10 Sumber Penghasilan Blogger yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang (featured)

10 Sumber Penghasilan Blogger yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Posted by

Kecanggihan teknologi yang semakin mutakhir saat ini telah membuka begitu banyak peluang baru yang sebelumnya belum pernah ada. Era digital memungkinkan orang untuk tak hanya hidup lebih mudah dan modern, tapi juga menciptakan sejumlah lapangan kerja baru yang beragam. Tak hanya itu saja, hadirnya berbagai macam platform media sosial kini menunjang masyarakat untuk go public dan eksis di dunia maya. Salah satu caranya adalah menjadi seorang blogger. Penghasilan blogger  juga tidak bisa dianggap remeh, karena biasanya para blogger profesional mampu menghasilkan puluhan juta rupiah hanya dari blog yang ia kelola sendiri.

Internet dan Gadget  Menjadi Kebutuhan Hidup

Internet dan Gadget Menjadi Kebutuhan Hidup
Internet dan Gadget Menjadi Kebutuhan Hidup

Masyarakat era digital dewasa ini seakan tak mampu lepas dari gadget dan internet. Bahkan, dua hal ini disebut-sebut telah menjadi bagian utama dari kebutuhan hidup, sebagaimana layaknya makanan dan pakaian. Lihat saja di sekitarmu, rata-rata semua orang akan beraktivitas dengan melibatkan smartphone. Fenomena ini tentunya mendatangkan sejumlah perubahan gaya hidup yang signifikan.

Contohnya saja dalam bidang perekonomian, jika dulu berjualan hanya dilakukan secara fisik dan konvensional, kini sudah banyak menjamur kegiatan jual beli online melalui media sosial hingga platform e-commerce khusus seperti Tokopedia dan Shopee. Berkat internet pulalah, para owner dari Google, Microsoft, Facebook dan Amazon kini telah merajai dunia dan menghasilkan puluhan miliar USD setiap tahunnya.

Dalam bidang pendidikan, sudah banyak juga ditemukan perkuliahan maupun seminar dan workshop yang dilakukan secara online. Sertifikasinya kemudian juga didapatkan secara online. Selain itu, banyak juga bermunculan media massa online serta aliran jurnalistik online yang tertuang dalam blog, situs, forum dan media sosial. Bahkan seperti diketahui, fenomena kencan online saja sudah semakin digunakan secara masif oleh para generasi muda.

Belum lagi jika meninjau para selebgram yang menjadi populer dari internet yang biasanya dicapai dari mempublikasikan bakat dan hobi mereka. Dengan teknologi mutakhir seperti sekarang ini, setiap orang bisa mempublikasikan diri serta karyanya masing-masing untuk lebih mudah dikenal orang lain.

Internet Sebagai Sumber Penghasilan

Internet Sebagai Sumber Penghasilan
Internet Sebagai Sumber Penghasilan

Tak jarang, banyak juga yang berhasil mendapatkan penghasilan besar dari internet. Entah itu dari media sosial hingga platform lainnya seperti blog. Selagi kemudahan untuk mempublikasikan diri kini kian fenomenal dan ditunjang, banyak orang yang kemudian terjun ke dunia penulisan blog dan menjadi blogger profesional. Hal ini juga karena iming-iming penghasilan blogger yang tergolong cukup besar. 

Blog bisa berisi tulisan informatif dengan berbagai segmentasi yang sangat luas dan variatif. Cakupannya yang sangat luas memungkinkan publik untuk mengeksplorasi sambil mendapatkan penghasilan dari artikel yang ditulis. Umumnya, yang ditulis adalah sejumlah tips, review, tutorial, hobi yang bermacam-macam seperti fashion, make-up, kuliner, masak, keuangan, art, dekorasi, kesehatan, teknologi dan lain sebagainya yang sekiranya digemari orang banyak dan mendatangkan manfaat.

Saat ini sudah banyak blogger yang berhasil mendapatkan banyak uang dan menjadikan tulisannya sebagai sumber penghasilan. Berbagi tulisan, pemikiran dan karya yang notabene tadinya hanya merupakan sebuah hobi kini malah bisa menghasilkan uang. Blogger profesional umumnya mempunyai jam kerja yang fleksibel. Selain itu, postinganmu pun bisa dikerjakan kapan saja tanpa terikat jam kerja seperti jam kantoran.

Baca Juga: Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Memiliki Perhatian Tinggi

Penghasilan Blogger yang Menjanjikan

Penghasilan Blogger yang Menjanjikan
Penghasilan Blogger yang Menjanjikan

Memulai membuat blog biasanya tak selalu mudah, terutama jika Kamu terbilang penulis pemula. Meski begitu, yakinlah bahwa dengan terus berlatih menulis, maka kemampuanmu dalam mengulas konten blog akan makin terasah. Selain soal teknis penulisan, yang kerap menjadi tantangannya adalah ide konten penulisan. Tapi, tenang. Semakin Kamu berpengalaman dan punya banyak jam terbang, semakin terasah pula kemampuanmu dalam menyajikan konten penulisan blog-mu.

