Profesi dan Peluang Usaha Saat Musim Hujan yang Bisa Kamu Coba

Profesi dan Peluang Usaha Saat Musim Hujan yang Bisa Kamu Coba

Posted by

Perbedaan musim bisa mendatangkan peluang usaha dan rezekinya sendiri. Pasalnya, layaknya semesta, tidak semua usaha akan cocok dan bisa meraup keuntungan di setiap musim. Sebagai contoh, saat memasuki Bulan Suci Ramadhan bagi umat Islam, banyak orang yang kemudian memanfaatkan pergantian musim untuk mengais rezeki. Salah satunya dengan berdagang takjil atau santapan untuk berbuka puasa dan lain sebagainya.

Peluang Usaha Mengikuti Musim

Demikian juga halnya dengan musim kemarau dan penghujan yang jelas berbeda. Bagi mereka yang kerap mengenali berbagai peluang usaha dalam pergantian musim ini, umumnya mereka bereaksi dengan menjual jasa atau barang yang berbeda. Contoh lainnya seperti ketika sedang memasuki musim kemarau di Indonesia. Saat berlangsungnya kemarau alias musim kering, kelembaban udara akan menjadi sangat rendah dan otomatis curah hujan pun jadi semakin sedikit.

Saat gerah melanda, tak jarang banyak pengusaha yang berdagang es limun dadakan. Cuaca panas akan membuat orang-orang lebih mudah dan cepat kehausan. Apalagi bagi mereka yang kerap aktif berkegiatan di luar ruangan. Melakukan sejumlah penyesuaian seperti ini tentu bisa sangat bermanfaat, terutama jika berbicara mengenai bisnis.

Contoh lainnya ialah seperti sekarang saat memasuki musim penghujan. Curah hujan kian meningkat. Suhu udara beralih lebih dingin. Musim hujan di daerah setropis Indonesia terjadi dikarenakan angin musim barat yang bertiup selama bulan September ke Maret. Kemudian hal ini menyebabkan musim penghujan terjadi dari Oktober hingga Februari.

Baca Juga: Bangun Usaha Modal Kartu Kredit? Ini Untung dan Ruginya

Jenis Profesi atau Usaha yang Bisa Kamu Coba Saat Musim Hujan

Tak dapat dipungkiri, turunnya hujan kerap menghambat aktivitas masyarakat. Namun demikian, pergantian musim ini juga bisa dijadikan peluang lebih untuk mendapatkan uang tambahan. Sisi positif dari datangnya musim hujan adalah ada beberapa usaha yang bisa membuatmu meraih keuntungan berupa uang. Biasanya, karena hujan turun, jalanan kerap diributkan dengan masalah banjir dan kemacetan. Bisakah kondisi ini mendatangkan untung besar?

Nyatanya, ada beberapa jenis pekerjaan atau profesi bisnis sampingan yang kerap mendapat untung dari datangnya musim penghujan ini. Selain berguna dan mendatangkan manfaat bagi sesama dan lingkungan masyarakat sekitar, beberapa usaha ini juga tentunya memberikan penghasilan lebih bagi yang menjalankannya. Yang pada akhirnya menjadi berkah bagi semua.

Penasaran dengan apa saja ide kreasi dan peluang yang bisa Kamu manfaatkan untuk menebalkan dompetmu di musim penghujan ini? Yuk simak daftarnya berikut ini, siapa tahu ada yang bisa Kamu karyakan untuk menambah pendapatan.

1. Jualan Jas Hujan dan Sarung Tangan

Usaha Jual Jas Hujan di Jakarta
Usaha Jual Jas Hujan di Jakarta (Sumber: Liputan6.com)

Kendati sudah tahu saat ini kita sedang memasuki musim hujan, namun nyatanya tak semua orang sudah melakukan persiapan lebih untuk menghadapinya. Faktanya, masih banyak para pengendara motor di jalan yang belum membawa (atau belum membeli) jas hujan dan sarung tangan untuk menghangatkan jemari dari kedinginan.

Alhasil, tak heran jika saat hujan turun, banyak yang kelabakan dan mencari jas hujan. Dengan begitu, peluang Kamu berjualan jas hujan pun bisa menjadi prospek besar. Mulai dari jas hujan dari plastik yang paling tipis hingga yang tebal dan mahal.

