Liburan Ke Luar Negeri Pakai Kartu Kredit Ini Tips-Tips yang Bisa Kamu Terapkan

Liburan Ke Luar Negeri Pakai Kartu Kredit? Ini Tips-Tips yang Bisa Kamu Terapkan

Posted by

Jika mempunyai cukup uang, Banyak orang pasti akan senang melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Melihat berbagai kultur dan adat istiadat yang berbeda, bahasa yang berbeda, menikmati kuliner yang khas serta keindahan negara lain yang tentunya mempesona akan terdengar sangat menggiurkan. Baru membayangkannya saja rasanya sudah seru, bukan?

Lakukan Persiapan Keuangan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

Lakukan Persiapan Keuangan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri
Lakukan Persiapan Keuangan Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

Meski begitu, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan bagi Kamu yang doyan pelesiran. Terutama jika destinasi wisatamu adalah melancong ke luar negeri. Tak hanya urusan logistik seperti tiket pesawat dan pemesanan hotel, serta prosedur akomodasi yang mencakup paspor dan visa. Anda juga perlu menyiapkan stamina hingga stamina fisik yang prima untuk melakukan perjalanan. Namun, kamu juga perlu mementingkan satu faktor vital lainnya yaitu persiapan keuangan.

Yang kerap menjadi pertanyaan adalah, mana yang lebih baik untuk melakukan transaksi, menggunakan kartu kredit atau uang tunai untuk berlibur ke luar negeri? Jawabannya tergantung dari bagaimana kebutuhanmu sendiri. Semakin berbeda rencana liburan kamu, maka berbeda pula persiapan keuangan yang Kamu lakukan.

Meski begitu, pertimbangan umumnya tentu adalah ini: uang tunai yang Kamu bawa dalam jumlah besar memang tidak aman dan sangat berbahaya. Pasalnya, tak ada yang akan menjamin keamananmu di negara destinasi wisata yang Kamu tuju. Belajar dari kasus yang sudah-sudah, ada banyak turis yang dirampok serta kecopetan saat sedang melancong. Dan Kamu tentu tak ingin juga hal itu terjadi kepadamu.

Sementara itu, kasus lainnya menyebutkan ada juga wisatawan yang uang dan barangnya dicuri di tempatnya tinggal selama sedang liburan. Waspadai hal ini, terutama jika Kamu berencana liburan ke luar negeri seorang diri. Memastikan tujuan wisatamu merupakan daerah yang aman, termasuk juga penginapannya merupakan salah satu hal yang wajib dalam list persiapanmu. Pastikan dulu bahwa review hotel tempatmu menginap highly recommended dan terjamin keamanannya.

Baca Juga: KTA untuk Modal Liburan? Boleh Kok, Tapi Simak Dulu Penggunaannya agar Tidak Rugi

Sesuaikan Persiapan Keuangan dengan Itinerary (Rencana Perjalanan)

Sesuaikan Persiapan Keuangan dengan Rencana Keuangan
Sesuaikan Persiapan Keuangan dengan Rencana Keuangan

Salah satu hal yang juga bisa dijadikan pertimbangan adalah berapa lama perjalananmu ke luar negeri. Durasi liburan ini berhubungan dengan perencanaan yang sudah Kamu siapkan dalam itinerary. Jika hanya 4 hari hingga seminggu, Kamu masih disarankan untuk menggunakan uang tunai saja. Namun jika lebih dari itu, ada baiknya Kamu menggunakan credit card agar lebih praktis dan aman.

Membawa uang cash dalam perjalanan liburan ke luar negeri berdurasi pendek masih termasuk kategori aman, terutama jika Kamu bepergian hanya ke satu negara saja dan bukan marathon ke beberapa negara sekaligus. Uang tunai yang dibawa sebaiknya sudah berupa mata uang negara tujuan wisatamu.

Kamu juga masih bisa membawa uang cash dalam bentuk dollar Amerika Serikat (AS). Pembayaran transaksi dengan cara cash akan efektif jika perjalanan berliburmu tergolong pendek dan Kamu hanya melancong di satu negara saja. Akan tetapi, tingkat risiko kehilangan atau kecurian uang tunai masih sangat tinggi.

Lain halnya jika rencana perjalanan liburan ke luar negeri Kamu ternyata lebih panjang serta melibatkan beberapa negara sekaligus. Jika Kamu hanya berbekal uang tunai saja, tentu akan sangat merepotkan karena ini berarti Kamu harus menukarkan berbagai mata uang terlebih dahulu setibanya di tiap negara yang berbeda.