Sama halnya seperti pekerjaan dan profesi lain yang perlu dirintis pada umumnya, demikian juga halnya dengan menjadi blogger. Usaha awal tentu membutuhkan tenaga ekstra. Blog mesti dibangun semenarik dan sebaik mungkin agar banyak pembaca yang mengunjungi blog Kamu.

Aturlah agar konten dan tampilan blog Kamu dengan semenarik mungkin. Semakin menarik dan bermanfaat blog Kamu, besar kemungkinan para visitor akan semakin sering membacanya. Akhirnya jika sudah cukup terkenal, dari situ Kamu bisa menghasilkan hingga jutaan Rupiah. Menarik, bukan?

Yang kerap menjadi pertanyaan adalah, dari mana blogger bisa menghasilkan banyak uang tersebut? Bagaimana caranya? Mari simak ulasannya berikut.

1. Dari Penawaran Layanan atau Jasa

Penghasilan Blogger yang pertama adalah memberikan layanan atau jasa. Memulai blog sendiri tentu akan memberikanmu pengalaman dan pembelajaran baru. Mulai dari belajar membuat konten sendiri, mendesain banner dan logo, mengoperasikan blog, serta mempelajari Search Engine Optimization (SEO) agar pengunjung blog semakin banyak.

Semakin lama, tentu Kamu akan semakin handal. Skill dan pengetahuanmu ini kelak bisa ditawarkan kepada visitor atau blogger pemula selanjutnya. Bukalah penawaran jasa dan layanan yang bersifat lepas (freelance) sebagai guide bagi pembaca yang tertarik untuk mengikuti jejakmu. Kamu bisa menawarkan jasa pelatihan, jasa desain, hingga jasa teknik penulisan dan lainnya.

2. Dari Iklan

Penghasilan blogger yang kedua adalah dari iklan. Iklan yang dipasang di blog Kamu pun bisa menjadi sumber penghasilan. Baik yang ditempatkan di dalam artikel atau postingan hingga pemasangan banner. Sebagai catatan, blog milikmu terlebih dahulu harus mempunyai traffic pengunjung/ pembaca yang tinggi. Barulah setelahnya Kamu bisa mendapatkan iklan.

Khusus untukmu yang masih tergolong newbie, alangkah baiknya Kamu memasang Google AdSense. Google AdSense ini memungkinkan blog yang masih dalam skala visitor kecil bisa mendapat iklan.

Google Adsense sendiri merupakan jaringan advertising (periklanan) yang Google sediakan. Para pemilik situs bisa memasang iklan yang berasal dari Google di website mereka. Untuk setiap click yang didapatkan akan diakumulasi jadi uang. Nantinya uang ini bisa dicairkan.

3. Dari Review Produk Tertentu

Penghasilan blogger yang ketiga adalah dari review produk. Kamu juga bisa mendapat penghasilan dengan cara menulis ulasan berbayar, alias me-review suatu barang atau layanan dengan cara endorse. Umumnya bisa berupa gadget, clothing, cosmetic , dan lain sebagainya. Mereka biasa akan menawarkan jasa mereka untuk dinikmati dengan gratis oleh blogger dan minta untuk dibuatkan review. Selanjutnya, blogger akan menuliskan ulasan atau review-nya di blog pribadinya.

Biasanya, para blogger dipilih untuk menuliskan ulasan produk atau layanan jasa mereka mengingat konten dan gaya penulisan blogger lebih natural serta menggunakan sudut pandang konsumen. Dengan demikian, review yang tercipta tidak akan tampak seperti iklan melainkan lebih ke soft-selling yang sifatnya membujuk. Endorsement ini biasanya juga memberikan fee untuk blogger.

4. Dari Menjadi Brand Ambassador

Penghasilan blogger yang ketiga adalah dari menjadi brand ambasador.  Para blogger juga kerap dijadikan pilihan menarik bagi pihak suatu brand untuk menjadi ambassador mereka. Saat ini, tak hanya selebriti saja yang disasar untuk menjadi brand ambassador. Malahan, justru karena image para blogger yang ‘sama seperti orang biasa’ ini lebih berpengaruh bagi masyarakat banyak. Mereka jadi lebih mudah terbujuk untuk menggunakan merek yang digunakan para blogger yang bersangkutan.

Sebagai contoh adalah Kristina Bazan yang disebut sebagai blogger pertama untuk jadi brand ambassador dari merek kenamaan L’oreal Paris. Sedangkan dalam kancah blog tanah air, ada nama Diana Rikasari yang pernah ditunjuk jadi brand ambassador dari Sony Xperia Z5 Compact. Sementara Dian Pelangi—juga tercatat sebagai blogger yang ditunjuk menjadi brand ambassador dari Hijup.

