Mau Kencan Irit Ini Tips-Tips yang Bisa Kamu Praktekkan

Mau Kencan Irit? Ini Tips-Tips yang Bisa Kamu Praktekkan

Posted by

Meluangkan waktu berduaan dengan pasangan merupakan salah satu prioritas untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Terutama buat Kamu yang masih mencari jodoh di luar sana, tentu mesti mempersiapkan budget khusus untuk mendanai acara kencan. Akan tetapi tidak semua orang memiliki standar budget yang sama untuk memepersiapkan “kencan irit”.

Kebanyakan orang tentu tak ingin membeli kucing dalam karung. Itulah sebabnya perlu pendekatan dalam jangka waktu tertentu agar bisa melangkah ke jenjang yang lebih lanjut. Bagi yang sudah berpasangan—baik komitmen pacaran maupun pernikahan, berkencan tetap diperlukan. Ini dikarenakan sebagian orang akan merasa bahagia jika bisa menghabiskan quality time bersama orang terkasihnya.

Kencan Irit Bisa Jadi Pilihan untuk Kamu yang Ingin Berhemat

Meski begitu, berkencan bersama pasangan tak mesti selalu yang mewah dan mahal-mahal. Membahagiakan pasangan tentu merupakan hal yang wajar. Banyak orang yang senang mengekspresikan bahasa kasihnya melalui berbagai macam cara. Entah itu melalui pemberian hadiah (membelikan barang), menolong atau melayani, lewat sentuhan fisik, hingga menggunakan kata-kata manis dan meluangkan waktu yang berkualitas seperti berkencan.

Namun, cara mengekspresikan kasih sayang itu seringnya melibatkan uang. Tak jarang, uang yang harus digelontorkan pun tak bisa dibilang sedikit. Padahal, saling membahagiakan bersama pasangan itu tidak harus mahal. Waktu berkencan pun tak melulu hanya dihabiskan dengan bersantai sambil makan di restoran mewah yang notabene harganya tak bisa dibilang murah.

Lagipula dalam realita kehidupan, tak selamanya uang selalu berlimpah setiap saat—kecuali kalau Kamu sama-sama berasal dari keluarga kaya raya tujuh turunan. Namun, bahkan meski pun Kamu berasal dari keluarga dengan kebebasan finansial yang teramat sangat, alangkah baiknya jika sikap irit dan hemat tetap dipelihara demi kesehatan keuangan yang tetap terjaga. Berhemat dalam mengelola keuangan itu sama pentingnya seperti membuat pundi-pundi keuanganmu beranak pinak.

Baca Juga: Punya Calon Pasangan? Coba Diskusikan Hal-Hal Seputar Keuangan Berikut Sebelum Kamu Menikah

Tips Kencan Irit yang Bisa Kamu Praktekkan dengan Pasangan

1. Kunjungi Tempat yang Banyak Promosinya

Kencan Irit dengan Mengunjungi Restoran dengan Promo
Kencan Irit dengan Mengunjungi Restoran dengan Promo

Untuk mendapatkan kencan irit namun tetap meriah, tips ini bisa Kamu dan pasanganmu praktekkan. Temukan dan pilihlah tempat yang menawarkan banyak promosi untuk mendapatkan harga food and beverage yang ramah di kantong. Hal ini bisa menjadi pilihan menyenangkan lantaran Kamu bisa mendapat potongan harga sekaligus tetap bisa menikmati kenyamanan pelayanan yang tersedia. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat pengeluaranmu dan tetap dapat bersenang-senang.

Mampirlah ke restoran yang menawarkan diskon dan promo buy 1 get 1 menu di hari tertentu, misalnya. Atau Kamu juga bisa mampir ke restoran dengan potongan harga yang memakai credit card. Hunting tempat-tempat ini juga sepertinya akan mendatangkan keseruan tersendiri bersama pasangan tercinta. Coba perhatikan berbagai promo makanan lewat berbagai aplikasi atau website seperti Giladiskon, atau Lakupon.

2. Kencan Sambil Olahraga

Kencan Sambil Olahraga
Kencan Sambil Olahraga

Kesehatan merupakan salah satu hal vital yang perlu dijaga. Terutama jika Kamu betul-betul saling memperdulikan kesehatan satu sama lain dengan pasanganmu, alternatif ini sangat patut untuk dicoba. Berkencan sambil berolahraga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan pastinya keuanganmu.

Berolahraga bersama tak hanya menyehatkan dan membahagiakan, tapi juga memberikan kedekatan yang lebih akrab lagi dengan si dia. Pastinya, anggaran pengeluaran untuk hal ini pun bisa dipangkas lebih murah. Contohnya, Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan momen Car Free Day untuk kencan irit sambil berolahraga.