Selain jas hujan, beberapa perlengkapan lain seperti sarung tangan juga kerap diperlukan. Demi keselamatan berkendara, banyak orang yang dalam cuaca dingin kerap mengalami kaku jemari tangan. Tentu hal ini merupakan ancaman keselamatan bagi para pengendara sepeda motor. Selain jas hujan, Kamu juga bisa pertimbangkan menjual barang yang satu ini

Kamu bisa membuka lapak khusus untuk berjualan di pinggir jalan, atau berjualan blusukan secara mobile di beberapa titik penting seperti pinggiran jalan, dekat lampu merah dan bahkan di bawah flyover (underpass). Sambil menunggu pembeli yang datang, Kamu pun bahkan bisa menjual barang daganganmu secara online dan menjadi reseller. Dengan begitu, Kamu bisa memanfaatkan waktumu secara maksimal untuk menghasilkan uang apabila dagangan offline kamu sepi.

2. Lengkapi dengan Menyediakan Mantel dan Jaket

Jual Jaket dan Mantel Online
Jual Jaket dan Mantel Online

Datangnya musim penghujan juga membuat cuaca berubah menjadi lebih dingin. Lagi-lagi, tak semua orang sudah siap tempur di jalan dengan membawa sejumlah perlengkapan untuk mengatasi dinginnya cuaca yang ada. Kamu juga bisa melengkapi barang daganganmu \dengan menyediakan berbagai mantel, sweater dan jaket bagi para pengguna kendaraan bermotor yang lewat.

Di tengah musim hujan yang identik dengan suhu udara yang dingin, tentu semua orang ingin tetap menunaikan rutinitas dan tanggung jawabnya tanpa harus kerepotan menggigil dan malah jadi lebih rentan terhadap penyakit. Semua masih tetap ingin lancar berkegiatan tanpa harus terkena flu akibat cuaca yang sedang kurang bersahabat. Di situlah peluang yang baik bagimu untuk menghasilkan uang dengan menjual mantel, sweater dan jaket tambahan.

3. Driver Online

Driver Mobile Online
Driver Mobile Online

Kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan roda empatmu untuk menghasilkan uang lebih. Jangan salah, jasa driver online saat musim hujan sangat dibutuhkan terutama mobil. Saat hujan tiba, banyak orang tak mau kebasahan. 

Bagi mereka yang perlu tetap rapi atau mau menghadiri suatu acara, tak jarang orang-orang ini rela merogoh kocek lebih dalam agar tiba di tempat tujuan dengan selamat, dan dalam keadaan kering serta rapi tentunya. Selain itu, tentu banyak orang yang juga tak rela harus berbasah-basahan lalu terserang demam di malam hari. Jika sudah begitu, mereka harus keluar uang lebih untuk merawat kesehatannya. 

Karena alasan waktu, para calon pelangganmu ini pasti ingin cepat beraktivitas dan menunaikan kesibukan mereka tanpa terhambat oleh hujan. Di sinilah peluangmu untuk mendapat banjir orderan dan meraup pundi-pundi uang sebagai driver mobil online.

4. Ojek Payung atau Jual Payung

Jual Payung Saat Musim Hujan
Jual Payung Saat Musim Hujan

Lagi-lagi, masih banyak orang dan pejalan kaki yang tidak sedia payung sebelum hujan. Atau jika sudah ada, bisa saja payungnya tertinggal dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan berjualan payung dan menyediakan jasa ojek payung. Profesi ini sangat membantu orang, terutama pejalan kaki ingin tetap kering dan tak mau kebasahan oleh hujan.

Kamu bisa menyediakan jasa ojek payung di beberapa titik kesibukan masyarakat. Entah itu sekolah, dekat perkantoran, stasiun, pusat perbelanjaan hingga berbagai tempat umum lainnya. Yang pasti, sediakanlah payung dalam jumlah cukup banyak. Kamu bisa membelinya secara grosir terlebih dahulu agar harganya lebih murah. Kamu juga bisa menjual payung yang motifnya unik dan lucu untuk mendatangkan pembeli. Jika sekiranya memungkinkan, Kamu juga bisa lengkapi jualanmu dengan mantel, jas hujan dan sarung tangan untuk dijual di lapangan.

Alternatif lainnya, Kamu bisa menjual payung melalui website e-commerce seperti BukaLapak, Kaskus, hingga Tokopedia. 