5. Dari Content Placement

Penghasilan blogger yang kelima adalah lewat content placement. Penempatan konten ini berbeda dengan ulasan yang berbayar seperti yang dijelaskan di poin nomor tiga. Content placement atau penempatan konten ini hanya mengharuskanmu untuk menempatkan artikel yang bukan hasil karyamu di dalam blog. Jadi Kamu tidak perlu menulis konten sendiri dan biasanya sudah disiapkan dari yang pihak pemasang. Cukup dengan hanya mempublikasikan tulisan yang disediakan oleh pihak pengiklannya, maka Kamu bisa mendapatkan uang.

Biasanya, fee untuk content placement akan lebih sedikit ketimbang ulasan berbayar (review). Tapi kalau pada saat yang bersamaan Kamu mengelola dua blog atau lebih, penghasilan dari penempatan konten ini tentu bisa diperhitungkan.

6. Dari Afiliasi

Cara afiliasi ini juga kerap dilakukan oleh para blogger. Kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari pembuatan tautan. Jika para visitor dari blog-mu mengklik link terkait, maka Kamu akan berhak atas komisi dari penjualan mereka.

Penempatan tautan biasanya kerap disisipkan dalam isi postingan. Ada pun beberapa perusahaan yang kerap berafiliasi dengan para blogger antara lain seperti Bukalapak.com dan Lazada.co.id serta e-commerce lainnya.

7. Dari Event

Penghasilan blogger selanjutnya yang bisa didapatkan adalah melalui penyelenggaraan acara. Coba adakan sebuah acara untuk mengundang pengunjung setiamu. Adakan acara dalam skala kecil saja yang sekiranya dihadiri oleh minimal 20-30 orang.

Lalu Kamu bisa menetapkan tarif yang cocok untuk event tersebut. Tak lupa, temukan juga sponsor acara yang bersedia berkolaborasi dan kerja sama denganmu. Dengan demikian, Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog ciptaanmu.

Umumnya, acara seperti ini kerap diselenggarakan oleh para beauty blogger yakni mereka yang mempunyai blog bermuatan tutorial makeup serta fashion, kecantikan, fotografi, memasak, serta Do It Yourself (DIY).

8. Dari Recurring Income

Recurring income juga bisa dijadikan alternatif sebagai penghasilan blogger. Caranya yakni dengan menerapkan sistem membership premium. Sehingga bagi mereka yang ingin mendapatkan membership premium wajib membayar biaya keanggotaan. Setelah uang keanggotaan dibayar, mereka dapat mengakses dan menikmati konten blog istimewa, yang tentunya tak bisa diakses oleh mereka yang anggota regular.

9. Dari Tawaran Menulis di Platform Lain

Semakin banyak konten dan pembaca di blog kamu, maka bukan tak mungkin jika berbagai tawaran lebih menarik dari perusahaan lain akan bermunculan. Di era digital ini, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan konten untuk website mereka. Perusahaan-perusahaan seperti ini biasanya akan memprioritaskan blogger untuk menuliskan konten yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan para blogger dianggap sudah berpengalaman dalam penulisan konten bagi readers di dunia maya. Sehingga dengan demikian, profesi sebagai content writer pun bisa dirangkap oleh para blogger.

10. Dari Menjadi Narasumber atau Pembicara

Para blogger sering bertugas meliput guna mendapatkan informasi untuk konten yang akan ditulis. Namun, tak jarang juga dalam berbagai kesempatan justru malah sebaliknya dalam beberapa acara, blogger bisa menjadi objek atau narasumber yang diliput. Biasanya, blogger akan diundang sebagai narasumber sekaligus pembicara dalam workshop dan berbagai acara.

Blogger yang diundang umumnya diminta jadi pembicara untuk berbagai pengalamannya yang luas berkenaan dengan topik yang dijadikan pembahasan dalam acara tersebut. Sebagai contoh, blogger dengan konten yang mengulas tentang travelling akan diundang sebagai pembicara travel-blogger. Sedangkan untuk event parenting misalnya, maka ditunjuklah blogger parenting untuk berbagi kisah dan pengalamannya. Demikian juga dengan beauty blogger dan lain sebagainya. Biasanya, fee yang tersedia juga lumayan besar. Selain itu, nama blogger yang bersangkutan tentu akan semakin dikenal oleh publik.

Baca Juga: Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah dengan Modal Kecil

Mulai Jadi Blogger Sekarang Bila Kamu Hobi Menulis

Bagi Kamu yang hobinya menulis, tentu kegiatan dan profesi sebagai blogger ini akan sangat menyenangkan untuk ditekuni. Apalagi dengan tambahan fakta bahwa uang yang banyak bisa dihasilkan dari kegemaran yang satu ini. Mudah-mudahan informasi di atas bisa membantumu mengembangkan blog dengan konten berkualitas sehingga segera menghasilkan banyak uang secepatnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Butuh Tambahan Dana untuk Jadi Blogger? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!