MailChimp. Adapun untuk biaya langganannya dimulai dari US$ 20 sampai US$ 100. Harganya tergantung dari berapa orang subscriber dan surel yang hendak klien kirimkan informasi.

Sebagai informasi, jasa ini pun kerap ditawarkan oleh agen digital marketing. Sudah tentu harganya pun tak bisa dibilang murah sehingga disinilah letak peluangmu untuk menjual jasa ini. Coba tawarkanlah ke para owner dari UKM atau bisnis kecil yang masih belum melek internet. Siapa tahu mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Untuk hard skill-nya, Kamu perlu menulis email sedemikian rupa agar tidak tampak seperti iklan. Karena jika ya, maka email yang Kamu kirimkan bisa-bisa hanya langsung masuk ke spam.

6. Jasa Pembuatan Presentasi

Jasa Email Blast (Email Marketing Campaign)
Jasa Email Blast (Email Marketing Campaign)

Usaha modal internet yang keenam adalah menawarkan jasa membuat presentasi. Setiap staff senior atau manajer umumnya memerlukan skill untuk mempresentasikan konsep atau ide yang dimilikinya saat meeting perusahaan. Materi yang baik saja tidak cukup, diperlukan cara yang baik pula dalam penyampaiannya agar pesan dapat diterima dan diterapkan di perusahaan. Jika sudah begitu, bukan tak mungkin staff yang bersangkutan bisa mendapat promosi jabatan dan bentuk kesuksesan lainnya.

Kendalanya, tidak semua orang cakap dan kreatif dalam menyuguhkan presentasinya. Yang kerap menjadi masalah adalah, kejeniusan seseorang tidak menjamin apakah data yang disajikannya akan mudah dimengerti dan sederhana untuk dicerna orang lain. Disitulah letak tantangan sekaligus peluangnya.

Ada orang yang ahli berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, tapi kurang pandai membuat presentasi Power Point yang menarik. Demikian juga sebaliknya. Bagi Kamu yang jago dalam hal satu ini, mulailah tawarkan jasamu ke para manajer atau bos di kantor. Siapapun yang tertarik dan siap membayar jasamu bisa langsung membuatmu memulai bisnis baru ini.

7. Jadi Konsultan Cinta

Jadi Konsultan Cinta
Jadi Konsultan Cinta

Di masa ketika generasi milenial mendominasi populasi saat ini, membuka jasa menjadi konsultan cinta malah lebih umum dibutuhkan masyarakat. Buktinya, akun-akun Instagram seperti KelasCinta, DailyManly, BelajardrCinta dan lainnya semakin diminati banyak pengikut dari hari ke hari.

Apa yang dijual dari usaha modal internet ini? Yang dijual adalah komposisi dari kecerdasanmu merangkai kata ditambah dengan kebijaksanaanmu dari pengalaman sendiri atau orang lain dalam bercinta. Karena yang menarik followers di sini adalah kata bijak dan kata mutiara yang sarat makna dan aplikatif dalam kehidupan percintaan, persahabatan, motivasi dan kehidupan kawula muda.

Namun dari sinilah terus terbuka kesempatanmu untuk melebarkan bisnis dan meraup sejumlah keuntungan yang ditawarkan. Jika followers di Instagrammu sudah semakin banyak, bukan tak mungkin ada banyak pihak lain yang menawarkan kerja sama untuk iklan dan lain sebagainya. Soalnya, yang menjadi followers-mu tentu bukan bot alias user/netizen asli.

Kuncinya, semakin banyak followers, makin besar pula peluang untuk menjadikan hobimu ini sebagai e-commerce yang menghasilkan uang. Peluang ini makin banyak diminati. Terbukti dengan menjamurnya berbagai akun serupa yang menawarkan hal yang sama dengan kemasan aesthetic dan utility yang berbeda. Misalnya untuk muslimah, ibu hamil, wirausaha, musik, olahraga, kesehatan dan masih banyak lagi.

8. Membuka Kursus Online

Membuka Kursus Online
Membuka Kursus Online

Usaha modal internet selanjutnya adalah membuka kursus online. Variannya pun lagi-lagi beragam, mulai dari kursus alat musik hingga bidang-bidang seperti bahasa, marketing, make up dan NLP (Neuro Linguistic Programming). Hal ini tergantung dari kecakapan khusus yang Kamu punya. Istilah yang lebih populer dari kursus online ini ialah webinar.

Untuk memulai bisnis, Kamu hanya perlu modal hard skill yang dimiliki serta internet. Hal ini juga bisa dilakukan saat senggang di akhir pekan, atau sepulang kerja.

Agar segera menarik calon murid, buatlah teaser dari webinar-mu di YouTube. Karena bersifat teaser, maka calon murid perlu membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan video lengkap darimu. Dengan begitu, Kamu pun bisa semakin mengasah skill yang Kamu punya dan mendapat penghasilan dari situ.

9. Jasa Web Designer dan Developer

Jasa Web Designer dan Developer
Jasa Web Designer dan Developer

Bergelut di bidang IT? Kamu pun bisa mencoba usaha modal internet  dengan menyediakan jasa membuat situs dan mengembangkannya secara lepas (freelance). Namun ingat, pekerjaan ini bisa menyita waktumu. Apalagi jika saat ini Kamu sudah menjadi karyawan IT di perusahaan startup. Sesuaikan pengambilan proyek dengan kesanggupan dan waktu yang Kamu punya.

Baca Juga: Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah dengan Modal Kecil 

Pilih Usaha Sesuai dengan Minat, Bakat, dan Kemampuan

Demikianlah berbagai peluang usaha yang bisa dijadikan ladang uang mulai tahun baru nanti. Apapun yang hendak Kamu coba, pilihlah yang paling sesuai dengan minat, bakat dan kesanggupanmu agar seluruh prosesnya bisa berjalan lancar sesegera mungkin. Semoga sukses dan selamat meraup keuntungan baru!

Butuh Dana untuk Mulai Usaha Sendiri? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Lengkapi Data Anda

Download App Indodana Sekarang!