Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah dengan Modal Kecil

Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah dengan Modal Kecil

Posted by

Berniat untuk memulai bisnis kecil kecilan tapi bingung mau bidang apa? Di tengah zaman yang kian modern saat ini, banjir iklan dan informasi mewarnai pesatnya perkembangan teknologi. Tak ayal sebagai dampaknya, banyak orang yang termakan iklan dan jadi lebih konsumtif dalam hidupnya. Terlepas dari semua itu, tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan hidup kian hari kian meningkat dengan harga yang juga semakin melonjak. Akhirnya, banyak orang yang kini berlomba mencari penghasilan tambahan.

Selain menambah pekerjaan lepas, tak jarang yang tertarik untuk membuka bisnis sampingan. Meski begitu, sebagian orang merasa terkendala modal untuk memulai usaha. Padahal, beberapa bentuk usaha bisa dimulai tanpa harus bermodalkan dana yang besar. Kamu bisa mencoba membuka bisnis kecil-kecilan dari rumah dengan modal kecil. Peluangnya pun bisa dibilang baik dan menjanjikan, dengan risiko yang juga minimalis. Kamu bahkan bisa mencobanya langsung dari rumah, tanpa perlu menyewa tempat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Anda Coba untuk Hasilkan Keuntungan di Era Digital

Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Dicoba dengan Modal Minim

Jadi, apa saja ide bisnis dalam skala kecil yang bisa dilakukan dari rumah dengan modal minim? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Buka Counter Pulsa di Teras Rumah

Buka Counter Pulsa
Bisnis Kecil Kecilan Buka Counter Pulsa via usahaterkini.blogspot.com

Kebutuhan masyarakat akan asupan pulsa saat ini memang makin meningkat. Jadi jangan heran jika pulsa dan kuota data internet semakin banyak dicari di mana-mana. Itulah sebabnya berjualan pulsa bisa menjadi salah satu opsi yang menjanjikan. Belum lagi jika ternyata Kamu bisa buka counter di tempat-tempat yang lokasinya memang strategis sebagai alternatif bisnis kecil kecilan.

Tapi tak perlu jauh-jauh menyewa lapak di mall tertentu. Kamu bisa buka counter pulsa di depan rumah. Ya, di terasmu sendiri. Biar tetangga dan orang-orang yang lewat yang menjadi pembelinya. Apalagi bila ternyata depan rumahmu memang sering dilalui banyak orang, misalnya di pinggir jalan utama.

Kamu hanya perlu menyiapkan etalase kaca ukuran kecil, satu pack kartu perdana Indosat, Telkomsel, TRI, dll, serta deposit pulsanya. Atau jika terasa repot, Kamu tak perlu pakai etalase kaca atau jual kartu perdananya. Cukup taruh saja penanda keterangan yang menginformasikan bahwa Kamu buka usaha pulsa. In

Dengan demikian, warga setempat bisa tahu bahwa kini tersedia pulsa dan token listrik di tempatmu. Ya, lebih bagus lagi jika usahamu juga ditambah dengan jual token listrik, mengingat semua rumah juga pasti butuh asupan daya listrik.

Jika Kamu masih sambil bekerja, Kamu juga bisa menawarkannya ke rekan-rekan sekantor. Dengan catatan, tidak menerima utang ya.

2. Buka Toko Online

Buka Toko Online
Buka Toko Online

Membuka toko fisik yang besar tentu akan membutuhkan modal yang tak sedikit. Lain halnya dengan membuka toko online. Kamu hanya tinggal mengelolanya dari smartphone-mu. Kamu bisa membuat akun seperti di Tokopedia contohnya. Juallah produk yang Kamu sukai karena rata-rata hal yang disukai akan membuat orang semangat mengerjakannya.

Ide toko online ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan untuk membuka bisnis kecil kecilan. Karena selain mudah dilakukan, jenis produk yang dijual atau ditawarkan bisa diatur sesuai dengan keinginan kita. Keuntungan yang dihasilkan juga bisa dibilang lumayan besar bila kamu mampu mengelola toko online ini dengan baik.

3. Membuka Bisnis Child Care

Membuka Bisnis Child Care
Membuka Bisnis Child Care

Untuk Kamu yang menyukai anak kecil, bisnis child care juga bisa dijadikan alternatif pilihan bisnis kecil kecilan. Pasalnya, mengurus anak bisa menjadi tugas yang bikin repot dan begitu melelahkan. Belum lagi jika para ibunya juga sambil bekerja, masih melanjutkan studi dan lain sebagainya. Jika menurutmu bidang ini cocok dan mumpuni sesuai kemampuanmu, Kamu bisa menerima jasa penitipan anak sebagai model bisnis kecil kecilan milikmu.

