Biaya Kuliah Mahal Coba Lakukan Cara-Cara Ini agar Pendidikan Kamu Tetap Lancar

Biaya Kuliah Mahal? Coba Lakukan Cara-Cara Ini agar Pendidikan Kamu Tetap Lancar

Posted by

Sudah seharusnya generasi muda tanah air RI bisa menikmati dan mengenyam pendidikan tinggi. Menuntut ilmu setinggi mungkin tentu akan sangat bermanfaat bukan saja bagi diri seseorang, melainkan juga bagi lingkungan sekitarnya. Tingginya pendidikan yang dikecap seseorang sedikit banyaknya akan menentukan kesuksesannya di masa depan. Walaupun di zaman sekarang biaya kuliah mahal, namun tetap saja orang tua selalu berusaha menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi dengan harapan putra putri mereka kelak bisa sukses di masa depan.

Masih Ada Ketimpangan Pendidikan

Masih Ada Ketimpangan Pendidikan 
Masih Ada Ketimpangan Pendidikan

Di sisi lain, ketimpangan pendidikan juga masih terjadi di Indonesia. Anggapan lainnya berpendapat bahwa pendidikan tinggi itu tidak terlalu penting. Selain karena biaya kuliah mahal, ada kecenderungan meremehkan dan menyepelekan pendidikan dan keilmuan yang tinggi. Asumsi seperti, ‘buat apa pendidikan tinggi jika ujung-ujungnya jadi karyawan juga’, atau ‘percuma sekolah mahal-mahal tapi akhirnya berakhir di dapur jadi ibu rumah tangga’, dan sebagainya.

Pendidikan tinggi memang tidak menjamin sepenuhnya seseorang bisa sukses dan kaya raya. Memang banyak bukti di mana segelintir orang yang putus sekolah bisa mendapatkan kesuksesannya di berbagai bidang. Sehingga bagi kubu yang satu ini, pendidikan tinggi itu tidak sedemikian penting,

Akan tetapi, bagaimana jika anggapan tersebut dibalikkan? Apakah dengan tidak menuntut ilmu dan pendidikan setinggi mungkin, kesuksesan sudah pasti bakal terjamin? Fakta nyatanya, lebih banyak lagi orang-orang yang tidak sukses karena tidak punya peluang lebih, yang mana peluang tersebut sebenarnya bisa terbuka bagi mereka, jika mereka berpendidikan tinggi.

Manfaat Pendidikan Tinggi

Manfaat Pendidikan Tinggi
Manfaat Pendidikan Tinggi

Tak dapat dipungkiri bahwa berpendidikan tinggi itu banyak sekali manfaatnya. Yang pertama dan paling sederhananya adalah Kamu bisa menimba dan menerima ilmu pengetahuan baru secara lebih spesifik. Menuntut pendidikan setinggi mungkin bisa membuka wawasan dan pola pikirmu, selain membantumu membentuk dan mengubah sejumlah pola pikir yang mungkin keliru. Kamu pun bisa jadi berpikir lebih logis, rasional dan realistis.

1. Lebih Bijaksana dan Tidak Mudah Tertipu

 

Kamu tidak akan mudah tertipu dan bisa jadi lebih cerdas serta bijaksana dalam berkata-kata, bersikap, bertindak serta mengambil keputusan. Menuntut ilmu setinggi mungkin juga bisa membantumu menemukan jati diri dan membentuk agar pribadimu berkembang, lebih maju serta semakin mandiri dan percaya diri.

Kamu juga akan mengenal dunia dan segala ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya dengan lebih luas lagi. Biasanya, semakin banyak yang seseorang ketahui, semakin sadar juga dirinya bahwa hanya sedikitlah yang ia tahu, tidak seperti peribahasa tong kosong nyaring bunyinya.

Socrates pernah mengatakan,

“The more I know, the more I realize I know nothing.” (Semakin banyak yang aku tahu, semakin aku menyadari sebenarnya aku tidak tahu apa-apa).

Ungkapan serupa juga dikatakan oleh Albert Einstein,

“The more I learn, the more I realize how much I don’t know.” (Makin banyak yang aku pelajari, semakin aku menyadari seberapa banyak yang tidak aku ketahui).

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Meningkatkan Kualitas Hidup
Meningkatkan Kualitas Hidup

Pendidikan tinggi tentu bisa sangat meningkatkan kualitas diri, serta mengembangkan minat dan bakat. Pada akhirnya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidupmu sendiri. Selain itu, pendidikan tinggi juga bisa membantumu untuk lebih cakap menjaga gaya hidup sehat. Contoh sederhananya, Kamu tentu tahu bagaimana dunia sebelum mengenal vaksin dan antibiotik. Semakin maju dan mutakhir teknologi yang dunia miliki, maka besar kemungkinan taraf kehidupan pun akan semakin baik dan meningkat. Kamu juga jadi tak akan terlalu mudah percaya pada pengobatan gaib atau hal-hal berbau takhyul lainnya. Sebaliknya, Kamu akan lebih tekun lagi menjaga dan merawat kesehatan lahir batinmu.