Coba saja bayangkan, ada berapa mata uang asing yang perlu Kamu bawa, serta berapa banyak nominal cash yang perlu Kamu kantongi. Pasti akan merepotkan, bukan? Itulah sebabnya, membawa credit card akan terasa lebih praktis selama bepergian ke luar negeri.

Keuntungan Bawa Credit Card  Saat Liburan ke Luar Negeri

Tak bisa dipungkiri, berlibur ke luar negeri akan lebih praktis dan semakin efisien jika membawa kartu kredit untuk melakukan transaksi dan pembayaran. Beberapa manfaat berbekal kartu kredit bisa disimak sebagai berikut:

1. Banyak Promo Menarik

Liburan ke Luar Negeri dengan Promo Kartu Kredit
Liburan ke Luar Negeri dengan Promo Kartu Kredit

Beragam promo menarik biasanya kerap ditawarkan oleh pihak bank yang menerbitkan credit card. Manfaatkan secara maksimal agar Kamu pun bisa menikmati benefitnya dengan optimal. Mulai dari potongan harga hingga promo menarik di beberapa restoran terkenal maupun maskapai penerbangan tentu akan sangat bermanfaat untuk menunjang liburanmu menjadi semakin menyenangkan.

2. Lebih Praktis dan Aman

Transaksi Lebih Praktis dan Aman
Transaksi Lebih Praktis dan Aman

Berkunjung ke sebuah negara yang notabene belum pernah Kamu sambangi sebelumnya tentu bukan tanpa risiko. Meski sejumlah persiapan termasuk mencari tahu informasi mengenai seluk-beluk negara tersebut sudah Kamu lakukan, tetap saja itu belum cukup untuk menjadikanmu seperti warga lokal tentunya.

Di sinilah kartu kredit akan membantu memberikan rasa praktis dan nyaman untukmu saat liburan. Dalam setiap pembayaran termasuk untuk transportasi, akomodasi dan konsumsi, Kamu bisa mengandalkan kartu kredit dan cukup bawa uang tunai seperlunya untuk berjaga-jaga. Hal ini juga bisa menghindarkan Anda dari risiko pencurian atau kehilangan uang tunai selama liburan ke luar negeri karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

3. Ada Cadangan Kas

Cadangan Uang Kas Saat Liburan ke Luar Negeri
Cadangan Uang Kas Saat Liburan ke Luar Negeri

Akan ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi saat liburan. Itu semua mencakup pembayaran biaya masuk ke suatu objek wisata tertentu hingga belanja buah tangan, membeli makanan, bayar transportasi dan lain sebagainya. Dengan berbekal kartu kredit, uang tunai yang Kamu bawa bisa disimpan untuk memenuhi keperluan darurat dan sebagai cadangan kas. Untuk transaksi-transaksi besar, Kamu bisa menggunakan credit card.

Tips Nyaman dan Praktis Saat Liburan ke Luar Negeri

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama kamu berlibur agar semakin nyaman dan praktis.

1. Gunakan Money Belt

Gunakan Money Belt
Gunakan Money Belt

Selama perjalanan liburan, Kamu tentu ingin menyimpan uang cash dan kartu kreditmu di tempat yang aman agar terhindar dari segala macam bentuk kemungkinan kriminal yang bisa saja terjadi saat liburan. Itulah sebabnya menggunakan money belt akan lebih aman baik untuk cash maupun credit card-mu.

Meski begitu, simpan juga sejumlah uang tunai di tempat lain seperti di dalam koper dan tas kecil sebagai bentuk antisipasi lainnya. Hati-hati, Kamu tentu tak ingin nomor kartu kreditmu kena retas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

2. Pilih Credit Card Terbaik

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang kian mutakhir saat ini, pilihan jenis kartu kredit pun jadi makin beragam. Untuk menunjang gaya hidupmu yang gemar bepergian, Kamu bisa ambil credit card yang menawarkan lebih banyak promo liburan. Kamu bahkan bisa memilih credit card yang memang khusus diterbitkan untuk para traveller sepertimu.

Yang pasti, Kamu akan ingin memilih kartu kredit dengan penawaran value terbaik. Artinya, Kamu memilih yang diterbitkan bank dengan penawaran nilai tukar paling oke. Pasalnya, setiap bank punya penawaran nilai tukar yang beda untuk pembayaran yang menggunakan credit card dalam mata uang asing di luar negeri. Oleh sebab itu, untuk benefit terbaik, pilihlah penawaran dengan nilai tukar terbaik.