Jasa child care ini juga berpeluang menjadi bisnis menarik dan menjanjikan, mengingat begitu banyaknya kesibukan yang melanda, sehingga orangtua kerap kesulitan menjaga anaknya yang masih kecil. Yang penting adalah memahami bagaimana cara merawat anak kecil dengan tepat, karena itulah modal utama agar bisnis ini sukses dan berkembang.

4. Manfaatkan Mesin Cuci dan Setrika Untuk Buka Bisnis Laundry

Buka Bisnis Laundry
Buka Bisnis Laundry

Ya, Kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk menghasilkan tambahan uang. Berbekal setrika dan mesin cuci yang ada, Kamu bisa langsung buka bisnis laundry. Kelak setelah bisnismu berkembang menghasilkan banyak keuntungan, Kamu bisa menambah beli beberapa mesin cuci dan setrika baru. Bahkan jika bisnismu berkembang pesat, Kamu bisa mulai mempekerjakan tenaga tambahan. Wah, pasti menyenangkan!

5. Jual Telur Ayam

Bisnis Kecil Kecilan Jual Telur Ayam
Jual Telur Ayam

Jangan langsung beranggapan ini berarti Kamu akan menjadi agen besar telur ayam. Buka saja usaha kecil-kecilan jual beli telur ayam. Telur ayam umumnya akan dibutuhkan dalam setiap olahan masakan. Mulai dari menu utama hingga bahkan untuk bahan membuat camilan seperti bolu, roti dan lain sebagainya. Dengan demikian, tiap rumah akan membutuhkan telur ayam.

Bisa dibayangkan, bukan? Bisnis jual beli telur ayam ini berpotensi bertahan untuk jangka waktu lama dan dibutuhkan semua orang sehingga keuntungannya pun menggiurkan. Untuk memulai, Kamu bisa beli 100-200 butir ayam sebagai tahap permulaan. Tak perlu sampai ambil 1000 butir dulu. Barulah nanti jika permintaan umum kian bertambah dan Kamu banyak untung, Kamu pun bisa menjual lebih banyak lagi.

Carilah agen besar pemasok telur ayam. Umumnya, mereka akan melayani reseller sepertimu dengan menggunakan tray alias tempat telur dari kardus atau dengan peti kemas. Awal-awal, mulailah beli dalam bentuk tray yang satu ikatnya terdapat 8-9 tray. Ini setara dengan 15 kg telur.

Kamu juga tetap akan dilayani jika hanya membeli tiga ikat saja. Bila harga telur per kilo mencapai hingga Rp20.000 di pasaran misalnya, maka dari agen itu Kamu bisa dapatkan harga Rp18.000–19.000 per satu kilogramnya. Kalikan dengan jumlah per satu ikat tray. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal kurang dari Rp1 juta.

6. Membuka Lembaga Bimbingan Belajar (LBB)

Lembaga Bimbingan Belajar untuk Anak-Anak
Lembaga Bimbingan Belajar untuk Anak-Anak

Bisnis kecil kecilan juga bisa dilakukan dengan membuka LBB juga bisa dimulai dengan modal kecil. Jika masih tanpa pengalaman, Kamu bisa menawarkan jasa ke masyarakat tempat sekitarmu tinggal. Siapa tahu anak mereka memang membutuhkan bimbingan belajar tambahan.

Dengan bermodalkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang mumpuni, dengan kesukaan terhadap anak kecil atau remaja, serta ditambah dengan kemampuan manajerial yang baik, Kamu sudah bisa menjadi pembimbing private lepas dari rumah.

Jika modalmu ternyata lebih banyak lagi, tak tanggung-tanggung Kamu bisa membuka langsung LBB yang lebih kredibel dan berkualitas. Dengan begitu, Kamu bahkan jadi membuka lapangan pekerjaan baru bagi calon guru-guru dalam bisnis LBB milikmu.

7. Terima Les Privat

Terima Les Privat
Terima Les Privat

Masih berhubungan dengan poin di atas. Jika Kamu punya mempunyai ijazah pendidikan yang tepat, Kamu bisa mulai mengajarkan les privat kepada anak tetanggamu terlebih dahulu sebagai bisnis kecil kecilan. Misalnya saja seperti les menggambar, keterampilan memainkan instrumen musik, Bahasa Inggris hingga Matematika. Mulai dulu dari skala kecil untuk satu hingga dua orang anak, siapa tahu nantinya Kamu tambah mampu menampung banyak anak hingga remaja.

Seperti diketahui, sebagian orangtua kerap mengeluhkan pelajaran anak-anak mereka yang terlampau sulit. Tak sedikit juga para orangtua yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi pendidikan sang anak. Dengan kata lain, peluang ini bisa Kamu jadikan bisnis untuk menambah pundi-pundi keuanganmu. Dengan demikian, ilmu yang Kamu punya pun tak perlu lapuk dimakan waktu lantaran Kamu terus mewariskannya kepada anak-anak baru. Terlebih jika ternyata keuanganmu kian terbantu melalui usaha ini.