Kamu juga bisa mengeksplor berbagai taman kota yang tersedia dan berjalan-jalan (jogging) bersama pasangan di sana. Biasanya, beberapa taman kota terbuka untuk umum dan secara gratis dapat digunakan publik. Sekalian menjadi momen refreshing bersama pasangan, hati senang, badan sehat serta pengeluaranmu pun tetap tetap hemat dan bermanfaat.

3. Piknik di Taman Kota

Piknik di Taman Kota
Piknik di Taman Kota

Berbicara mengenai kencan irit, Kamu juga bisa mengajak pasanganmu piknik berdua di taman kota. Selain dekat danhemat, mendapatkan quality time menikmati sejuk dan segarnya suasana taman dengan santai tentu akan membuat chemistry kalian kian erat.

Agar tetap irit namun sempurna, Kamu bisa membawa minuman dan makanan ringan kesukaan kalian dari rumah. Biayanya akan terhitung lebih murah dan ekonomis jika dibandingkan pergi ke restoran mewah atau café mahal. Nantinya, budget yang berhasil ‘terselamatkan’ dengan berhemat itu bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting lagi, seperti menabung untuk pernikahan dan lainnya.  

4. Kencan Saat Weekday

Berkencan tak mesti selalu di Malam Minggu dan akhir pekan melulu. Di hari-hari kerja pun, kencan irit sealam beberapa jam masih bisa dilakukan. Sepulang kerja, Kamu bisa berkencan dulu dengan pasanganmu untuk berbagi cerita mengenai apa saja yang terjadi seharian tadi. Meski sebentar, sering-sering bertemu dan berkomunikasi dengan intens dan terbuka merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan tetap erat dan terpelihara. Jadi tips yang satu ini sangat patut untuk dipertimbangkan.

Penghematan pun bisa dilakukan bersama. Entah itu hanya menyantap kopi dan makanan ringan sejenak, hingga menonton bioskop bersama sepulang kerja. Harga tiket bioskop sendiri umumnya dibanderol dengan harga lebih murah saat weekday dibandingkan ketika weekend. Malahan, perbedaan harga tersebut lumayan signifikan.

Berkencan saat hari kerja pun tak mesti melulu sepulang kantor. Jika keadaan memungkinkan seperti lokasi kantor yang berdekatan, kencanlah saat jam istirahat sambil menyantap makan siang bersama.

5. Kencan di Jam Tanggung

Berkencan sambil menyantap camilan ringan (snack) dan kopi akan jauh lebih murah dan hemat pengeluaran dibandingkan dengan makan besar. Tentunya, ada perbandingan kontras untuk harga makanan berat dan makanan ringan.

Tips ini bisa dilakukan dengan menghindari waktu kencan pada saat jam makan siang dan makan malam. Agar tidak memberatkan keuangan, ajaklah pasanganmu keluar bukan pada jam-jam tersebut. Kamu bisa mengajaknya berkencan saat jam 3 sore, atau jam tanggung lainnya. Dengan memilih waktu yang tepat, hubunganmu dengannya bisa lebih erat dan keuanganmu bisa jauh lebih hemat.

6. Ajak Double Date

Ajak Double Date
Ajak Double Date

Tips kencan irit berikutnya adalah melakukan double date. Cara ini tak hanya akan membuatmu lebih irit biaya kencan, tapi juga bisa dijadikan ajang penjajakan yang lebih baik lagi. Ajak sahabatmu dengan pasangannya untuk  melakukan double date. Di lain kesempatan, Kamu juga bisa mengusulkan pasanganmu untuk mengajak sahabat dan pasangannya berkencan bersama.

Kalian bisa berkunjung ke restoran yang menu makanannya disediakan dalam porsi besar. Dengan begitu, bisa dimakan bersama-sama. Karena anggarannya dibagi dua, harganya pun otomatis jadi lebih murah. Ajang double date ini bisa menjadi quality time yang akrab. Pasalnya, Kamu bisa lebih saling mengenal satu sama lain dengan menganalisa bagaimana pasanganmu berinteraksi. Kamu juga bisa melihat bagaimana caranya memperlakukan orang lain dan menggunakan uang. Informasi ini akan sangat berharga bagimu yang memang sedang melakukan penjajakan untuk menuju jenjang berikutnya.

Saling berkenalan dengan satu sama lain, selain bermanfaat untuk menambah silaturahmi, juga akan menambah keseruan dari acara kencanmu yang mengesankan.

7. Menonton Film di Rumah

Menonton TV di Rumah
Menonton TV di Rumah

Kencan irit tak melulu mesti keluar rumah. Jika tujuannya memang untuk mengenal satu sama lain lebih dalam, Kamu juga bisa mencoba tips yang satu ini: menonton film kesukaan di rumah. Undang si dia menonton film kesukaan kalian di rumah bersama keluargamu, atau berdua saja. Cara ini terbilang lebih irit dan nyaman namun tetap efektif untuk menghabiskan quality time.