3. Naikkan Limit Kartu Kredit

Pastikan Kamu menaikkan dulu limit kartu kreditmu sebelum berangkat liburan ke luar negeri. Hal ini untuk mengantisipasi bila limit credit card sudah cukup untuk melakukan transaksi di luar negeri. Jika berencana untuk belanja, naikkan dulu limitnya. Proses menaikkan limit dewasa ini lebih mudah untuk diajukan ke pihak bank penerbit.

Hubungi bank yang bersangkutan dan naikkan limit kartu kreditmu jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba. Persiapan yang maksimal dan matang akan membuat liburanmu lebih terencana dan menyenangkan. Menaikkan limit juga merupakan bentuk antisipasi jika terjadi hal tak terduga selama liburan  sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan mendesak dalam perjalanan.

Sebagai catatan, pastikan Kamu jangan boros dalam menggunakan kartu kreditmu nanti. Jika tidak, bisa-bisa Kamu dibuat shock sepulangnya saat melihat tagihan.

4. Laporan ke Bank Penerbit

Kamu perlu melaporkan terlebih dahulu ke bank penerbit credit card perihal perjalananmu ke luar negeri. Laporan diperlukan agar pihak bank tahu bahwa Kamulah yang melakukan transaksi di luar negeri nanti. Jika tidak, bank bisa beranggapan bahwa orang itu bukan Kamu dan transaksi yang dilakukan adalah transaksi gelap.

Melaporkan rencana liburanmu terlebih dahulu juga bisa membantu untuk lebih memudahkan Kamu kalau-kalau terjadi hal tak diinginkan dalam perjalanan. Contohnya seperti kartu kreditmu kena retas atau malah hilang saat sedang berada di negeri orang.

5. Maksimalkan Promo

Biasanya, ada sejumlah bank penerbit credit card yang menawarkan promo seperti diskon belanja di luar negeri. Tak jarang juga yang memberikan bonus poin dari transaksi yang Kamu lakukan. Jadi maksimalkan saja promo-promo yang disediakan bank penerbit dalam kartu kreditmu guna mendapatkan lebih banyak benefit lagi.

Itulah sebabnya disebutkan dari awal, jika Kamu tergolong menyukai pelesiran, Kamu bisa memilih kartu kredit yang memang dikhususkan untuk liburan karena fiturnya akan sangat sesuai untuk Kamu. Tapi sekali lagi, tetaplah bijaksana dalam bersenang-senang menggunakan kartu kreditmu.

6. Hindari Menggunakan Koneksi WiFi untuk Transaksi Kartu Kredit

Jangan sekali-kali melakukan transaksi dengan credit card melalui jaringan wifi (internet tanpa kabel). Pasalnya ini akan membahayakan. Penting diketahui, modus merekam nomor credit card dan nomor rahasia dapat digunakan melalui wifi ini.

Tidak ada yang bisa menjamin apakah operator wifi yang bersangkutan tidak memasang alat perekam password, username dan bahkan nomor credit card  Kamu. Jadi usahakan jangan berbelanja online lewat fasilitas wifi gratis di tempat umum termasuk di warung internet (warnet/ internet café).

Ini juga termasuk menghindari membuka situs tertentu secara sembarangan. Pasalnya, beberapa website merupakan akses untuk merekam data-datamu melalui IP address. Jadi, Kamu akan ingin tetap berhati-hati dalam mengakses situs.

Baca Juga: Baru Pulang Liburan? Ini 10 Cara Jitu Biar Uang di Dompet Kamu Cepat Kembali

Selalu Ingat untuk Berhemat dan Lakukan Persiapan dengan Matang Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Meski menggunakan kartu kredit bisa memudahkan perjalananmu, sebagai turis kita tetap disarankan agar tetap selalu berhemat agar tagihannya tidak membengkak. Selain itu, menyusun rencana liburan juga akan lebih memudahkan mengatur keuangan untuk perjalananmu. Siapkan semuanya dengan matang dari jauh-jauh hari.

Sebagai catatan tambahan, bawa oleh-oleh secukupnya dan jangan terlalu banyak. Tak hanya merepotkan, menambah bagasi di pesawat untuk menampung semua buah tangan akan membuat pengeluaran tambahan.

Ingat juga, demi keamanan keuangan, aktifkanlah fitur notifikasi lewat SMS untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kreditmu. Langkah antisipasi ini bisa memudahkanmu dan bank penerbit kartu kredit untuk mengambil langkah darurat jika kartumu kena retas, sehingga Kamu pun mendapat ganti dari kerugian sesaat setelah kasusmu dilaporkan. Tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan.

Demikianlah sejumlah tips yang bisa diterapkan saat Kamu menggunakan kartu kredit untuk pergi berlibur ke luar negeri. Selamat liburan!

Butuh Dana Tambahan untuk Liburan ke Luar Negeri? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!