5. Buka Bisnis Laundry

Buka Bisnis Laundry
Buka Bisnis Laundry

Musim hujan bisa membuat banyak orang lebih repot dari biasanya. Di tengah sejumlah kesibukan sehari-hari yang perlu dijalani, urusan pakaian juga perlu diperhatikan. Pasalnya, bisa jadi mereka yang terlalu sibuk jadi tak sempat mencuci baju. Selain itu, baju yang dicuci pun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering lantaran cuaca yang terus mendung.  Jika sudah begitu, jemuran tak bisa cepat kering dan malah bau lantaran tak terkena cahaya matahari.

Di sinilah jasa laundry lebih dibutuhkan oleh masyarakat. Jika dicuci di laundry, umumnya akan lebih cepat kering lantaran ada pengering pakaian yang khusus. Lagipula, bisnis ini tak hanya  akan laku di musim penghujan saja. Bisnis laundry terbilang cukup populer dan sepertinya masih akan terus bertahan di kalangan masyarakat.

Untuk memulai bisnis laundry-mu sendiri, rata-rata modal yang diperlukan ada di kisaran Rp 10 juta-Rp 20 juta. Terutama jika ditambah dengan sewa tempat, modalnya akan lebih dari Rp 10 juta. Berikan diskon untuk  pelanggan barumu. Strateginya, margin profit bisa dikurangi lebih dulu demi mengejar orderan.

Lebih bagus lagi jika jasa laundry-mu ini dilengkapi dengan layanan antar-jemput baju cucian untuk area tertentu. Pengguna jasamu akan tak segan untuk berlangganan jika segala kemudahan bisa didapatkan. Bukan tak mungkin kelak Kamu akan meraup banyak keuntungan dari bisnis sampingan ini.

6. Berdagang Gorengan

Cuaca yang dingin juga berimbas pada tubuh. Kedinginan tentu bisa menjadi hambatan. Umumnya, banyak orang yang akan merasa lebih cepat lapar di musim penghujan ketimbang musim kemarau. Untuk Kamu yang hobby memasak, menjual gorengan bisa dijadikan alternatif membuka usaha. Pasalnya, gorengan ini merupakan salah satu camilan yang cukup banyak dicari saat musim penghujan. Bahkan di semua musim. Inilah sebabnya, para pedagang gorengan kebanyakan kerap meraih banyak keuntunganatau setidaknya cukup signifikan bila musim penghujan telah tiba.

Kendati hujan turun, para pedagang gorengan tetap berjualan lantaran memanfaatkan musim yang ada. Yang menarik, makanan murah meriah ini seolah tetap bertahan dan tak lekang di makan zaman. Sejak dulu sampai sekarang semua orang dari semua kalangan bisa dibilang suka gorengan. Jika Kamu tertarik, bisnis ini bisa dimulai dengan modal kurang dari 5 juta rupiah. Karena itulah bisnis ini cocok dijadikan sebagai sampingan saat musim hujan.

7. Buka Kedai Kopi dan Camilan

Berhadapan dengan cuaca yang dingin umumnya membuat banyak orang tertarik untuk menyantap makanan dan minuman hangat atau pedas. Kamu bisa memanfaatkan moment ini untuk membuka kedai kopi dan camilan dadakan. Misalnya saja seperti bakso, mie ayam atau bahkan pisang keju di pinggir atau tepi jalan.

Tak percaya? Coba perhatikan betapa banyaknya pedagang mie ayam dan bakso yang malah jadi banjir rezeki saat beroperasi di musim penghujan. Triknya adalah berdiam diri menjajakan daganganmu di tempat dan titik yang strategis.

Baca Juga: Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah dengan Modal Kecil

Fokus dan Jalankan 1 Jenis Bisnis

Demikianlah sejumlah opsi usaha dan ide bisnis sampingan yang bisa dicoba selama musim hujan. Bukan tak mungkin jika dalam menjalani salah satu bisnis di atas, penghasilanmu semakin bertambah banyak. Selain semakin mapan dan sejahtera, tabungan dan investasi bisa kian menggunung karena bisnis barumu. Jika sudah begitu, kebebasan finansial pun dapat lebih cepat diraih dan bukan hanya sekadar angan. Ingat, ide bisnis apapun yang hendak Kamu kerjakan tetap harus dilakukan dengan fokus dan selalu berikan yang terbaik dalam menjalani bisnis tersebut. Semoga Bermanfaat!

Butuh Dana Tambahan untuk Modal Usaha? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!