8. Menyaksikan Konser Musik Gratis

Menyaksikan Konser Musik Gratis
Menyaksikan Konser Musik Gratis

Tips kencan irit yang kedelapan adalah mencari konser musik gratis. Menikmati musik sudah terbukti mampu meredakan stress, memberikan semangat lebih saat bekerja, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kemampuan verbal dan visual serta meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menambah seru agenda kencanmu, ajak pasanganmu untuk menyaksikan konser musik gratis yang sedang digelar di kotamu.

Dengan begitu, Kamu bisa bertukar informasi mengenai musik favorit yang kalian suka masing-masing dan bersenang-senang menikmati hiburan pergelaran seni yang satu ini.

9. Mengunjungi Perpustakaan Umum

Mengunjungi Perpustakaan Umum
Mengunjungi Perpustakaan Umum

Tips kencan irit yang kesembilan adalah dengan mengunjungi perpustakaan. Tips ini bisa dicoba bagi Kamu dan pasanganmu yang introvert atau kutu buku. Berkunjung ke perpustakaan umum yang ada di kota tempat tinggalmu biasanya tidak dikenai biaya alias gratis. Terutama jika kalian berdua adalah penyuka sastra dan suka membaca buku. Kegiatan ini tak hanya bermanfaat untuk menambah luas wawasanmu, tapi juga bisa dijadikan momen untuk menimba ilmu dan melakukan brainstorming bersama pasanganmu.

10. Kunjungi Festival Film Dokumenter

Buat Kamu dan pasanganmu yang hobi menonton film, sudah pernah coba hal ini? Kamu bisa mengunjungi festival film dokumenter terdekat yang sedang dipertunjukkan di kotamu. Film-film dokumenter ini biasanya memang tidak mainstream seperti box office yang kerap diputar di bioskop. Namun biasanya akan sepadan dan berfaedah untuk ditonton lantaran anti-mainstream dan berbeda. Selain menghibur, wawasan pun jadi semakin terbuka. Keharmonisan hubungan juga tetap terjaga.

10 Sesekali Makan di Angkringan

Tak dapat dipungkiri, kegiatan berkencan biasanya akan identik dengan menonton film di bisokop hingga makan di café mahal atau restoran mewah. Namun jika hanya seputar itu saja terus-terusan, apa Kamu yakin cara itu bisa menyehatkan keuanganmu dan realistis? Ingat, jika kebiasaan ini diterapkan dalam jangka waktu lama, maka bisa-bisa keuanganmu hanya akan jadi tidak sehat.

Sesekali, tak ada salahnya coba makan di angkringan alias warung lesehan dan kedai pinggir jalan. Selain demi penghematan, Kamu dan pasangan juga bisa belajar lebih matang lagi dan berhati-hati dalam menggunakan uang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, roda kehidupan bisa berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Demikian juga dengan urusan keuangan. Coba perhatikan, apakah pasanganmu sudah bisa diajak susah senang bersama mengarungi kehidupan?

Mungkin Kamu akan menemukan jawabannya dengan sesekali mengajaknya makan di angkringan. Lalu lihatlah reaksinya. Tak hanya hemat pengeluaran, cara ini juga bisa membuatmu berhemat waktu jika ternyata Kamu menemukan dirinya bukanlah orang yang tepat untukmu.

11. Masak Makan Malam Bersama

Masak Makan Malam Bersama
Masak Makan Malam Bersama

Terakhir Kamu bisa meluangkan waktu berkualitasmu dengannya dengan masak makan malam bersama sambil berkencan. Ajaklah dirinya memasak makan malam bersama di rumah. Mulai dari kegiatan berbelanja bersama hingga proses mengolah makanan dan menyantapnya bersama, dijamin Kamu akan mengenalnya lebih dalam lagi.

Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi tentang masa depan dan saling berkisah mengenai masa lalu masing-masing. Itulah sebabnya terkadang menyantap makanan berdua di rumah sambil menikmati hari kerap menjadi momen teristimewa yang sarat makna.

Baca Juga: Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan Untuk Kamu dan Pasangan di Masa Depan

Tentukan Ide Kencan dengan Kreatif agar Tetap Seru dan Hemat

Demikianlah tips-tips yang bisa diterapkan untuk kencan lebih irit bersama pasangan. Mana yang paling seru? Meski sedang berhemat tapi bukan berarti kencanmu tak mesti seru dan menyenangkan. Kamu hanya perlu lebih kreatif lagi saja dalam menentukan ide kencanmu agar tetap hemat tak menguras kantong dan juga seru. Semoga Bermanfaat!

Butuh Tambahan Dana untuk Kencan Bersama Pasangan? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!