2. Mendapatkan Martabat dan Profesionalisme

Manfaat lain dari pendidikan tinggi akan sangat terasa ketika Kamu akhirnya terjun ke dunia masyarakat dan saat menjalin hubungan sosial. Kamu jadi tak mudah direndahkan orang lain mengingat biar bagaimana pun, pendidikan tinggi akan membantu mengangkat martabatmu. Kamu juga akan lebih percaya diri secara profesional. Dalam dunia kerja formal dan perusahaan, selembar ijazah bisa menjadi penentu dari jabatan, penghasilan dan jenjang karir yang tersedia bagimu.

Ada fakta yang tak dapat dibantah terkait hal ini. Semakin tinggi pendidikanmu, maka besar kemungkinan akan semakin tinggi juga jabatan dan penghasilan yang bisa Kamu bidik untuk masa depanmu. Bagaimana pun, hal ini merupakan fakta ini nyata yang tak bisa dibantah.

Skill juga memegang peranan penting dan sangat diperhitungkan. Namun kembali lagi, banyak orang yang pada akhirnya berada dalam posisi tak berhak untuk melamar sebuah pekerjaan lantaran tidak memenuhi syarat kualifikasi pendidikan .

Demikian halnya jika Kamu bercita-cita menjadi wirausaha. Mengelola bidang usaha tertentu selayaknya memerlukan ilmu manajemen yang mumpuni untuk mengatur keuanganmu, contohnya. Kamu juga akan membutuhkan sejumput pengetahuan tentang psikologi untuk memudahkanmu menghadapi pelanggan serta kolega bisnis. Dengan begitu, apa pun cita-citamu, mengenyam pendidikan tinggi tidak akan pernah percuma. Malahan semua usaha yang dikeluarkan akan sepadan dan mutlak berguna.

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Terbentur Biaya Kuliah Mahal

Terbentur Biaya Kuliah Mahal
Terbentur Biaya Kuliah Mahal

Meski pendidikan tinggi notabene merupakan hak sekaligus kebutuhan, namun nyatanya masih banyak juga yang terbentur karena biaya kuliah mahal. Kebanyakan orang mengidamkan kuliah setinggi mungkin sebagai ikhtiar untuk mengubah nasib. Sayangnya, mereka tak punya cukup uang untuk mewujudkannya. Lantas harus bagaimana? Kamu bisa melakukan cara-cara berikut agar pendidikan Kamu bisa tetap berjalan lancar dan cita-citamu segera tercapai. Apa saja? Mari simak uraiannya sebagai berikut

1. Jadi Freelancer dan Cari Penghasilan Tambahan

Menjadi Freelancer
Menjadi Freelancer

Biaya kuliah mahal? Coba jadi Freelancer! Untuk memenuhi biaya kuliah dan prosesnya yang tak bisa dibilang murah, Kamu bisa mencoba jadi freelancer (pekerja lepas) dan menghasilkan uang tambahan. Ada beragam pilihan yang bisa Kamu ambil sesuai situasi dan kondisimu. Contohnya antara lain seperti menjadi fotografer, model, atau penulis dan desainer grafis.

Ambil pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan jadwal kuliahmu agar tidak bentrok. Kuncinya di sini adalah Kamu mesti mampu membagi waktumu dengan efisien. Dapatkan lowongan kerja untuk pekerja lepas dengan mengakses situs Freelancer.com atau Sribulancer.com.

Menjadi freelancer tidak akan terlalu memakan waktu dan menguras energimu mengingat Kamu bisa memilih untuk mengambil proyek saat waktumu sedang lebih senggang.

2.  Mulai Berwirausaha atau Jalankan Bisnis Kecil

Buka Bisnis Online Sendiri
Buka Bisnis Online Sendiri

Biaya kuliah mahal? Coba mulai usaha kecil! Alternatif satu ini juga terbuka untuk dijadikan pilihan. Sambil kuliah, Kamu bisa berjualan produk atau jasa apapun selama halal. Mulai dari jualan online hingga jualan langsung tetap bisa dilakukan. Sebut saja mulai dari pulsa, membuka jasa kursus memainkan alat musik, membuka les bahasa untuk murid sekolah, hingga berdagang anting, kosmetik, aksesoris, atau bahkan kuliner tertentu. Selalu ada banyak peluang usaha dengan modal yang minim.