Tergantung dari bidang apa yang hendak Kamu ajarkan, namun biasanya Kamu akan memerlukan spidol, papan tulis whiteboard, penghapus papan tulis, hingga meja belajar kecil juga karpet. Beberapa buku-buku khusus juga akan dibutuhkan untuk menunjang materi pengajaranmu.

Kamu juga bisa mengatur apakah anak-anak didikmu yang akan datang ke rumah, atau Kamu sendiri yang akan mengunjungi rumah mereka masing-masing. Kalau kamu membuka jasa pelajaran tambahan dari rumah, gunakan saja ruang tamu sebagai area belajar mereka agar lebih hemat modal.

8. Jual Galon Air Mineral dan Gas

Jual Galon Air Mineral dan Gas
Jual Galon Air Mineral dan Gas via amaliawardhani93.blogspot.com

Setiap dapur umumnya membutuhkan dua hal ini. Terlebih jika rumahmu terletak di pinggir jalan, atau Kamu tinggal di kompleks perumahan kecil. Menjajal bisnis jual beli gallon air mineral serta gas merupakan kebutuhan dasar rumah tangga. Jadi sudah bisa dibayangkan seperti apa potensi ke depannya, bukan?

Selain itu, usaha ini pun terbilang tidak terlalu memakan tempat. Kamu bisa menyulap garasi atau teras rumahmu untuk dijadikan tempat usaha. Hal yang perlu diperhatikan adalah, hati-hati menempatkan tabung gas demi keamanan. Jauhkan dari api.

Lalu apa saja langkah-langkahnya? Cari agen air mineral terdekat dan beli satu galon bekas seharga kurang lebih Rp25.000. Tak perlu berniat langsung membeli 100 galon. Coba saja beli 20 galon dulu sebagai permulaan. Lebih kurang, modal usaha yang dibutuhkan berkisar di angka Rp5 juta.

Untuk gas. Belilah beberapa tabung gas kosong seharga kurang lebih Rp120 ribu per tabung. Atau Rp 135 ribu jika sudah dengan isi. Tak perlu berjualan sampai 100 tabung, Kamu cukup beli 20 tabung dulu sebagai awal dengan harga sekitaran Rp2,4 juta. Setelahnya, Kamu bisa mengisinya dengan satuan Rp16.000 per tabung.

9. Terima Jasa Jahit Busana

Terima Jasa Jahit Busana
Terima Jasa Jahit Busana

Setiap keterampilan sejatinya bisa saja berpotensi menghasilkan uang. Terutama keterampilan jahit-menjahit. Misal, Kamu terhitung mahir mereparasi pakaian, atau Kamu memang lihai menjahit sendiri busanamu, maka peluang ini bisa dijadikan bisnis. Kamu bisa membeli harga mesin jahit di angka kurang lebih Rp 1,5 jutaan dan mulai menerima jasa jahit busana. Mulai dari vermak berbagai pakaian hingga menjahit jas bahkan hingga gaun pesta dan gaun pengantin.

Untuk ruangan yang diperlukan pun tak perlu cukup besar. Jika Kamu punya kamar kosong atau space cukup yang kondusif dan memungkinkan, semuanya sudah bisa dimulai. Promosikan ke tetangga, kerabat terdekat, teman hingga keluarga dan manfaatkan media sosial untuk menggencarkan penawaran bisnismu. Barangkali saja ada yang sedang perlu mengganti resleting atau mengecilkan hingga memotong bajunya? Terima saja agar usahamu bisa segera dimulai.

10. Cuci Steam Motor

Cuci Steam Motor
Cuci Steam Motor

Cuci steam motor juga bisa Kamu jadikan opsi untuk membuka bisnis. Tak perlu halaman luas, yang penting cukup beli mesinnya seharga lebih kurang Rp 1,5 juta, lengkap dengan peralatan lain yang dibutuhkan. Modal berikutnya tentu adalah air dan sabun. Kamu juga bisa menyediakan minuman atau makanan ringan sebagai tambahan. Beli ice box bekas yang masih layak seharga kisaran Rp 300 ribu di pasaran. Isilah dengan beberapa botol minuman segar di dalamnya.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Dropship, Peluang Bisnis Tanpa Modal dan Tanpa Barang

Sesuaikan Bisnis Kecil Kecilan dengan Minat Dan Keahlianmu

Masih ada banyak ide lain seperti membuka usaha jual sarapan pagi di depan rumah seperti nasi kuning atau bubur ayam, buka catering masakan, terima pesanan kue atau bakery hingga bisnis pembuatan souvenir untuk resepsi pernikahan. Yang penting adalah disesuaikan dengan interest dan keahlianmu sehingga rasanya akan paling mudah untuk ditekuni, minim risiko, serta tentunya dengan modal yang paling kecil namun mendatangkan banyak keuntungan. Nah, yang mana yang akan menjadi pilihanmu?

 

Butuh Dana Tambahan untuk Modal Bisnis? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!