Kamu juga bisa menjadi reseller dan dropshipper dari berbagai bisnis usaha orang lain yang sudah ada. Bahkan, jika situasinya kondusif dan ada kendaraan, Kamu pun bisa menjual jasamu sebagai driver aplikasi online yang saat ini semakin digemari untuk mengakomodasi transportasi masyarakat.
Bukan tak mungkin jika bentuk usahamu ini pun bisa berkembang dan menghasilkan banyak pundi-pundi uang untuk memenuhi biaya kuliahmu, dan biaya hidupmu sendiri selama menuntut ilmu—atau bahkan berlanjut hingga setelahnya.

3. Kerja Sampingan

Biaya kuliah maha? Coba kerja sampingan! Kamu juga bisa mengikuti kelas karyawan yang saat ini kian marak dan dibuka di berbagai universitas swasta. Kuncinya jika Kamu mengambil opsi ini adalah menjaga kesehatan agar tetap prima. Gunakan waktumu dari pagi ke sore untuk bekerja. Sedangkan untuk petang hingga malamnya, Kamu bisa memanfaatkan menimba ilmu di kelas karyawan.

Beberapa universitas juga menyediakan waktu belajar yang lebih fleksibel, sehingga apabila Kamu terlalu lelah mengambil kuliah malam, Kamu bisa mengambil kelas perkuliahan di akhir pekan (Sabtu-Minggu), dari pagi sampai sore.

Bagaimana mengenai biayanya? Pihak kampus biasanya bisa mengondisikan dengan mahasiswanya yang bersangkutan karena mahasiswa kelas karyawan kerap diperlakukan dengan aturan berbeda sesuai administrasi kampus terkait. Bahkan, beberapa kampus bisa memberikan waktu untuk Kamu melunasi biaya semesteran. Yang penting adalah koordinasi yang lancar antara Kamu dan pihak kampus.
Universitas Nasional, Universitas Widyatama Bandung, Universitas Mercu Buana, Institut Bisnis Nusantara serta Universitas Trilogi merupakan beberapa kampus yang saat ini menyediakan kelas karyawan atau kuliah malam.

4. Ajukan Beasiswa

Ajukan Beasiswa
Ajukan Beasiswa

Biaya kuliah mahal? Incar beasiswa jika memungkinkan. Sebagai salah satu program umum untuk memberikan bantuan dalam pendidikan, beasiswa diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Kamu tak perlu melunasi uang beasiswamu kelak. Meski begitu, dana beasiswa tak dapat begitu saja dikucurkan kepadamu karena Kamu harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu.
Langkah mudahnya, cari kampus yang Kamu minati lalu buka website mereka, atau kunjungi langsung tempatnya dan temukan informasi sebanyak mungkin terkait beasiswa tersebut.

5. Student Loans

Student Loans
Student Loans

Biaya kuliah mahal? Coba ajukan student loan. Program ini merupakan bentuk bantuan pembiayaan kuliah dari institusi atau lembaga tertentu berbentuk pinjaman uang. Yang membedakannya dari beasiswa adalah Kamu tentu harus mengembalikan pinjaman ini segera setelah Kamu lulus dan mendapat pekerjaan sesuai dengan jangka waktu tertentu yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Untuk ketentuan dan syarat yang diberlakukannya, biasanya beragam. Ada yang berupa pinjaman dana tanpa bunga, yang berbunga, dan terakhir adalah crowdfunding. Dapatkan informasi lebih terkait hal ini dengan mengeceknya di website Dana Didik yang diinisiasikan Yayasan Sampoerna Foundation.

Berikut adalah daftar beberapa kampus yang menyediakan student loans yang mungkin bisa Anda coba:

  • Institut Teknologi Bandung,
  • Sekolah Bisnis Prasetya Mulya,
  • Universitas Atma Jaya,
  • Universitas Al Azhar Indonesia,
  • Universitas Indonesia,
  • Universitas Gadjah Mada,
  • Institut Pertanian Bogor,
  • Universitas Bina Nusantara,
  • Universitas Bunda Mulia,
  • Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia,
  • Universitas Trisakti, dan
  • Universitas Pelita Harapan.

Silakan datangi langsung kampus-kampus bersangkutan atau kunjungi situs resmi mereka untuk penjelasan yang lebih lengkap lagi mengenai pinjaman dana untuk mahasiswa yang tersedia.

Baca Juga: Tips Praktis untuk Kamu Para Freelancer Agar Pengeluaran Kamu Tidak Bocor Setiap Bulan

Tetap Tekun dan Terus Berjuang untuk Mendapatkan Pendidikan

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan. Selama tekad dan keinginan sejati serta benar-benar kuat, maka besar kemungkinan Kamu akan melihat banyak jalan. Biaya kuliah maha bukanlah alasan kamu tidak bisa mendapatkan pendidikan.  Tetaplah bertekun menuntut ilmu dan menggapai cita-cita demi masa depan yang sukses dan gemilang. Yakinlah kesuksesan pasti akan mampu Kamu dapatkan. Semangat dan selamat meraih mimpi!

Butuh Tambahan Dana untuk Biaya Kuliah? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!